A+ A A-

Feng Xiaogang

  • Written by  Bentara
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Feng Xiaogang dilahirkan pada tahun 1959 di Beijing., Dia adalah salah satu sutradara terkemuka di Tiongkok yang cukup sukses secara komersial  dan juga terkadang menjadi aktor baik dalam beberapa film. Uniknya Feng mempelajari pembuatan film bukan melalui pendidikan formal tetapi melalui sisi produksi televisi.  

 

Serial televisi awalnya adalah Stories From A Editorial Office (1991) dan di tahun berikutnya bersama Zheng Xiaolong menyutradarai serial drama televisi Beijingers In New York (1993) yang diadaptasi dari novel Cao Guilin.  

Serial “Beijingers In New York” meraih popularitas dan merupakan karya sosial-politik yang satire mengenai kehidupan imigran di Amerika Serikat. Jiang Wen turut membintangi sebagai Wang Qiming.

Feng mencoba lebih jauh dalam komentar sosial melalui “Chicken Feathers On The Ground” (1994) dan “Dark Side of The Moon” (1997) dan karya-karyanya ini mengalami penyensoran dan pencekalan.

Menyiasati permasalahan sensor dan kebutuhan komersial , Feng mulai beralih ke genre komedi urban yang menarik minat warga perkotaan. Karakter-karakter dalam karyanya merupakan manusia yang biasa saja tetapi mempunyai hasrat yang luar biasa dan juga didekorasi oleh komedi gelap seperti yang terlihat dalam karya “Party A , Party B” aka Jiafang yifang (1998)

Dalam “Be There or Be Square” (2000) , Feng menghadirkan komedi tragis mengenai permasalahan pernikahan dan hubungan seksual dalam masyarakat urban Tiongkok.

Salah satu terobosan besarnya adalah “Big Shot’s Funeral (2001) yang merupakan komedi satire yang dibintangi oleh Ge You, Rosamund Kwan  bersama aktor Amerika Serikat Donald Sutherland.

Film ini berkisah tentang usaha seorang sutradara bernama Rob Tyler (Donald Sutherland) yang membuat satu remake dari “The Last Emperor” karya Bertolucci di Istana Terlarang. Sutradara ini mempunyai asisten yang diperankan oleh Rosamund Kwan dan seorang kamera-man yang diperankan oleh Ge You.

Feng menyabet Golden Horse Award di tahun 2004 dengan karya fenomenalnya “A World Without Thieves” yang diperkuat oleh Andy Lau , Rene Liu , Ge You dan Li Bingbing. Film ini meraih sukses besar secara komersial di tahun 2004.

Film berikutnya adalah “The Banquet” (2006) yang diperkuat oleh Zhang Ziyi , Daniel Wu dan Zhou Xun dan “Assembly” (2007) yang meraih penghargaan Hundred Flowers Awards dan Golden Roster Awards sebagai film terbaik.

Di tahun 2010 , Feng Xiaogang menggarap film “Aftershock” yang mengangkat tragedy bencana kemanusiaan gempa bumi Tangshan yang kembali meraih sukses komersial dan film ini mewakili Tiongkok sebagai entry untuk kategori Best Foreign dalam Academy Award.

Feng Xiaogang kembali mengangkat tema bencana kemanusiaan dalam “Back To 1942″ (2012) . Berlatarkan Sino-Japanese War II (1937-1945) , film ini diadaptasi dari novel “Remembering 1942″ atau “Yi Wu Si Er” karya Liu Zhenyun tentang wabah kelaparan di Henan.  Sebagaimana Flowers of War-nya Zhang Yimou , film 1942 ini diperkuat oleh bintang asing seperti Andien Brody dan Tim Robbins (Mystic River) dan Adrien Brody (The Pianist) . Dalam film ini Tim Robbins berperan sebagai pendeta dan Brody akan berperan sebagai jurnalis Times.

/ Bentara

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

 


Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3555-feng-xiaogang

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto