A+ A A-

Dewa-dewa Taoism.

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net  | Dewa-dewa Taoism sendiri memiliki pembagian-pembagian lagi seperti kategori Xianren 仙人 , Zhenren 真人 , Tianshen 天神, Diqi , Ren Gui Zi Shen 人鬼之神 , Ren Ti Zhi Shen 人髦之神 dan Di Fu shen Ling 地府 神 靈

 

(1) Seperti Lv Dong Bin 堂洞賦 dan Sha Zhenren 薩真人 termasuk kedalam kategori Xianren 仙人dan Zhenren 真人.

(2) Tian Shen 天神 merupakan bagian dari satu kesatuan lain. Dalam kitab Daoism shuo yan xiu bian 說苠.修萹 mengatakan bahwa Tian Di atau langit dan bumi merupakan sumber dari segalanya. Langit disebut Shen dan Bumi disebut Qi 祇. Yang termasuk kategori Tian Shen adalah Tai Shang Lao Jun 太 上 老君 , Pu Hua Tian Zun 普化天尊 dan lain lain.

(3) Kategori Di Qi adalah Wu Yue Da Di 亦嶽大帝, Shi Ji 社稷


(4) Ren Gui Zi Shen 人鬼之神. Jaman dahulu , orang Tiongkok memiliki peribahasa , "Pintar dan jujur adalah Shen" . Banyak tokoh-tokoh jaman purba menjadi Shen karena jujur , berjasa , pintar. Lu Ban 魯班 ahli pertukangan,Kong Zi atau Confucius , Meng Zi dan lain lain. Yang termasuk kategori ini amat banyak sekali. Bahkan dapat dikatakan bahwa disini Taoism menyerap banyak dewa-dewa rakyat, walau tidak semua diserap. Confuciusm bahkan sampai sempat membuat pendaftaran dewa-dewa rakyat yang pantas dan tidak pantas dihormati karena sangat banyaknya. Pendataan terakhir yang dilakukan oleh Confuciusm adalah pada masa dinasti Qing.

(5)  Ren Ti Zhi Shen 人髦之神 Taoism beranggapan bahwa Alam ini adalah macro cosmos dan tubuh manusia ini adalah micro cosmos. Dalam tubuh manusia juga terdapat banyak shen , seperti misalnya Ni Wan Shen 泥丸 神, Dan Yuan 丹元. Pemahaman dewa-dewa dalam tubuh ini merupakan salah satu pilar teknik pelatihan diri Taoism.

(6) Di Fu shen Ling 地府 神 靈 Orang Tiongkok beranggapan manusia mati menjadi Gui atau Shen. Yang menjadi gui maka akan kedalam bumi. Perbedaannya disini dengan pemikiran barat , tidak selalu gui itu jahat dan mencelakakan. Dalam pemikiran rakyat Tiongkok kuno , ada dua  地府atau tempat dasar bumi bagi mereka yang meninggal. Tai Shan 泰山, Feng Du 酆都 merupakan dua tempat tersebut. Dewa-dewanya antara lain adalah 東嶽大帝,秦廣王 Qin Guang Wang dan lain lain.

Versi 1 : Agustus 11 2008

Versi 2 : Desember 31 2013

Lihat artikel utama : http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/13-dewa-dewi-pantheon-tiongkok

Last modified onTuesday, 31 December 2013 01:17
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/29-dewa-dewa-taoism

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto