A+ A A-

Zhou Xun

  • Written by  Bentara
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

 

Budaya-Tionghoa.Net | Zhou Xun merupakan salah satu aktris papan atas di Tiongkok saat. Sampai tulisan ini dibuat Zhou Xun terlibat dalam salah satu film penting seperti Cloud Atlas bersama Tom Hanks , Hugh Grant etc. Dalam film ini Zhou Xun ikut terlibat dalam tiga dari enam episode.

Western Name :
Jue Zhou

Chinese Name :
周迅 / Zhou Xun

Date of Birth:
Quzhou , 1976-Oct-18

Height:
160cm

Weight:
48kg

Zhou Xun terlahir dari kelas menengah . Ayahnya bernama Zhou Tianning dan ibunya bernama Chen Yiqin. Zhou menempuh pendidikan di Institut Seni Zhejiang sementara pihak keluarganya menginginkan Zhou menempuh pendidikan konvensional.

 Sejak tahun 2000an karir Zhou Xun mulai menanjak. Dalam "Suzhou River" (2000) , Zhou memenangkan gelar aktris terbaik di Festival Film Paris. Tahun berikutnya Zhou masuk dalam dua nominasi sebagai aktris terbaik di Hong Kong Film Awards dan Golden Horse Awards untuk perannya di "Holywood Hong Kong".  Zhou juga tampil dalam drama populer memerankan figur Huang Rong (Oey Yong) dalam "The Legend of the Condor Heroes" (2002)

 Tahun 2005 merupakan tahun penting bagi Zhou Xun yang membintangi film "Perhaps Love". Film ini sukses di kancah festival dimana Zhou memborong gelar aktris terbaik di enam festival film.   Film ini cukup menjanjikan kualitas karena kehadiran Jacky Cheung yang terkenal dengan kualitas vokalnya diantara empat raja langit masa tahun 90an. Apalagi ini film drama musikal yang langka di dalam jajaran film Tionghoa.  Ditambah lagi “heartrob” seperti Takeshi Kaneshiro dan aktris yang lagi bersinar Zhou Xun.

 Dalam "The Banquet" (2006), Zhou masih mendominasi kancah festival dalam kategori aktris pendukung terbaik.  Uniknya film "Perhaps Love"  mendominasi festival dan bertaburan penghargaan bagi Zhou  tetapi film ini gagal di pasaran.

 Zhou Xun mulai menjadi penyanyi dan merilis video musik terbarunya "Look Look" pada 12 April yang juga menjadi lagu tema untuk film yang dibintanginya , Ming Ming. Film ini juga mendapat pujian pada Festival Film Pusan di Korea Selatan.  Dalam film ini Zhou Xun menjadi dua gadis kembar , Na Na dan Ming Ming , yang sangat berbeda kepribadiannya. Na Na punya karakter yang berhasrat sementara Ming Ming lembut dan pendiam. Kedua gadis kembar ini jatuh cinta kepada pria yang sama yang diperankan oleh Daniel Wu. Di Hong Kong film “Ming Ming” ini dipuji audiens yang melihat previewnya . Kritikus film Hong Kong memuji film ini sebagai genre baru yang belum pernah disaksikan sebelumnya.

 Berikutnya Zhou Xun main diberbagai film populer seperti True Legend mendampingi Vincent Zhao dan sebagai siluman rubah putih dalam Painted Skin dan Painted Skin II.  Painted Skin II termasuk salah satu film terlaris tahun 2012 yang mendapat tantangan serius dari film berbudget rendah seperti "Lost In Thailand". Di usia 38 ini Zhou justru makin bersinar dengan memulai debut Barat  dalam Cloud Atlas.

Zhou Xun juga laris manis tampil menjadi cover atau model di berbagai majalah fashion dan lifestyle  internasional edisi Tiongkok seperti Vogue , L'Officiel , Elle , Bazaar , Esquire, Cosmopolitan,Architectural Digest ,  Figaro etc dan sebagai duta untuk brand internasional seperti Chanel .

Dan yang terkini adalah film Cloud Atlas . Film ini mempunya setting waktu yang berbeda-beda dalam rentang sekitar empat abad (1849, 1936, 1974, 2012, 2144, 2321) dan berbagai lokasi lainnya di seluruh dunia. Zhou Xun akan mengambil bagian di setting tahun 1973 (San Fransisco) , 2144 (Seoul) dan 2321 (Hawai). Dalam setting tahun 1973 , Zhou Xun menjadi manajer hotel . Dalam setting tahun 2133 , Zhou Xun menjadi salah satu gadis kloning yang dibuat untuk menjadi pelayan restoran. Dan dalam setting terakhir pasca-kehancuran dunia , Zhou menjadi istri dari Zachri (Tom Hanks). Yang menarik dalam setting terakhir Zhou dengan wajah Tionghoa akan tampil lintas-ras  sebagai wanita kulit putih berambut pirang dan bermata biru.

PHOTO GALLERY

sohu.com , xinhua

 

 

 

 

 

 

 

Bentara

 

 

Last modified onMonday, 31 December 2012 15:13
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2593-zhou-xun

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto