A+ A A-

Liu Yunqiao (1909-1992)

  • Written by  HZW
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

 

Budaya-Tionghoa.Net |Liu Yunqiao (1909-1992) dilahirkan di sebuah desa di  Provinsi Hebei . Sebuah kawasan dengan tradisi seni bela diri dan pejuang yang panjang termasuk kaum wanitanya sekalipun.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Liu dilahirkan dari keluarga yang cukup berada dan berpengaruh. Di masa Dinasti Qing keluarga Liu punya pengaruh di kawasan Cang County dan bahkan kakek buyutnya pernah menjadi seorang gubernur yang makmur dan berpengaruh.  Dengan latar belakang keluarganya memungkinkan Liu belajar seni bela diri sejak kecil .  Liu mulai belajar seni bela diri  dari pengawal keluarganya yang bernama Zhang Yaoting sejak usia lima tahun.

Ayah Liu yang berpengaruh mempunyai cukup uang untuk merekruit Li Shuwen yang termashur sebagai guru pribadi anaknya selama lebih dari 10 tahun. Ayah Liu mengatakan kepada Master Li bahwa dia tidak perlu mengerjakan apapun kecuali mengajari anaknya seni bela diri. (Jess O’Brien , p293) Dalam keseharian Liu berlatih seni bela diri dari pagi hari diselingi aktivitas membaca dan menulis. Dari Master Li , Liu mempelajari bajiquan , pigua zhang dan liuhe da qiang.

Pada usia 20 tahun Liu bersama gurunya mengunjungi Shandong . Disana dia mempelajari taijiquan aliran Yang dari Zhang Xiangwu / Hsiang Wu Chang (Blackbelt Desember 1982), yang juga merupakan murid awal dari Li Shuwen.  Sepeninggal Master Li di tahun 1934 , Liu berkenalan dengan Master Gong Baotian atau Kung Bao Tien melalui perantaraan Master Zhang dimana Liu mempelajari yin fu bagua.

Dengan bekal ilmu dari guru-gurunya Liu mulai merantau ke kawasan utara Tiongkok untuk menguji ilmunya dengan petarung sesama Tionghoa ataupun petarung asing dari Rusia maupun Jepang.

Dan tak lupa Liu terus menambah ilmunya dengan bertukar ilmu dengan Chen Fake , seorang master taiji. Untuk mematangkan ilmunya , Liu membekali diri dengan filsafat Taoism seperti teori yin-yang dan filsafat utama Tiongkok lainnya seperti Confucianisme dan Buddhisme.

Di tahun 1937 Liu masuk sekolah militer Huangpu dan lulus dua tahun berikutnya lalu ditempatkan di pegunungan Tai Hang.  Dalam beberapa tahun lamanya Liu terseret dalam pertempuran yang terjadi dalam Sino-Japanese War II. Pada awal meletusnya perang , Liu ditugaskan sebagai seorang pasukan penerjun payung dengan posisi kapten. (Blackbelt Desember 1982), Empat tahun kemudian Liu menikah dengan Zhu Jianxia dari daerah Baoji.

 

Perang Dunia II usai dan Liu berpangkat Jendral yang ironisnya tidak bisa menyelamatkan harta keluarganya di mainland Tiongkok seiring dengan angin kemenangan pasukan Komunis . Di tahun 1949 , Tiongkok mutlak dibawah control Partai Komunis Tiongkok dan   Liu menyeberang Taiwan . Di tahun 1955 beliau pensiun dari kemiliteran dan mendedikasikan dirinya kepada pengembangan seni bela diri tradisional Tionghoa.  

Liu mendirikan Wu Tang Martial Arts Development Center . Menurut Liu kalangan diaspora Tionghoa terutama di Amerika Serikat didominasi imigran dari Tiongkok Selatan . Karenanya seni bela diri aliran Selatan lebih familiar dikalangan imigran padahal mnurut Liu dalam seni bela diri Tionghoa sendiri beragam tetapi semuanya “anak” yang berasal dari satu “induk” yang sama.

Popularitas Liu Yunqiao dan gurunya Li Shuwen juga terlihat dari manga Kenji.  Liu meninggal dunia pada tanggal 21 Januari 1992 pada usia 83 tahun

HZW

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

REFERENSI

Jess O’Brien, “Neijiaquan"

Blackbelt Magazine Edisi Agustus 1983

 

Last modified onWednesday, 23 January 2013 22:21
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2653-liu-yunqiao-1909-1992

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto