A+ A A-

Theodore White 白修德 (1915-1986)

  • Written by  HZW
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

 

Budaya-Tionghoa.Net | Theodore Harold White 白修德 dilahirkan dari keluarga Yahudi pada tanggal 15 Mei 1915 di Boston . Pada tahun 1934 White menerima beasiswa di universitas bergengsi , Harvard University.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 Theodore White punya minat khusus pada studi Timur Jauh dan mengambil waktu tiga tahun di Tiongkok  . Dia merupakan murid generasi awal pakar sejarah Tiongkok John K Fairbank. Theodore White lulus dengan predikat summa cum laude. 

Di awal tahun 1939 , Theodore White berangkat ke Tiongkok dan telah menempuh perjalanan sepanjang 200 ribu mil selama tujuh tahun di Timur Jauh.

Sebagai jurnalis Time dia  meliput berbagai hal dimasa perang dari aksi-aksi militer Jepang , bencana kelaparan di Henan , Indian Uprisings , Burma Road Battle dan meliput Provinsi Xinjiang pada tahun 1943 dan turut menjadi saksi di USS Missouri pada saat Jepang menyerah di tahun 1945 .

Dalam salah satu karyanya bersama Annalee Jacoby  , "Thunder Out of China" , dapat  diketahui sisi lain di Tiongkok dimasa perang dan juga suasana politik antara kubu Nasionalis dan Komunis . Betapa tidak kompetennya pemerintah Nasionalis ketika itu dan korupsi yang meraja rela menambah kesengsaraan rakyat.

Salah satu bagian paling menarik dan terlupakan adalah Bencana Kelaparan di Henan. Bencana ini latar belakang film  "Back To 1942" yang digarap oleh sutradara Feng Xiaogang. Theodore White sendiri diperankan oleh aktor papan atas Amerika , Adrien Brody (The Pianist , 2002)

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

 Photo Ilustrasi :
1. Real Theodore White
2. Adrien Brody sebagai Theodore White dalam "Back To 1942"

 

Last modified onMonday, 21 January 2013 20:27
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2640-theodore-white-%E7%99%BD%E4%BF%AE%E5%BE%B7-1915-1986

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto