A+ A A-

Chinese Inventions : Qi Qiao Ban (Tangram Puzzle)

  • Written by  Huang Dada
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net |Tangram atau qi qiao ban adalah puzzle yang berasal dari Tiongkok. Qi qiao ban ini jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah tujuh kepingan pintar. Satu set  terdiri dari tujuh keping yang disebut tan. Tujuh keping ini terdiri dari dua segitiga besar , dua segitiga kecil , satu segitiga ukuran sedang , satu persegi panjang dan satu jajaran genjang.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 Dengan satu set tangram ini kita dapat membuat berbagai bentuk dari binatang , burung , orang , perahu , dan ribuan sampai puluhan kontingensi bentuk.

Aturan penggunaannya adalah kita harus menggunakan seluruh kepingan , saling bersentuhan dan tidak boleh tumpang tindih.

Permainan ini mengasah kreativitas dan tidak semudah yang dilihat pada pandangan pertama. Dibutuhkan kesabaran untuk menyelesaikan setiap bentuk. Kita bisa membuat sendiri kepingan-kepingan itu atau membelinya jika tersedia di toko permainan.

Saya kebetulan membuatnya dalam 3D photography sederhana untuk ilustrasi qi qiao ban . Seseorang yang berlari untuk bersiap-siap melompat diudara dengan susunan orang-orangan yang disusun dari tujuh keping qi qiao ban. (Gambar 1)

SEJARAH PERMAINAN

Sejarah kemunculan permainan ini di Tiongkok masih belum jelas . Tulisan awal mengenai qi qiao ban muncul di tahun 1813. Tetapi umur permainan ini diperkirakan jauh lebih tua. 

Pakar puzzle dari Amerika Serikat , Sam Loyd menulis dalam "The Eight Book of Tan" bahwa Tangram ditemukan empat ribu tahun lalu oleh seorang dewa bernama Tan. Tentunya ini merupakan sejarah fiktif , Sam menambah lelucon yang mengaitkan permainan ini dengan penciptaan dunia dan "origin of species"-nya Darwin.

Erick Livingston dalam "Ethnographies of Reason" mungkin terinspirasi oleh Sam Loyd , dan  juga menyebutkan mengenai "sejarah permainan" yang sudah berusia ribuan tahun lalu di Tiongkok , seorang pekerja bernama Tan menjatuhkan tile persegi ke lantai . Tile itu pecah menjadi tujuh bagian sebagaimana set permainan qi qiao ban. Tan berusaha menyusun tile itu kembali bersama .

Pertama dia menyusun bentuk yang mirip manusia , kemudian mirip kuda , kemudian mirip sebuah perahu , kemudian mirip seekor kucing dan Tan masih belum sanggup mengembalikan tile itu ke bentuk semula yang persegi.

Tangram atau qi qiao ban menjadi populer di Eropa dan Amerika Serikat pada abad 19 dan disebut sebagai "Chinese Puzzle Games" . Kapten Donnaldson membawanya ke Amerika pada tahun 1815 dan setahun berikutnya buku pertama mengenai tangram dipublikasi.

Di Eropa permainan ini menjadi fashionable seperti di Inggris dan kemudian Jerman menjelang akhir abad 19 yang dipopulerkan oleh Friedrich Richter dengan nama "Anchor Puzzle".

Seiring waktu istilah "tangram" lebih dikenal luas. Nama tangram inipun ada yang mengaitkan dengan bahasa Yunani dan ada yang mengaitkan dengan dinasti Tang.  Apapun kesimpang siurannya mengenai sejarahnya , permainan ini memang berasal dari Tiongkok.

Fu Traing Wang dan Chuan Chih Hsiung (Universitas Zhejiang)  dalam "A Theorem on the Tangram" membuktikan bahwa susunan convex tangram dimana setiap kepingan bertemu di setiap ujungnya dengan tepat dengan kemungkinan maksimal 13 kemungkinan. (Gambar 2) Ada pula paradox dimana bentuk geometri yang serupa tetapi ada perbedaan yang sangat kentara (Gambar 3)


Huang Dada

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onThursday, 29 November 2012 07:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2427-chinese-inventions--qi-qiao-ban-tangram-puzzle

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto