A+ A A-

Marga Hou , Heo , Hao , Kao (2)

  • Written by  Liang U
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

 Photo Ilustrasi :
Hou Yifan dalam pertarungan juara dunia wanita ,
via : thechessdrum.net

Budaya-Tionghoa.Net |  Marga Hou dalam Mandarin (Hanyu Pinyin) adalah Hou. Dalam dialek Kheq menjadi Heo yang dalam ejaan lamanya adalah Heuw. Dalam dialek Hokkian menjadi Hao atau Kao dan dalam ejaan lamanya adalah Hauw atau Kauw.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 Asal muasal marga ini berasal dari masa Chunqiu atau Musim Semi dan Musim Gugur di akhir masa dinasti Zhou Timur sekitar 300 SM . Dua orang raja muda (zhuhou) dari negara Jin dihukum mati oleh penguasa negara Jin , yaitu Jin Gonghou. 

Keturunan mereka akhirnya melarikan diri dan kemudian menggunakan nama jabatan orang tuanya , Hou , sebagai sne (marga) . Keturunan inilah yang terbanyak.

 

Hou
Heo (Heuw)
Hao
Hauw
Kao
Kauw

Asal muasal lain dari keturunan sne Xiahou yang diangkat menjadi Hou dan kemudian menggunakan Hou saja sebagai sne-nya.

Bangsa-bangsa non-Han seperti bangsa Xianbei juga mengadopsi marga-marga Han termasuk marga Hou. Mereka mengganti marga rangkap-nya menjadi Hou saja.

Pusat leluhur atau qunwang marga Hou ini terletak di Gujun , timur laut provinsi Hebei sekarang , di Tiongkok utara sekitar kabupatan Huailai sekarang.

Junwang atau Pusat Leluhur (menurut terjemahan saya), bukan tempat lahir sne, tapi tempat sne itu berkembang menjadi besar. Sering seseorang menjadi kaya atau berpengaruh di satu tempat. Orang itu biasanya mendirikan kelenteng leluhur, sebagai tempat memuja leluhur dan menyimpan arsip silsilah keluarga. Orang yang satu sne selalu bersembahyang ke sana dan mencatat semua kelahiran anak laki-lakinya di sana.


Bukan itu saja, sne yang besar bisa menemukan tanghao pusat atau tanghao junwang di beberapa tempat yang satu dengan lainnya tak punya hubungan. Ini bisa disebabkan karena leluhurnya banyak yang berhasil dan tidak kenal satu sama lainnya maka keduanya mendirikan junwang tanghao di dua tempat yang berbeda, tapi bisa juga karena memang berasal dari dua turunan yang
berbeda.

Beberapa figur terkenal dari marga ini adalah Hou Yifan 侯逸凡 (Gambar 1) , seorang remaja putri genius dari Tiongkok yang merupakan pecatur dunia. Figur lainnya adalah Hou Dejian 侯德健 seorang musisi kontroversial dengan karya populernya , Long De Chuan Ren"

Liang U

Detail :  http://web.budaya-tionghoa.net/budaya-tionghoa/marga-tionghoa-chinese-surname/80-marga-hou-heo-hao-kao

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa | Facebook Group Tionghoa Bersatu

 

 

Last modified onThursday, 15 November 2012 07:38
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2509-marga-hou--heo--hao--kao-2

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto