A+ A A-

Analisa Astrologi Barat Dan Timur Bagi Tan Tik Soe

  • Written by  Ivan Taniputera
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Tan Tik Sioe adalah pertapa terkenal yang dilahirkan pada akhir abad ke-19. Tanggal kelahiran Beliau diambil dari buku berjudul "Biografi Rama Moorti Tan Tik Sioe Sian: Pertapa di Lereng Gunung Wilis," karya John Surjadi Hartanto. Pada halaman 66-67 dapat kita baca sebagai berikut: Menoeroet tjrita tempo lahirnja / Di Soerabaja - nama negrinja / Si mandarita - wantji wantjinja / Tjap Dji Gweik hanja djato boelannja / Tjap Dji Gweik Tjap Si sama harinja / Sari sarin ja - boendernja boelan / Tjoewatja bersi — sinar sinarnja / Ganti sihangnja — ganti soesoelan / Perna tempatnja - roemah tinggalnja / Di toco beras — goedang Tjantikan / Tempo lahirnja — itoe tempatnja / Tidak mameras — barang ratjikan. / Djoegak harinja — Djumahat manis / Poen tengah hari — lahirnya kita / Hari poekoelnja — Tjap dji tiam, grimis / Si Hiboe kami — lahirken kita

Artikel Terkait :

{module [201]}

Pada kutipan di atas, jelas sekali disebutkan bahwa Tan Tik Sioe Sian dilahirkan pada bulan dua belas menurut penanggalan Imlek atau Tjat Dji Gweik. Lalu tanggalnya adalah 14 Imlek atau Tjap Si. Jamnya adalah dua belas siang (Tjap dji tiam).  Tanggal Imlek tersebut bersesuaian dengan 11 Januari 1884. Saya telah membuat diagram Ziweidoushunya sebagai berikut:

 

Pada diagram di atas nampak jelas bahwa sektor Jiwa Beliau ditempati oleh bintang Tianji. Bintang ini menandakan kecerdasan, ketangkasan dan kecepatan dalam berpikir. Tetapi kelemahannya, bintang ini terkadang memang sulit merasa tenang, karena pikirannya terus bergerak. Selain itu, pada sektor jiwa juga terdapat bintang Huagai yang melambangkan metafisika dan keagamaan. Sehingga tidak heran apabila Tan Tik Sioe Sian menekuni hal-hal semacam itu. Sementara itu, bintang Zoushu merupakan bintang sastrawan dan dunia tulis menulis. Dengan demikian, tidak mengherankan apabila Beliau menulis beberapa karya. Taiyin pada sektor batin melambangkan ketenangan. Hal ini juga cocok dengan pribadi Beliau.

Diagram astrologi Barat Beliau adalah sebagai berikut:

(dibuat berdasarkan software online gratis Astrodienst).

Yang menarik adalah adanya Neptunus di rumah pertama. Planet Neptunus melambangkan metafisika dan kekuatan gaib. Biasanya orang yang memiliki Neptunus di rumah pertama juga akan menampilkan semacam aura misteri. Paling tidak, ia akan memiliki insting atau naluri yang kuat. Biasanya orang awam akan menyebutnya sebagai indra keenam. Neptunus mendapatkan trine dari matahari.  Artinya adalah dapat ditafsirkan sebagai berikut :

"Ini menandakan adanya bakat terpendam dalam bidang seni, baik itu seni musik, lukis, puisi, tari, tulis menulis dan lain sebagainya. Ini juga menandakan adanya kehidupan yang unik dan lain dari yang lain. Jikalau akan mengalami sesuatu biasanya didahului oleh firasat-firasat tertentu.

Anda merupakan yang baik hati serta bersimpati terhadap mereka yang membutuhkan. Meskipun demikian, pemberian bantuan yang Anda berikan kemungkinan tidak praktis atau kurang mengena (tidak tepat sasaran). Anda juga terlahir sebagai orang yang idealis. Kendati tak dapat merubah dunia ini, Anda akan berusaha membuat hidup Anda sesempurna mungkin."

Oleh karenanya, astrologi Barat dan Timur sangat tepat sekali menggambarkan pribadi Tan Tik Sioe Sian.

Ivan Taniputera , 10151340524772436

12 Januari 2013

http://www.facebook.com/notes/ivan-taniputera/analisa-astrologi-barat-dan-timur-bagi-tan-tik-sioe/10151410333971942

 

 

Last modified onMonday, 14 January 2013 06:51
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2628-analisa-astrologi-barat-dan-timur-bagi-tan-tik-soe

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto