A+ A A-

Beijing Film Academy

  • Written by  Bentara
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Beijing Film Academy atau Beijing dianying xueyuan didirikan pada tahun 1950 dan menjadi salah satu institusi pendidikan paling prestisius di Tiongkok dan terbesar di Asia.

 

Artikel Terkait :

{module [201]}

 Setelah mengalami hiatus panjang karena Revolusi Kebudayaan , akademi ini kembali menggeliat di tahun 1977 dan ditunjang pula oleh kepemimpinan Deng Xiaoping yang membuka cakrawala sejarah baru bagi Tiongkok disegala bidang. 

Di tahun 1979, Youth Film Studio didirikan sehingga memungkinkan pihak akademi untuk memproduksi film sendiri. Pada saat itu menjadi salah satu studio yang resmi disetujui oleh pemerintah Tiongkok.

Atmosfir yang berbeda ini memberikan produktivitas baru bagi siswa dan pengajar di akademi tersebut.

Di tahun 1995 , sutradara terkemuka Jia Zhangke mendirikan Youth Experimental Film Group di akademi ini.

Beijing Film Academy terdiri dari tujuh departemen , dua institut , lima pusat pendidikan dan ditambah lagi college untuk fotografi .

BFA ini menawarkan 12 disiplin utama seperti sinematografi , produksi , sutradara , advertising , dramaturgi , performance , recording art , penyiaran TV , manajemen dan disain produksi film dan televisi , animasi , teori film , screenwriting dan editing.

Tingkat penerimaan mahasiswa di BFA ini terendah di Tiongkok dimana dari 100 ribu pelajar yang mendaftar hanya sekitar 400 yang diterima . Artinya untuk masuk kampus ini seorang pelajar harus menyisihkan sekitar 250 pesaingnya.

Dengan reputasinya BFA telah melahirkan beberapa nama besar seperti sutradara generasi ke lima yang terdiri dari Zhang Yimou , Chen Kaige , Zhang Yuan , Ning Ying dan generasi keenam seperti Jia Zhangke.

BFA juga telah melahirkan alumnus-alumnus yang telah menjadi bintang besar seperti Xu Jinglei , Zhao Wei , Huang Xiaoming ,(Foto 1)  Chen Kun , Liu Yifei etc. 

 

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

 

 Foto Ilustrasi : Xinhua / News.CN

Last modified onThursday, 10 January 2013 16:26
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2622-beijing-film-academy

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto