A+ A A-

Kisah : Ibu Mengzi Berpindah Tiga Kali

  • Written by  Yu Yongde
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

孟母三遷 meng4 mu3 san1 qian3  Ibu Meng4 Berpindah Tiga Kali

孟子Mèngzǐ, terlahir dengan nama 軻Ke1 di negara 鄒 Zou1 (sekarang selatan Shandong),  seorang shengren Ru, memiliki seorang ibu yang bijaksana. Ayah Mèngzǐ meninggal sewaktu ia kecil sehingga sang ibu harus menghidupi keluarga. Ibu Mèngzǐ lalu mencari tempat tinggal yang tepat bagi keluarganya.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Awalnya keluarga mereka pindah ke lingkungan dekat pemakaman.  Di sana, Mèngzǐ kecil bermain dengan teman-temannya meniru orang-orang yang melakukan     upacara pemakaman. Hal ini juga tidak diinginkan ibunya, karena takut setelah dewasa, Mèngzǐ akan berusaha di bidang pemakaman.  


Kemudian mereka pindah ke dekat pasar. Karena tinggal di pasar, Mèngzǐ kecil bermain bersama teman-temannya meniru tingkah laku orang pasar. Ibunya yang bijaksana berpikir kalau tetap tinggal di situ, anaknya akhirnya kemungkinan besar akan menjadi seperti orang-orang pasar yang tingkah lakunya kurang baik (mis: mencari keuntungan dengan menipu).


Terakhir, ibu Mèngzǐ memindahkan keluarganya ke dekat sebuah sekolah. Di sana Mèngzǐ kemudian meniru murid-murid sekolah dan mulai belajar. Sejak itu Mèngzǐ mulai mengecap pendidikan.


Namun suatu saat Mèngzǐ pulang dari sekolah lebih awal dan mengatakan kepada ibunya bahwa dia merasa belajar itu tidak berguna. Ibunya yang kecewa dengan hal itu kemudian menggunting kain sutra yang tengah ditenunnya (kain sutra yang digunting saat ditenun menjadi tidak berharga). Ibu Mèngzǐ kemudian mengibaratkan Mèngzǐ belajar setengah jalan seperti kain sutra yang digunting di tengah tenunan, alias tidak berguna. Sejak itu Mèngzǐ tergugah untuk belajar dan menjadi seorang filsuf terkemuka.


Ajaran-ajarannya kemudian dikumpulkan dalam satu buku berjudul孟子Mèngzǐ.

Yu Yongde

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

 

Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2636-kisah--ibu-mengzi-berpindah-tiga-kali

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto