A+ A A-

Bai Lixi - Penasehat Handal Negara Qin Dimasa Chunqiu

  • Written by  ST
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net |Weng Zheng (580-643M) pernah mengatakan bahwa jika seorang raja memahami prinsip maka dia akan mengamati kekeliruan yang terjadi didalam masyarakat dan bahwa jika seorang raja tidak mengikuti nasehat yang baik ,  maka sekalipun raja tersebut mempunyai seorang administrator handal seperti Bai Lixi dari negara Yu maupun Wu Sixu dari negara Wu maka raja tersebut tidak akan dapat menghindar dari bencana dan kekalahan dan kematian.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Bai Lixi berasal dari keluarga miskin dan kehidupannya tidak berkembang sampai mendapat dorongan dari istrinya untuk mencari pekerjaan yang baik. Bai Lixi pada awalnya menuju negara Qi , sebuah negara yang makmur tapi  penuh korupsi. Bai Lixi sudah kehabisan uang sehingga sempat meminta-minta dijalan untuk mempertahankan hidupnya. Tetapi di negara Qi pula Bai Lixi berkenalan dengan Jian Shu. Dari Jian Shu pula Bai menyadari bakat yang ada dalam dirinya.

Bai kemudian menuju negara Yu dan mencapai posisi pejabat senior di negara kecil tersebut. Setelah negara Yu dikalahkan oleh negara Jin maka Bai Lixi ditangkap dan oleh penguasa Jin .  Bai Lixi kemudian meloloskan diri dan menuju negara Chu . Adipati Chu yang tidak menyadari bakat Bai menugaskannya sebagai  pengurus kuda  .

Adipati Mu  yang pandai melihat kemampuan seseorang melihat bakat langka dalam diri Bai yang sebenarnya sudah uzur dan berniat merekruitnya dengan bayaran tinggi.   Gongsun Zhi mencegah niatnya karena dengan membayar tinggi untuk orang rendahan seperti Bai akan menimbulkan kecurigaan dari Adipati Chu.

 Permasalahannya adalah Bai Lixi berada di wilayah lain. Untuk menghindari kecurigaan dari Adipati Chu , maka Adipati Mu mengirim orang untuk menemui adipati dan menjemput Bai Lixi sebagai criminal dengan kendaraan tahanan.

Sang adipati berhasil mendapatkan Bai Lixi dengan lima buah kulit domba dan segera menempatkannya di posisi penting.  Bai Lixi kemudian merekomendasikan Jian Shu dan bersama-sama orang berbakat lainnya negara Qin berkembang pesat dimasa Adipati Mu dan orang-orangnya yang pandai. Dan Adipati Mu menjadi salah satu dari lima hegemon yang berpengaruh dimasa chunqiu.

ST

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

 

Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2683-bai-lixi-penasehat-handal-negara-qin-dimasa-chunqiu

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto