A+ A A-

Silsilah Tionghoa Jose Rizal [3] - Juan Mercado

  • Written by  Huang Dada
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net |  Pasangan Fransico Mercado dan Monica melahirkan dua anak yaitu Juan Mercado (kakek Jose Rizal) dan Clemente Mercado. Pada saat Juan Mercado masih kecil didunia sedang terjadi peristiwa penting seperti Perang Revolusi Amerika .

Artikel Terkait:

{module [201]}

Orang Filipina mulai tertarik dengan konflik yang terjadi antara Inggris dan koloninya di Amerika Serikat. Sementara Spanyol memandang Inggris dengan penuh kebencian , negara yang terus mempermalukan Spanyol baik didarat dan dilautan. Ini yang mendorong Spanyol dan Perancis untuk bersatu mendukung perjuangan revolusi di Amerika Serikat.

Fransisco meninggal pada tahun 1801 sementara Monica terus hidup mengasuh dan bahkan merawat cucunya (ayah Jose Rizal). Tujuh tahun setelah ayahnya wafat , Juan Mercado terpilih sebagai capital del pueblo di tahun 1808.

Juan menikah di usia 22 tahun dengan seorang gadis asal Tubigan , seorang Tionghoa mestizo yang bernama Cirila Alejandro , seorang putri dari Juang Siongco dan Maria Conio dimana sebelumnya kakek Juan , Domingo Lam-co pernah menjadi wali baptis dari keluarga Cirilla. Pasangan ini mempunyai 13 anak dan hidup disebuah rumah besar di Binan dan hidup bersahaja

Gobernadorcillo Mercado atau Kapten Juan merupukan figur yang punya kredibilitas di kantornya . Seorang eksekutif seperti Juan tidak selalu memakai kostum kombinasi gaya Eropa dan Tagalog.

Dia tercatat akan kemurahan hatinya , tidak menindas dan jujur . Hal ini membedakannya dengan orang lain di kantornya. Tetapi Juan dari lingkup "Chinese Mestizo" mulai mengidentifikasi keluarga berserta dirinya sebagai "Indian" , sebuah istilah bagi Spanyol untuk penduduk yang berada diwilayah kekuasaan globalnya.

Juan sering terdaftar dalam kegiatan sosial dan istrinya juga tercatat berperilaku baik seperti Juan. Juan berserta istrinya tidak mengabaikan keluarganya. Mereka membesarkan 13 anaknya : Gavino , Potenciana yang tidak pernah menikah , Leoncio , Fausto , Barcelisa yang menikah dengan Hermenegildo Austria, Gabriel Julian , Gregorio Fernando , Casimiro , Petrona yang menikah dengan Gregorio Neri , Tomasa yang menikah dengan F Guzman dan Cornelia sebagai anak tercantik dikeluarga ini yang kelak tinggal di Batangas.

Juan Mercado meninggal ketika anak bungsunya nya , Fransisco Engracio Mercado (1818-1898 , ayah Jose Rizal) (Gambar 1) baru berusia delapan tahun. Fransisco yang kehilangan ayah sejak dini membuat Cirila Alejandro dan juga kakaknya , Potenciana , sangat memperhatikannya.

 

Silsilah Tionghoa Jose Rizal

1. Domingo Lamco (Ke Yinan / Kho Gi-lam)
2. Francisco Mercado (Kakek Buyut)
3. Juan Mercado  (Kakek)
4. Francisco Engracio Mercado (Ayah)
5. Jose Rizal

Bersambung dalam 5 Bagian

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa | Facebook Group Tionghoa Bersatu

 

Last modified onFriday, 23 November 2012 13:44
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2534-silsilah-tionghoa-jose-rizal-3-juan-mercado

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto