A+ A A-

Silsilah Tionghoa Jose Rizal [2] - Francisco Mercado y Chincho (1731-1801)

  • Written by  Huang Dada
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Diantara Tionghua Filipino , arti sebuah nama sangat penting demikian juga alasan pemberian nama dari orang tua terhadap anaknya. Domingo Lam-co  memberikan nama anaknya satu terjemahan Spanyol dari nama Tionghua , Sangley , Mercado dan Merchant bermakna sama. Fransisco Mercado, oleh karena itu , terbebas dari prasangka nama Tionghua sekaligus mengingatkan akan leluhurnya yang berasal dari Tiongkok.

Fernando Mercado menjadi pria dewasa ketika ibunya meninggal dan dimakamkan dengan upacara pemakaman besar sesuai kemakmuran suaminya. Ada pendoa dan penyanyi khusus yang tentunya memakan biaya. Lam-co hidup lebih lama dari istrinya selama beberapa tahun sebelum Lam-co juga meninggal dan melalui satu pemakaman yang mewah.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 Fransisco Mercado menikah dengan seorang gadis Tionghoa Mestizo bernama Bernarda Monica pada Mei  1771. Bernarda merupakan gadis yatim asal San Pedro Tunasan yang sebagaimana Binan , punya populasi Tionghoa secara signifikan.

Fransisco bersama keluarganya pindah ke Kalamba . Tetapi suasana sedang tidak kondusif bagi orang berdarah Tionghoa .  Apa pasal ?

Masa kehidupan Francisco Mercado diwarnai oleh konflik global yang melibatkan klan Bourbon (Perancis dan Spanyol) menghadapi Inggris dan para sekutunya. Ini adalah "Perang Dunia" yang sesungguhnya karena melibatkan kekuatan besar dunia pada masa itu dalam lingkup global . Perang ini dikenal sebagai Perang Tujuh Tahun (1756-1763).

Dalam satu bagian drama ini Inggris merebut Manila dari tangan Spanyol pada tahun 1762. Tujuh kapal perang Inggris yang terdiri dari 10300 personil datang ke Manila dan merebut kota itu pada tanggal 6 Oktober.

Inggris setelah memantapkan posisi di ibukota Manila terus berusaha menguasai provinsi lainnya. Dengan bantuan Tionghoa , Inggris meraih hasil di pertempuran Boulacan. Canon Anda membangkitkan perlawanan dari Luzon sehingga Inggris dipaksa terkurung di Manila.

Akhir peperangan global  ini diselesaikan oleh Treaty of Paris 1763 yang mengubah wajah dunia pada masa itu . Terjadi perubahan wilayah jajahan dan berpindah tangan seperti Kanada , Lousiana , Florida dstnya .Termasuk Manila  di kembalikan oleh Inggris . 

Sebuah kapal frigat Inggris datang ke Manila untuk membawa kabar dari hasil kesepakatan damai dan Inggris mengevakuasi Manila dan Canon Anda memasuki Manila pada 31 Mei 1764 seraya merayakan kemenangan dengan menggantung para Tionghoa.

Setelah Spanyol kembali mendapatkan Manila , maka Spanyol memulai kebijakan baru . Banyak Chinese yang di asingkan atau diusir dari negara itu , karena dinilai menyambut dan  mendukung pendudukan Inggris sebelumnya. Arus imigrasi Tionghoa ke negara itu juga di tutup sampai tahun 1840.

Tidak jelas apa keterlibatan Francisco Mercado pada saat Inggris menguasai Manila selama dua tahun dan Hakim Anda melancarkan perang gerilya. Ordo Dominikan aktif untuk mendaftarkan penyewa tanah mereka untuk ikut berperang melawan Inggris.  Kemungkinan Francisco juga ikut berkontribusi dalam pertahanan Spanyol sehingga lolos dari kondisi anti-Tionghoa.

Walau demikian latar belakang sejarah dan sentimen anti Tionghoa di Kalamba membuat Fransisco Mercado bersama keluarganya memutuskan kembali ke Binan. 
Pasangan ini mempunyai dua anak , Juan Mercado  (kakek Jose Rizal)  dan Clemente Mercado .

Dimasa anak-anaknya masih kecil dan sedang bertumbuh , didunia sedang terjadi satu peristiwa penting , Perang Revolusi Amerika , 1775-1783. Orang Filipina mulai tertarik dengan konflik antara Inggris dengan koloninya di Amerika. Spanyol juga memandang Inggris dengan penuh kebencian ; negara mana yang terus mempermalukan Spanyol baik didarat dan dilautan. Itu yang mendorong Spanyol dan Perancis bersatu padu untuk mendukung perjuangan revolusi di Amerika Serikat. 

Francisco mempunyai kawasan luas di Binan. Dia aktif juga di ranah politik dan di tahun 1783 , Fransisco Mercado terpilih sebagai gobernadorcillo (semacam mayor) di kotanya. Mercado menjadi semakin populer di kotanya dan bertindak sebagai "godfather" ketika terjadi momen pembaptisan atau pernikahan.

Francisco meninggal di tahun 1801 sementara istrinya masih terus hidup bertahun-tahun dan sempat ikut merawat cucunya yang juga bernama Francisco yang merupakan ayah dari Jose Rizal.

Silsilah Tionghoa Jose Rizal

1. Domingo Lamco (Ke Yinan / Kho Gi-lam)
2. Francisco Mercado (Kakek Buyut)
3. Juan Mercado  (Kakek)
4. Francisco Engracio Mercado (Ayah)
5. Jose Rizal

Bersambung dalam 5 Bagian

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa | Facebook Group Tionghoa Bersatu

 

 

 
Last modified onFriday, 23 November 2012 13:45
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2446-silsilah-tionghoa-jose-rizal-2-francisco-mercado-y-chincho-1731-1801

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto