A+ A A-

Diskusi : 1421 Gavin Menzies

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Buku 1421 , Gavin  membawa pengaruh buruk bagi sebagian Tionghoa , yang melahap apa yang ditawarkan Gavin , yaitu kebanggaan semu , bahwa Tiongkok itu "Penemu Dunia". Padahal buku itu baru masuk ranah pseudo history.  Ini juga bentuk kekhawatiran saya terhadap hoax-hoax lain yang bertebaran di internet , dan dilahap oleh masyarakat , tanpa mencerna apa yang disampaikan itu informasi masuk akal , atau hanya informasi jadi-jadian .

Artikel Terkait :

{module [201]}

Dalam kasus-kasus lain sebuah artikel singkat dalam internet , bisa tersebar luas. Informasi tersebut memanfaatkan "sentimen pasar". Umpamanya 1421 , Gavin , memanfaatkan sentimen pasar kalangan Tionghoa , artikel lain seperti "Wong Fei Hung adalah Muslim" dibangun dengan data yang berantakan , kronologis tidak keruan , manchuria disamakan dengan Korea.

Bahwa betul armada Zhenghe adalah yang terbesar , jauh melampaui armada Columbus. Tapi Gavin menawarkan fakta yang lebih bombastis . Zheng He dan armadanya sudah mengelilingi dunia . Apa betul semua itu ? Marilah belajar sejarah dengan netral.

Diskusi dibawah ini berlangsung antara EB dan Xuan Tong.


EB: Gavin Menzies lewat buku 1421 membawa satu gagasan yaitu Bangsa Tionghoa adalah Penemu Dunia, bukan bangsa Eropa.

XT: Saya sependapat dengan sdr.Zhou FuYan, tidak ada yang menemukan.


Q: Memang saya belum mengetahui dari mana Gavin Menzies mengambil tanggal 2 Februari 1421 sebagai tanggal bangsa Tionghoa menemukan dunia tetapi, tetap saja, saya tidak berani menyatakan seluruh analisa, gagasan (bahwa Tionghoa menemukan dunia, bukan orang-orang Eropa) dan buku Gavin Menzies adalah keliru. Tetapi saya kira, bahkan injil pernah menuliskan dengan gagah berani hari, tanggal, jam & tahun diciptakannya dunia.


XT: Apa hubungannya dengan kitab Injil ? Jika saya melebarkan masalah, bisa anda tunjukkan di ayat mana disebutkan hari, tanggal dan jam serta tahun dunia diciptakan ?

EB: Mungkin, saya hanya tidak hendak lancang diri dan coba-coba menempatkan diri sejajar atau bahkan lebih tinggi dengan membantah dan menyatakan keliru seorang Gavin Menzies yang dalam sekapur sirih bukunya berterima kasih kepada begitu banyak professor, akademisi, museum-museum seantero dunia, institute-institute

pendidikan di seantero jagat dsb.


XT: Zhu Jian Qiu 朱鉴秋 dari PRC NAVY Ocean Research 海军海洋测绘研究所 termasuk yang meragukan.Zhang Jian 张箭dari SiChuan University 四川大学juga meragukannya. Daftar orang-orang yang meragukan statement Menzies : [1]. Mao PeiQi 毛佩琦, ketua penelitian Zheng He di Beijing University, ahli sejarah di People's University [2]Ma RenRu 马任汝,peneliti ZhengHe di Nanjing.Dan masih banyak daftar lainnya.



EB: Berbeda persoalannya apabila nama-nama cendikiawan, kapten militer, museum-museum, institusi-institusi pendidikan itu fiktif atau di antara mereka melayangkan pernyataan public bahwa Mr. Gavin Menzies hanya menyadur nama mereka dan tak benar-benar pernah melakukan riset ilmiah menggunakan data-data dan instrument yang berasal dari tempat-tempat dan nama-nama yang disebut di sekapur sirih buku 1421.

>

XT: Apakah statement dari museum Minnesota disebutkan dalam buku itu ? Bahwa museum itu tidak bisa mengatakan bahwa peta yang disebut Menzis itu buatan Cina.


EB: Sebagai seorang mariner, Gavin tentu lebih mengetahui hal- ihwal tentang pelayaran, rute laut, navigasi, kelautan dan modalitas yang dibutuhkan untuk mengarungi laut dsb daripada seorang pengamat budaya Tionghoa.


XT : Benar, hal itu tidak disangkal.



EB: Sayang memang, penerus Zhu Di tidak meneruskan kebijakan eksplorasi dunia tersebut. Malahan seorang mandarin bernama Liu Daxia (seorang pejabat senior di Kementerian Perang dinasti Ming) merampas catatan perjalanan armada Zheng He dari arsip. Mandarin bebal satu ini mengumumkan bahwa `ekspedisi San Bao (Zheng He) ke lautan Barat membuang banyak sekali uang dan bahan pangan. Terlebih lagi, orang yang meninggal pun tidak sedikit? Kemudian dengan lunak Mandarin ini menyatakan bahwa catatan dan arsip ekspedisi Zheng He telah hilang.


XT :  Memang secara ekonomi memberatkan, tidak ada keuntungan ekonomi apapun bagi negara kecuali pamornya meningkat. Tapi itu bukan kesalahan Liu Da Xia 刘大夏. Semua disalahkan kepada Liu DaXia.Sesungguhnya setelah diteliti lebih mendalam, kesalahan bukan dipihak Liu, tapi karena 30 hingga 40 tahun setelah ekspedisi Zheng He, pelarangan melaut makin meluas sehingga banyak catatan mengenai ekspedisi Zheng He terbengkalai.


Hal ini sudah mulai direvisi oleh para pengamat dan ahli ekspedisi Zheng He. Contohnya buku karangan Gong Zhen yang teronggok dalam SiKu QuanShu, bahkan pada saat mendata buku SiKu, tidak ada perhatian terhadap
buku karangan Gong Zhen. Untungnya banyak catatan sejarah yang dipahat di batu, seperti yang dibuat oleh Zheng He, prasasti TianFei.Berkat banyaknya prasasti, bisa ditemukan data-data sejarah yang lenyap, seperti misalnya catatan agama Kristen Nestorian yang ada dalam prasasti.

Sistem pengarsipan Tiongkok pada jaman dahulu memang termasuk hebat untuk ukuran jaman, tapi tanpa perawatan dan teknologi ? Berapa kuat catatan dari kertas itu bertahan ? Karena itu sering dilakukan penyalinan oleh kerajaan atau para pelajar yang berminat.


EB: Mr. Gavin meratap, "tidak hanya warisan tak ternilai tentang ekspedisi maritime yang hilang selamanya, pulau asing pun dibuang dari benak rakyat Tiongkok?


XT: Anda lupa catatan 3 buku, 1 peta dan pilar-pilar peringatan dimana-mana ?


EB: Sejak saat itu, bangsa Tionghoa ditetapkan bukan sebagai bangsa pertama yang menemukan dunia. Imbasnya masih dirasakan sampai sekarang dengan umpatan-umpatan buas terhadap buku Gavin Menzies seperti tuduhan gombal bahwa Gavin membawa misi "agama budha secara terselubung? Chongyam Trungpa, si biksu sex, masih lebih bisa membawa misi "agama budha secara terselubung? Tetapi Gavin?? Beragama budha pun tidak. Bagaimana bisa disebut "membawa misi agama budha??


XT: Apa urusan bhiksu disini ? Agama Gavin apa, itu bukan urusan kita.


EB:  Tetapi tetap saja, cita-rasa pertanyaan tentang `mungkinkah Tionghoa adalah bangsa pertama yang menemukan dunia?terus saja menggelitik. Sedangkan, Ibnu Battuta (pengelana dan penulis Maroko yang

menjelajahi Asia di abad 14) menulis bahwa perdagangan di seluruh dunia antara pantai Malabar dan India dilakukan oleh kapal-kapal Tionghoa. Artinya, di abad 14, para pelayar Tionghoa telah menguasai daerah perairan Asia dengan mapan.

XT:  Perlu saya tambahkan, bahwa tahun 1342, Ibnu Battuta menjadi duta besar di Tiongkok dari utusan sultan Delhi. Pada tahun 1368, dinasti Ming baru berdiri. Anda tahu Ibnu Battuta dari buku Gavin Menzies ? Jika perdagangan dikuasai oleh kapal-kapal Tionghoa, maka ChengZhu tidak perlu melakukan pelarangan pelayaran swasta yang kebanyakan dimiliki oleh orang Arab, dan kebanyakan yang menjadi pedagang- pedagang pada masa Yuan adalah orang Arab, bahkan konglomerat di Tiongkok adalah orang Arab.

Yang dikagumi Ibnu Battuta sama seperti yang dikagumi Marcopolo. Tapi mengenai maritim ? Yang saya tahu yang disinggung Ibnu Battuta adalah sistem inspeksi yang dilakukan oleh pabean Tiongkok. Bisa memberi saya petunjuk mengenai komentar Ibnu Batuta yang anda klaim itu ?



EB:  Sebelum kita melangkah lebih jauh dengan membenarkan bahwa Tionghoa menemukan Australia, Amerika, Tanjung Verde, Antartika dsb mari kita liat dulu persiapan-persiapan dan kualitas-kualitas yang memungkinkan armada Ming mencapai tempat-tempat itu. Pertama, bangsa Tionghoa secara umum telah mengetahui bahwa

bumi itu bulat. Tidak seperti bangsa Eropa yang bahkan membakar buku Galileo dan menyatakan bahwa perbuatan Galileo itu sebagai kejahatan melawan tuhan dan gereja katolik roma.

XT: Saya tidak paham, claim ini darimana ? Bisa sebutkan sumbernya ? Jangan selalu mengacu kepada buku Gavin Menzies saja.



EB:  Sehingga tidak mengherankan apabila bangsa Tionghoa pada saat itu tidak memiliki ketakutan berlebihan tentang pelayaran. Dapat dimengerti apabila Eropa masih sangat terbelakang pada saat itu. Karena koptasi gereja terhadap ilmu pengetahuan. Adalah sangat baik Tiongkok pada saat itu tidak ternodai kebiadaban geraja katolik roma. Penemuan kompas di abad ke 7 tentu saja sangat membantu persiapan dan kesiapan dinasti Ming melaksanakan ekspedisi keliling dunia.


XT: Anda memiliki dendam dengan gereja Katolik Roma ?


EB: Menurut Mr. Gavin, "di tahun pertama pemerintahan Zhu Di mengembalikan kegiatan pengamatan bintang di malam hari. Ahli perbintangannya mencatat tidak kurang dari 1.400 bintang dan merekamampu memperkirakan gerhana bulan dan matahari dengan cukup akurat? Pengetahuan astronomi dan arah ini tentu saja merupakan modal yang amat diperlukan untuk sebuah kemampuan jelajah dunia.


XT: Masalah ini nanti dibahas, karena acuan anda dari situ semua. Sedangkan saya harus mengkaji dari banyak sumber.



EB: Zhu Di juga memerintahkan Shogun Jepang, Raja Korea dan Pangeran Ulugh Begh (cucu Tamerlane) untuk melakukan penelitian perbintangan. Jadi Dinasti Ming dibantu ketiga kaisar dan penguasa lain dalam menentukan akurasi arah. Ditambah dengan pengetahuan navigasi, tidak mengherankan apabila Tionghoa adalah penemu dunia pertama. Coba engkong Xuan Tong bantah opini Mr. Gavin yang berpendapat bahwa bangsa Tionghoa memiliki tradisi maritime yang jauh lebih tua dan lebih kaya dari bangsa Eropa.


XT: Anda ini membingungkan saya, apakah saya membantah ekspedisi Zheng He yang luar biasa menurut ukuran jamannya ? Coba anda baca lagi lebih detail tulisan saya.



EB: Kedua, Tiongkok di masa dinasti Ming sedemikian besar dan jaya. Kekayaan dan kemakmuran dinasti-dinasti Tiongkok memungkinkan dilaksanakannya sebuah ekspedisi besar dunia. Tidak seperti pelayaran kecil Columbus yang dibiayai oleh pengusaha rente untuk mencari emas dan budak yang direstui oleh gereja. Columbus berkata "on the name of holy trinity, let us search and send more slaves? Atas nama tritunggal, orang-orang Eropa mencari budak-budak. Korbannya, jutaan jiwa!! Manusia dianggap seperti anjing oleh orang-orang Eropa katolik itu.


XT: Bicara Colombus, yang saya tulis adalah catatan perjalanan Colombus. Anda membantah atau mengalihkan masalah Colombus yang saya tulis ? Jika ingin membantah, bantahlah yang elegan, bukan berputar seperti
ini. Masalah Dark Age dari gereja Katolik dan perilaku biadab orang barat tidak ada hubungan dalam diskusi kita mengenai ekspedisi Zheng He telah mencapai benua Amerika.


EB: Bangsa Tionghoa tidak perlu mencari-cari emas dan harta kekayaan dengan cara merampas emas milik orang Indian. Ekspedisi Ming dilaksanakan bukan untuk tujuan "gold, gospel, glory?dan tidak mencari untung. Karena begitu banyak negeri dunia dan mungkin seluruh negeri Asia (termasuk kerajaan nusantara) masuk sistem upeti Tiongkok.Kalau saja, Columbus dengan armada kecil 30 orang dan perahu sebesar ruang kemudi kapal-kapal Zheng He bisa mencapai Amerika, coba bayangkan apa yang bisa dicapai oleh armada besar kapal-kapal Ming yang merupakan "state sponsored expedition?itu?? Awak perahu Columbus itu saja masih terlalu sedikit apabila dibandingkan dengan tenaga medis kapal Zheng He yang berjumlah 180 orang lebih.Dan tentu saja, awak kapal Zheng He tidak ada yang merasakan kelaparan seperti awak perahu Columbus karena Armada Ming dilengkapi dengan teknologi destilasi air laut dan mempergunakan jasa anjing laut untuk menggiring kawanan ikan menuju jaring. Ketika Diaz dan Magellan mulai berlayar, bangsa Portugis tidak memiliki alat akurat untuk berlayar ke selatan ekuator.


XT: Sekali lagi, yang dibahas adalah ekspedisi Zheng He dan kaitannya dengan tulisan Columbus mengenai lokasi yang dicapainya. Anda tahu yang disebut 后勤 补给船  atau kapal perbekalan ? Berapa banyak air yang dibawa oleh 1 kapal perbekalan sebagai sarana ekspedisi ? Coba anda cari di buku Gavin Menzies. Dan jangan berpikir bahwa kapal perbekalan itu hanya 1 buah saja.

EB: Sedangkan armada Ming merupakan hasil program pembuatan kapal kayu jati besar-besaran yang didukung oleh kekuatan ekonomi dinasti Ming. Perahu-perahu karavel Cabral, Dias, Magellan dan Columbus akan tampak kecil di samping kapal besar Tionghoa. Armada modern spt armada Nelson dengan 30 kapal dan 18 ribu awak masih tidak mampu menyamai Armada Zheng He dengan kekuatan 100 lebih kapal dan 30 ribu awak. Kapal-kapal Zheng He itu 2 x panjang dan 3 lebar HMS Victory.

Kapal-kapal Ming itu memiliki control kerusakan dan dukungan logistic dan dapat bertahan di laut lebih lama bahkan bertahun-tahun. Makanan dan minuman tak pernah kurang, kekuatan menghadapi gelombang juga hebat, dilengkapi dengan para pesilat sakti dan sistem canggih. Bahkan tersedia para pelacur untuk mengusir kesepian di tengah laut. Sekalipun armada Ming ini tidak semewah, semodern dan segeblek `love boat?atau American pie 4 dengan homo sexual party in the sea.


XT: Anda anggap itu adalah pelacur ? Mungkin anda salah, yang dimaksud adalah Ge Ji ¸è¼§ atau Lady Escourt untuk para tamu negara. Untuk para pelaut, disediakan obat peredam nafsu. Obat itu telah digunakan sejak dinasti Song ( CMIIW ).


EB:  Bantahan "jagung?untuk meruntuhkan riset Gavin Menzies tentu saja sangat kekanak-kanakan. Sumber keterangan "jagung?itu pun dapat dibantah oleh temuan baru. Tetapi silahkan saja apabila ada orang yang masih mau tetap bertahan dengan iman bahwa "jagung?itu dibawa oleh bule ke Tiongkok. Saya berpegang pada temuan Gavin bahwa jagung dibawa dari Amerika oleh Armada Zheng He.


XT: Anda ada bukti jagung dibawa dari Amerika oleh armada Zheng He ? Bagaimana jika anda mengetahui bahwa ada yang mengatakan bahwa kaisar Han WuDi 汉武帝 telah menikmati jagung 玉米/蜀黍 ? Zhang Qian 张骞 telah berlayar hingga ke Amerika ?

Dari hasil penelitian Qianye De-er 千叶德尔( seorang peneliti dari Jepang ) dan diterjemahkan oleh prof.Yu Jingrang 于景让 ( peneliti tanaman dari NUT ) dan diberi tambahan komentar, disebutkan ada 3 macam jenis yu mi 玉米 atau maize, ada 3 jenis yaitu Persian Type , Aegean Type, Caribbean Type berdasarkan lokasi.

Perbandingan maize atau jagung antara Benchao Gangmu 本朝纲目 yang dikarang Li Shizhen 李时珍 (dinasti Ming ) dengan Wu Qijun (dinasti Qing )吳其濬 dalam ZhiWu Ming Shi Tu Kao 植物名實圖考, bisa dikatakan ada perbedaan yaitu antara tipe  Persian dalam Ben ChaoGang Mu dan Caribbean type dalam buku Wu Qijun. Disini bisa dipikirkan kemungkinan bahwa jagung yang ada dan berkembang pada masa dinasti Qing adalah jagung dari Amerika.Sedangkan Persian type ada dibeberapa lokasi di Tiongkok, dan Birma. Itu sudah ada sebelum dinasti Ming.



EB: Bagaimana engkong Xuan Tong menjelaskan "ayam asia?bisa sampe pesisir Atlantik dan Pasifik Amerika serta California yang dihiasi oleh mawar Tiongkok jauh sebelum orang barat mendarat di dunia baru? Apakah ayam-ayam itu bisa terbang? Atau spora mawar terbawa hembusan angin melintasi samudera pasifik? Atau cobalah pake alur logika mistik si bule blo'on Erik Von Daniken?


XT: Spora mawar ? Rosa Laevgata atau Jin Yin Zi 金樱子, bunga itu diperkirakan masuk ke Amerika sekitar tahun 1780an dan tumbuh subur. Bunga itu tumbuh di selatan Tiongkok dan Taiwan. Ingat sejarah Coxinga ? Bisa saja para missionaris membawa bunga itu ke USA dan Eropa. Atau orang-orang Belanda membawa bunga itu ke USA setelah penguasaan atas pulau Taiwan. Bisa saja para missionaris membawa bunga itu ke USA dan Eropa. Atau orang-orang Belanda membawa bunga itu ke USA setelah penguasaan atas pulau Taiwan.


EB:  Katakanlah bule membawa jagung ke Tiongkok pasca Columbus dan inggris mendirikan koloni di Amerika. Hal itu satu-satunya segi positif yang dibawa oleh Barat ke Tiongkok. Tetapi hal itu bukan berarti jagung tidak dikenal sebelumnya oleh orang Tionghoa. Mungkin pula penanaman jagung tidak marak sebelum bule datang.

Karena orang-orang Tionghoa tidak begitu suka makan jagung seperti bule. Tionghoa bukan bangsa kelaparan yang melihat jagung bagai biji surga. Tetapi hal itu juga tidak semerta-merta berarti jagung dibawa oleh bule pertama kali ke Tiongkok.

XT : Baca dahulu buku-buku botani atau buku pengobatan.


EB: Jadi skenarionya seperti ini: jagung dibawa dari amerika oleh Zheng He, sedangkan ayam asia dan mawar Tiongkok dibawa Zheng He ke Amerika. Ada dua arus pertukaran sekaligus di sini. Tidak timpang seperti argument "jagung dibawa ke tiongkok oleh bule? Nah, bantahan engkong Xuan Tong tentang Tanjung Verde itu
amat menarik. Menurut Gavin, rute pelayaran armada Ming itu berturur-turut melewati lautan Nan Yangàmalakaàsamudera hindiaàc alicutàlaut arabàTanjung Harapan Afrika Tanjung Verde , Amerika utara dan Latin.


XT: Yang saya permasalahkan adalah prasasti batu di Tanjung Verde yang diklaim bahwa itu adalah peninggalan ekspedisi Zheng He, ditulis dengan bahasa Malakayam, dicek ke Xian kemudian ke India. Hingga sekarang apa isi prasasti itu ? Dicek kemana ? Oleh siapa ? Sedangkan prasasti yang dibuat minimal 2 bahasa agar bisa dimengerti, dan salah satunya adalah bahasa Mandarin. Coba anda cari prasasti-prasasti yang ditinggalkan oleh armada Zheng He.Rasanya anda tidak membaca reply orang lain dengan baik.


EB: Rute kembali dari Falkland island dekat cape horn amerika selatan langsung menuju tanjung harapan mengarungi samudera atlantik. Nah, pelayaran ke atlantik itu dibawah komando admiral Zhou Wen. Jadi mesti dipahami disini bahwa yang dimaksud "armada Ming?itu bukan cuma Zheng He saja. Contohnya Laksamana Zhou Wen dan Zheng He berlayar ke barat laut melalui Karibia menuju Amerika Utara, sementara Laksamana Hong Bao dan Zhou Man mengambil jalur arus katulistiwa barat daya menuju Amerika Selatan. Tetapi mungkin tidak semua admiral itu mendarat di semarang.

XT: Pimpinan seluruh ekspedisi adalah Zheng He
.

EB: Saya tidak mampu mendapati keterangan bahwa Zheng He melihat brazil dalam buku 1421. Gavin Menzies berpendapat bahwa Hong Bao dan Zhou Man adalah admiral yang melihat apa yang sekarang disebut Brazil. Tetapi seluruh admiral itu adalah para pelaut hebat dinasti Ming, bangsa Tionghoa.


XT: Seingat saya, saya tidak menulis kata Zheng He, tapi ekspedisi Zheng He. Yang mempelajari ekspedisi Zheng He tahu bahwa Zheng He tidak berlayar selama 7 kali berturut-turut, tapi semua diatasnamakan ekspedisi Zheng He. Hong Bao sendiri adalah bawahan Zheng He.


EB: Jadi ada dua rute besar yaitu rute samudera atlantik dan samudera pasifik. Kalo kita liat peta, antara Jepang dan Amerika Utara itu tidak begitu jauh. Dan sangat mungkin sekali apabila armada Ming yang agung itu mencapai amerika utara dengan sangat mudah.



XT: Bukti penulisannya mana ? Entah oleh Gong Zhen, Ma Huan, Fei Xin atau catatan lainnya.


EB: Nah, pendapat engkong Xuan Tong yang membenarkan Zheng He mencapai Australia adalah kemajuan. Anak BT tukang bikin hu mengecam pendapat bahwa Zheng He mencapai Australia.


XT: Apa ada klaim saya yang mengatakan bahwa Zheng He tidak sampai Australia ?

EB: Kalau engkong Xuan Tong sependapat bahwa Zheng He mencapai Australia maka tentunya anda juga sependapat mengenai rute yang dibuat Gavin tentang salah satu perjalanan Zheng He ke Australia dengan menelusuri Amerika Utara terlebih dahulu. Titik akhir pemberhentian ya di Australia itu. Melewati Sacramento, Los Angles California, kolombia, Peru, Paskah Island, Tahiti, Samoa, Selandia Baru dsb.


XT: Itu menurut anda.


EB: Bahkan kapal-kapal Tiongkok dinasti Sung telah sampai ke Australia. Masak dalam kurun waktu 400 tahun itu eksplorasi Tionghoa tidak berkembang hingga tak mampu mencapai pesisir antartika dan hawaii?

XT: Eksplorasi bisa berkembang dengan dukungan stabilitas negara dan politik. Contohnya ekspedisi Zheng He. Teknologi diperlukan sebagai dasar ekspedisi itu, dan teknologi bisa berkembang dalam kapasitas tertentu. Dinasti Yuan memanfaatkan para pelaut Arab.

Budaya-Tionghoa.Net |




Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/334-diskusi--1421-gavin-menzies

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto