A+ A A-

Liu Tianhua (1895-1932) : Tokoh Pembaharu Musik Tionghoa

  • Written by  Erik Eresen & Joe Petersen
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Liu Tianhua (1895-1932) adalah salah satu komposer penting Tionghoa di abad 20. Dia dilahirkan di Jiangyin , Provinsi Jiangsu pada tahun 1895. Liu telah memilih karir didunia musik sejak usia muda . Di tahun 1909 dia mulai belajar instrumen Barat di Changzhou dan sempat bergabung dengan sebuah band di tahun 1912 di Shanghai.

 

Menyinggung nama Liu Tanhua 刘天华 , beliau adalah seorang pendidik, penyelidik, perangkum bakat musik jalanan. Selain mengajar dia sering mengadakan perjalanan  keluar. Jika beliau bertemu dengan pengamen yang berbakat maka akan diajak ketempatnya dan mencoba merekam permainan musik mereka. Liu adalah salah satu tokoh yang berjasa memajukan musik tradisionil Tiongkok yang sampai sekarang sekian banyak karya-karya hebatnya bisa dinikmati oleh kita.


Seperti dalam salah satu lagu ciptaan beliau: "Rintihan diwaktu sakit, 《病中吟》." Walaupun dinamakan rintihan sakit, sebenarnya bukan dalam keadaan sakit lagu ini tercipta, melainkan adalah kumpulan suara hati yang terbenam didada begitu lama, yang buntu dan tidak ada penyaluran. Karena itu , boleh dikatakan lagu ini adalah percikan api yang ter rendam didalam telaga kerisauan.

Menurut beliau, dari tiga bagian musik ini, bagian pertama sendu merintih, lambat dan lemas. Tapi bagian kedua membanting stir menjadi cepat , tegas, berusaha menorobos tembok kungkungan yang bagaikan pemberontak terhadap kekuatan gelap, bersumpah melawan secara gigih. Bagian ketiga menceritakan betapa susah payah perjuangannya, banyak halangan yang tidak bisa diatasi mengakibatkan batin ketekatan makin bertambah, musik mendadak stop, turun 12 oktaf, menimbulkan getaran seperti rintihan sakit, kadang mengeluh, kadang berteriak...

{youtube}6ecCop2cKuo{/youtube}

Liu Tianhua memang berjasa melakukan reformasi dan pembaharuan terhadap musik  Erhu. Terinspirasi dari tehnik permainan viole (biola) yang beliau pelajari selama di Eropa, lantas ia merombak Erhu sebagaimana hal  berikut dibawah ini:

1. Standarisasi Nada, senar dalam (内弦) dilaras sebagai nada D, Dan senar luar (外弦) Nada A. Sebelumnya tidak ada standarisasi, setiap Erhu masing2 dilaras sesuka-Suka hati yg enpunya. |
2. Merubah bentuk Bow (弓) dari sebelumnya melengkung spt busur panah (bentuk ini msh dipertahankan dalam The Yan/Tee Hian Gambang Kromong) menjadi lurus menyerupai bow biola.
3.Memperlebar tinggi nada, dari yang tadinya bermain hanya di satu posisi (把位) menjadi lebih dari 3 bahkan 4 posisi sebagaimana adanya pada biola. Namun demikian, Liu tianhua yg berlatar belakang Pendidikan Musik Barat dinilai terlalu banyak memasukkan unsur Barat ke dalam Erhu, beberapa repertoire ciptaannya (salah satunya adalah 病中吟) malah membawa pendengar ke Alam Eropa ketimbang Tionghoa, sebagaimana komentar tamu-tamu dari Eropa yang menghadiri pementasan tunggal-nya di Shanghai pada waktu itu.

Liu Tianhua pula yang pertama kali menyusun pelajaran untuk latihan tehnik permainan Erhu. Latihan-latihan  itu dibagi dalam 10 grade, dari yg paling mudah sampai yang sulit.  Dan dilengkapi lagu-lagu yang bisa dimainkan setelah siswa menguasai teknik-teknik tertentu sesuai gradenya. Masing-masing grade maksimum diselesaikan dalam 6 bulan. Tapi sekarang sudah banyak guru Erhu (Termasuk Min Huifen) juga ikut menyusun kurikulum latihan itu, dengan beberapa variasi berbeda. Tapi garis besarnya ttp sama.

Kurikulum yang disusun Liu Tianhua untuk pemain profesional (mahasiswa di akademi or perguruan tinggi musik), di samping itu ada juga yang menyusun kurikulum latihan untuk para pemain amatir. Tuntutannya tidak terlalu ketat, bisa diselesaikan dalam waktu sekitar 2 tahunan. Tapi semua itu di Zhongguo, kalo di Indonesia apakah ada guru yg memakai kurikulum itu? Belum sampai gimana lantas murid sudah kabur jenuh dengan latihan teknik yang itu-itu juga.

Time Line
1895 - Liu Tianhua dilahirkan di Jiangyin , Jiangsu
1909 - Mulai mempelajari instrumen barat di Changzhou
1912 - Bergabung dengan sebuah band di Shanghai
1914 - Kembali ke daerah kelahirannya untuk mengajar dan mulai belajar erhu dan pipa dan mulai jadi komposer
1922 - Mulai mengajar instrumen Tionghoa di Beijing University sampai tahun 1932. Sambil mempelajari biola dan teori-teori musik barat , mendengarkan musik instrumental Tionghoa dan juga Opera Peking. Menyusun  karya-karya erhu dan pipa


 

Erik Eresen & Joe Petersen /10151429880352436/


Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

 

Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3544-liu-tianhua-1895-1932--tokoh-pembaharu-musik-tionghoa

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto