A+ A A-

"Folk Hero" Li Bun Ku

  • Written by  Joe Petersen
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Baru-baru ini Tionghoa di kota Singkawang membuat satu film berjudul "Li Bun Ku ; In New Era". Sekilas film tersebut mengadaptasi nama yang sama , tetapi sama sekali tidak ada hubungannya dengan "folk hero" asal Meixian tersebut yang hidup di jaman berbeda.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 Li Bun Ku sesungguhnya adalah "folk hero" yang lahir di Meixian - Tiongkok pada masa Dinasti Qing. Konon dia berasal dari keluarga miskin yang tidak sanggup menyekolahkan anak-anak mereka sedari kecil.

Li Bun Ku baru sempat masuk sebuah pendidikan disaat berusia sekitar delapan tahun. Li Bun Ku ini seorang prodigy yang dengan mudah menyerap pelajaran yang diterimanya.Sedemikian mudah pelajaran tersebut sehingga sehabis jam pelajaran diluar kelas dia keluyuran kemana-mana , bersenda-gurau dan membuat keonaran disana-sini tanpa bisa tertangkap.

Mungkin ini adalah cara dia protes terhadap "social inequality" pada masa itu. Keturunan Li Bun Ku ini masih ada di Tiongkok.


Li Bun Bku sudah membudaya dikalangan Tionghoa-Hakka yang tentunya termasuk di provinsi Kalimantan Barat yang ada masyarakat Hakka dalam jumlah signifikan.

Kisah mengenai Li Bun Ku ini mungkin terpengaruh bumbu-bumu tambahan disetiap daerah dimana kaum Hakka tersebar. Segala macam lelucon "dewasa" dimasukkan ke "jasa" Li Bun Ku

Anak ini pintar sekali, pelajaran sekolah dianggap terlalu gampang buat dia. Sehabis kelas dia selalu main kemana-mana, bercanda gurau, dan suka bikin onar dan tak tertangkap. Mungkin ini adalah cara dia berprotest terhadap "social inequality" masa itu. Keturunan beliau masih ada di ZG.

Sebenarnya kisah Li Bun Ku di Singkawang itu sama dengan tokoh yang dimaksud di Tiongkok. Hanya karena terlalu banyak tambahan dongeng dan lelucon "dewasa" menjadi tipis batas antara yang mana komedi orisinal dari Li Bun Ku atau hanya sekedar anekdot tambahan belaka ?

Komedi Li Bun Ku juga tersebar didaerah dimana jumlah populasi Hakka cukup signifikan selain di beberapa daerah di Indonesia tentunya terdapat juga di Thailand , Malaysia , Singapura , Taiwan etc.

Trailer Film Li Bun Ku versi Singkawang dapat anda lihat di link berikut ini:

http://www.youtube.com/watch?v=IspRPKhXhvo


Ditulis oleh : Joe Petersen

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa |

REFERENSI :

http://baike.baidu.com/view/1296757.htm

PHOTO CREDIT :
http://www.facebook.com/pages/Li-Bun-Ku/168137639930277?ref=ts&fref=ts

Last modified onMonday, 14 January 2013 08:12
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2629-folk-hero-li-bun-ku

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto