A+ A A-

Khalil Fong

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Khalil Fong adalah salah satu penyanyi Chinese dengan suara emas . Terkadang dia memadukan lirik Mandarin dengan gaya R&B dengan suaranya yang penuh jiwa.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Khalil dilahirkan pada 14 Juli 1983 di Pulau Kauai - Hawaii , Amerika Serikat. Ayahnya seorang drummer jazz yang menopang minat musik Fong cilik sedari usia balita.  Di usia empat tahun dia menonton fim La Bamba yang menumbuhkan minatnya akan musik.

Di usia lima tahun Fong sudah memenangkan kontes menyanyi lokal di Hawaii . Fong cilik sanggup menyanyikan lagu "Blueberry Hill" dalam kategori usia dibawah 18 tahun.

Koleksi musik ayahnya pun turut membentuk cita rasa Fong. Ayahnya mengkoleksi lagu-lagu dari Stevie Wonder , Miles Davis , James Brown dan lain sebagainya. Nama-nama tersebut turut membentuk kecintaan Fong akan lagu soul dan R&B.

Setahun kemudian , Fong bersama keluarganya pindah ke Shanghai . Pada saat itu kemampuan Fong dalam bahasa Tionghoa masih minim.

Hampir selama tujuh tahun keluarga Fong tinggal di mainland Tiongkok sebelum akhirnya pindah ke Hong Kong. Di tempat barunya ini Fong belajar gitar dan piano secara otodidak, juga mengaransemen lagu tanpa bekal teori musik.

Di usia 18 tahun Fong mengirimkan lagu demo yang gayanya masih asing bagi masyarakat Hong Kong. Menurut Fong gaya musik populer dan R&B sudah diperkenalkan oleh David Tao dan Jay Chou dengan hibrid unsur tradisional Tionghoa.

Di tahun 2005 , Fong meluncurkan CD pertamanya "Soulboy" yang dirilis oleh Warner Records Hong Kong. Lagunya ini diterima dengan baik oleh para kritikus dan Fong mendapatkan penghargaan sebagai Best Male Singer dalam Chik Chak Award.

Setelah album pertamanya , Khalil Fong menelurkan album hampir setiap tahun dimulai dari Soul Boy (2005) , This Love (2006) , This Love Live (2007) , Wonderland (2007) , Wonderland Live (2008) , Orange Moon (2008) . Timeless (2009) , 15 (2011) . Back To Wonderland (2012)

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onThursday, 24 January 2013 01:38
Rate this item
(0 votes)
More in this category: « Ady An Yixuan Chang Chen »
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2465-khalil-fong

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto