A+ A A-

Dewa Dewa Buddhisme

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net |Disini saya akan menuliskan pembagian jenis-jenis dewa Buddhism dalam khazanah rakyat Tiongkok. Saya menyadari nanti akan ada yang protes jika Sakyamuni Buddha disamakan dengan dewa. Jadi sebelumnya saya minta maaf jika ada yang merasa tersinggung. Sejak masuknya Buddhism ke Tiongkok , terjadi transformasi Buddhism yang memiliki ciri khas tersendiri.

Artikel Terkait :

{module [201]}

  1. Buddha Contohnya adalah Sakyamuni Buddha 釋迦蛨尼佛 , Bhaisajyaguru Buddha藥 師佛 , Amitabha Buddha阿彌陀佛 , Dipankara Buddha 燃燈古佛.Dari segala Buddha , yang terkenal dan amat dipuja adalah Amitabha Buddha. Bahkan sampai ada istilah Setiap rumah ada Guan Yin , setiap mulut menyebut Amitabha. 1.2 Bunda Buddha atau Fo Mu 佛母 misalnya Da Bai Gai shan Fo Mu 大白蓋傘佛母
  2. Bodhisatva Bodhisatva merupakan dewa yang amat sangat banyak dipuja oleh orang- orang Tionghua , terutama Avalokitesvara Bodhisatva 觀世音菩薩 yang dipercaya menolong manusia dan welas asih. Selain itu masih ada bodhisatva lainnya seperti Ksitigarbha bodhisatva, Manjusri Bodhisatva, Maha Cundi Bodhisatva dan lain-lain. Rata-rata bodhisatva memiliki metta karuna untuk menyelamatkan segala mahluk.
  3. Pelindung Dharma. Dewa pelindung dharma kadang suka rancu menjadi bodhisatva. Qie Lan Pu Sa 伽 藍 菩薩 yang sering disebut orang , padahal merupakan kumpulan dari 18 shan shen 善神.Lebih tepat menyebutnya Qie Lan Shen 伽 藍 神. Figur Qie Lan dalam Buddhisme Tiongkok adalah tokoh pahlawan terkenal Guan YunZhang 關雲長. Qie Lan Shen adalah pelindung umat Buddhism. Yang lain adalah Wei Tuo Shen 韋馱神 atau kadang sering disebut Wei Tuo Pusa 韋馱菩薩, Wei Tuo Tian 韋馱天. Dipercaya Beliau merupakan pelindung vihara. Selain yang diatas masih ada lagi yang disebut Tian Long Ba Bu 天龍八 部 , tapi ingat yang dimaksud Tian Long Ba Bu itu bukan cerita silat karangan Jin Yong. Yang tercakup adalah: a. Tian Zhong 天眾,dewa-dewa yang dilangit seperti Da Fan Tian 大梵 天, Di Shi Tian 帝 釋天 dan lain-lain. b.Long Zhong 龍眾, misalnya Nan Tuo Long Wang 難陀龍王 c.Ye Cha 夜叉 d.Gan Tha Po 乾闥 婆 e. A Xiu Luo 阿修羅 f.Jia Lou Luo 迦樓羅 g.Jin Na Luo 緊那羅 h.Mo Hou Luo Jia 摩堠羅迦
  4. Raja Langit Dari banyak raja langit dalam Buddhism , ada 4 yang terkenal yaitu 4 raja langit yang berkuasa di 4 arah 四 大 天王.
  5. Murid Sidharta Gautama yang terkenal. ada beberapa murid Gautama Buddha yang kemudian juga diangkat menjadi dewa Tiongkok , misalnya Mu Lian Zun Zhe 目蓮尊者
  6. Arahat 羅漢 Disamping murid-murid Buddha yang menjadi arahat yang kadang disebut Zun Zhe masih ada 18 arahat yang menjadi ciri khas Buddhisme Tiongkok. Yang menarik disini adalah ada kaisar Liang Wu Di 梁武帝 yang menjadi arahat, selain itu adalah BodhiDharma 達摩,Ji Gong , Fu Hu 伏虎, xiang long 降龍 dan lain-lain.
  7. Para sesepuh Buddhisme di Tiongkok. Misalnya Qing Shui Zu Shi 清水 祖師, Xuan Zang 玄奘, Pu An 普痷, Dao Ji 道濟
  8. Ming Wang 明王 Banyak Ming Wang tercakup , dan menurut saya Ming Wang tidak dapat dimasukkan kedalam kategori Bodhisatva. Bu Dong Ming Wang 不 動 明 王 atau Acalanatha , Kong Que Ming Wang 孔 雀 明 王 atau Maha maruya vidya rajni , Da Wei De Ming Wang 大威德明 王 atau Yamantaka dan lain-lain.

Lihat artikel utama : http://web.budaya-tionghoa.net/budaya-tionghoa/mythology-of-china/13-dewa-dewi-pantheon-tiongkok-

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing List Budaya Tionghoa

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing List Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/30-dewa-dewa-buddhisme

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto