A+ A A-

Thee Kian Wee - Pakar Sejarah Ekonomi

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net |  Thee Kian Wee dilahirkan di Batavia (Jakarta) pada 20 April 1935. Dia merupakan seorang pakar ekonomi dengan spesialisasi sejarah ekonomi.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Thee menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan lulus tahun 1959. Setelah itu dia menjadi anggota staf Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia sampai tahun 1962. Kemudian dia menjabat sebagai staf peneliti utama Leknas LIPI .  Thee melanjutkan pendidikan di  Universitas Wisconsin – Amerika Serikat dan meraih Ph.D pada tahun 1969.

Di tahun 1970 , Thee menjadi anggota senat dan dosen Akademi Pimpinan Perusahaan Indonesia. Di tahun 1974 dia menjadi Asisten Direktur Leknas LIPI  dan merangkap dengan jabatan Pemimpin Proyek Penelitian Perspektif Perekonomian Indonesia sampai tahun 1978. Bersamaan itu Thee juga menjadi Dosen Luar Biasa di Universitas Sriwijaya.

Di tahun 2004 , Thee menerima gelar Doktor Honoris Causa dari ANU – Universitas Nasional Australia. Dua tahun berikutnya menerima Penghargaan Habibie. Di tahun 2008 , Thee menerima dua penghargaan sekaligus dari Kompas dan Penghargaan Sarwono Prawirohardjo.

Sepanjang karirnya , Thee telah menjadi pengajar selama hampir setengah abad dengan spesialisasi bidang sejarah ekonomi dan industri. Dengan bidang ilmu ini Thee dapat menelusuri perkembangan ekonomi di masa lampau .

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa


Last modified onMonday, 07 January 2013 03:59
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2613-thee-kian-wee-pakar-sejarah-ekonomi

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto