A+ A A-

Biography : Tang Wei

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Tang Wei 汤 唯 dilahirkan pada 7 Oktober 1979 di Hangzhou , Zhejiang , Tiongkok. Tang merupakan salah satu aktris papan atas di Tiongkok yang melejit berkat penampilannya dalam “Lust , Caution”.

 

Tang merupakan anak semata wayang dari pasangan orang tua yang berprofesi sebagai aktris dan pelukis. Profesi orangtuanya berpengaruh pada aktivitas dimasa remajanya dimana Tang belajar juga melukis. Pada awalnya Tang mempunyai cita dan asa untuk menjadi arkeolog atau pengacara.

Tang bertemu dengan Zhu Yuchen di tahun 1995 yang keduanya berada dalam studi drama dan mereka menjadi pasangan kekasih.

Pilihan dalam dunia entertainment diputuskan pada saat melakukan aktivitas modelling di tahun 1997. Tang akhirnya lulus dari Central Academy of Drama di tahun 2002.

Tang Wei akhirnya putus dengan Zhu di tahun 2002 , beberapa minggu menjelang kelulusan .

Karir Tang Wei berjalan lambat sampai tibalah tahun 2006 dimana dia mendapat peran dalam film penting “Lust , Caution” yang kontroversial yang digarap oleh sutradara berkelas dunia dan dibintangi oleh bintang veteran Hong Kong Tony Leung , Joan Chen dan Wang Lee-hom.

Di tahun 2004 Tang Wei masuk sebagai finalis Tiongkok untuk ajang Miss Universe

Peran ini didapatkan Tang setelah bersaing dengan 10 ribu aktris sebelum tampil dalam “Lust , Caution sebagai Wong Chia-chi. Tang kemudian mempelajari dialek Shanghai dan Suzhou untuk peran ini serta dilatih juga dalam gaya berpakaian dan akting.

Film “Lust , Caution” ini mengalami kesuksesan dan Tang Wei pun mendapat penghargaan di ajang bergengsi Golden Horse Award dan beberapa ajang lain.

Setelah membintangi “Lust , Caution” bersama orangtuanya berusaha menetap di Hong Kong. Dia juga mengakhiri hubungannya dengan Tian Yu pada bulan Desember 2007.

Di tahun 2008 , Forbes memasukkan Tang Wei diurutan ke 18 dari 100 selebritis Tiongkok. Tang Wei juga sudah menjadi selebritis internasional dengan diundang pada even Canness Film Festival

Di tahun 2009 , Tang Wei rencananya akan berperan dalam “The Warrior and the Wolf” (2009) tetapi akhirnya digantikan oleh Maggie Q . Maggie beradu akting dengan bintang Jepang , Joe Odagiri (Shinobi) dalam film absurd yang sulit dipahami ini.

Di tahun yang sama , Tang Wei malah membintangi “Late Autumn” bersama aktor Korea selatan , Hyun Bin dan “Crossing Hennesy” setahun berikutnya bersama bintang kawakan Jacky Cheung.

Beberapa film terakhir Tang Wei adalah Wuxia bersama aktor-aktor papan atas seperti Takeshi Kaneshiro dan yang terkini adalah film “Finding Mr Right” bersama Wu Xiubo.

Film komedi “Finding Mr Right” yang dibintangi aktris Tang Wei telah meraih pemasukan 400 juta yuan atau setara 64.5 juta USD sejak dirilis pada 21 Maret.

Film bergenre komedi romantis atau rom-com telah meraih pemasukan sebesar 11 juta yuan di hari pertamanya dan menjadi film Tiongkok dengan pemasukan tertinggi di bulan Maret.

Produser film ini Jiang Zhiqiang mengatakan bahwa “Finding Mr. Right” menghasilkan 11 juta yuan pada saat premiere perdana 21 Maret lalu dan mengalahkan film Holywood berjudul  “A Good Day to Die Hard” dan “Resident Evil: Retribution” yang dibintangi pula oleh aktris mainland Li Bingbing.

 

Rate this item
(5 votes)
More in this category: « Feng Xiaogang
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3622-biography--tang-wei

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto