A+ A A-

Resensi Buku : Chinese Houses – Knapp & Ong

  • Written by  Eddy Witanto
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net |Berbicara mengenai buku karya Ronald G Knapp yang berjudul "Chinese Houses"  memang bisa dikatakan sebuah buku yang bagus. Paling tidak seharusnya kita baca semua buku karya Knapp.

 

Judul : Chinese Houses
Penulis : Ronald G Knapp
Photography : Chester Ong

Penerbit : Tutle Publishing
Bahasa : Inggris

 

Lama saya mencoba mendalami budaya Tionghoa dari sisi arsitektural (karena bangunan adalah unit terkecil dari sistem arsitektural yang merupakan produk budaya), tetapi selalu terbentur pada satu hal apabila membaca buku-buku mengenai topik tersebut.

Kebanyakan buku menghadirkan massa bangunan sebagai benda mati, yang diniknati dari sisi tektonic-nya. Padahal dalam khazanah budaya Tionghoa, sebuah bangunan (pun bila dikembangkan dalam skala yang lebih luas seperti permukiman) baru berarti bila ia "dihidupkan", diberikan roh, spirit oleh manusia yang menempatinya.

Misalnya dalam rangkaian pola hunian siheyuan di Tiongkok selatan (contoh: fujian style houses), upacara sembahyang memainkan peran amat penting karena saat upacara itu diadakan.

Saat itulah kita akan melihat simbiosa tiga hal utama yaitu bumi langit, dan manusia yang dihadirkan secara bersama-sama  dan yang menjadi medianya adalah siheyuan itu.

Belajar tentang "tianjing" atau halaman yg memang berfungsi sebagai "sumuran langit". Saya dulu banyak belajar filosofi ini dari Prof Vincent Shen (National Chengchi Univ di Taipei).

 Membaca buku Knapp, khususnya bagian "A Millionaire's Home: Kang family manor, Henan Province" dan "A Grand Qing Manor and A Simple Ming Courtyard House: Qiao Family Manor and Ding Family Village, Shanxi Province" mungkin akan terasa biasa saja.

Tetapi akan lain rasanya apabila kita sudah menonton film Zhang Yimou berjudul "Da Hong Deng Long Gao Gao Gua" alias "Raise the Red Lantern". Di situ baru kita bisa rasakan bagaimana sebuah massa bangunan bisa "hidup", dan silakan datang ke Pingyao (Provinsi Shanxi) untuk menyaksikan sendiri bangunan itu.

Eddy Witanto , 33765

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

 


Last modified onFriday, 12 April 2013 09:49
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3582-resensi-buku-chinese-houses-%E2%80%93-knapp-ong

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto