A+ A A-

Marga Lin : Lim / Lam

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Brigitte Lin Ching Hsia

Marga Lin adalah cabang dari marga Zi (子) yang merupakan marga dari para penguasa Dinasti Shang.  Pendiri marga Lin adalah Bi Gan 比干 yang merupakan anak dari Raja Da Ding (Wen Ding) yang merupakan raja ketiga terakhir Dinasti Shang. (Lihat genealogi raja-raja Dinasti Shang)

 Dengan demikin Bi Gan adalah paman dari Raja Zhou (Di Xin 帝辛) . Raja Zhou adalah raja terakhir Dinasti Shang. Dia merupakan seorang raja yang haus darah dan amoral , sehingga Bi Gan tinggal di istana selama tiga hari tiga malam untuk membujuknya merubah sikap. Hal ini membuat Raja Zhou marah dan Bi Gan terbunuh.

Istri Bi Gan yang lagi hamil mendengar kabar kematian suaminya dan melarikan diri ke hutan. Sang istri kemudian melahirkan seorang anak lelaki yang bernama Jian.

Setelah Dinasti Shang terjungkal dan berdirinya Dinasti Zhou , mendiang Bi Gan direhabilitasi dan istri Bi Gan pun dipulihkan posisinya.

Raja Wu menganugrahkan marga Lin yang berarti pohon atau hutan pada anak lelaki Bi Gan karena terlahir dihutan . Selain itu Raja Wu juga menganugrahkan sebuah negara vassal di sebuah kawasan di provinsi Hubei. Marga Lin ini pada awalnya menetap di Hubei sebelum menyebar ke Shandong dan Hunan.

***

Beberapa variasi penulisan marga Lin dalam dialek ini misalkan “Lim” untuk Hokkian , Hakka dan Teochew. Sedangkan “Lam” digunakan oleh pengguna dialek Cantonese (dan Vietnamese).  Ada beberapa ekuivalensi marga Lin dinegara lain “Im” 임di Korea. Di negara Jepang karakter Lin 林 disebut Hayashi.

Variasi

  1. Lim
  2. Lam (Cantonese , Vietnamese)
  3. Im (Korean)
  4. Hayashi (Japanese)

Ruby Lin Xin Ru

Lin Zhiling : “First Belle” Taiwan

Wilfredo Lam (1902-1982) : Tionghua-Kuba & Pelukis Dunia

Liem Sioe Liong (1916-2012) ; Dari Cengkeh Sampai BCA

Justin Lin Yifu : Ekonom Top Dunia

Endang Witarsa [Liem Soen Joe] – Dokter Gigi & Pahlawan Sepakbola Indonesia

 

Figur

  1. Lin Xezu (1785-1850) – seorang pejabat penting Qing yang menentang peredaran candu yang masuk ke Tiongkok . Keteladanannya mendapat penghargaan dari masyarakat modern.
  2. Liem Sioe Liong 林紹良 (1916-2012) – alias Sudono Salim , seorang konglomerat Indonesia yang sempat dianggap sebagai orang terkaya di Indonesia.
  3. Lim Kay Tong , adalah seorang aktor Singapura yang sempat tampil dalam film Indonesia yang berjudul The Photograph (2007).
  4. Lin Yifu 林正义 (1952) – alias Justin Lin , seorang top ekonom dunia yang menjadi chief economists Bank Dunia untuk masa bakti 2008-2012.
  5. Lin Feilong 林飛龍 (1902-1982) – alias Wilfredo Lam , seorang pelukis Tionghoa-Kuba kelas dunia . Wilfredo berhubungan dengan pelukis dunia lain seperti Picasso , Frida Kahlo etc .
  6. Lin Xinru (1976) – alias Ruby Lin , salah seorang aktris populer asal Taiwan.
  7. Lin Qingxia / Lin Ching-Hsia 林青霞 (1954) – alias Brigitte Lin , aktris legendaries Taiwan yang terkenal dengan kecantikannya.
  8. Lin Zhiling / Lin Chi-Ling / Lim Ji-Leng (1974) – seorang supermodel Taiwan.
  9. Liem Koen Hian (1897-1952) – seorang tokoh politik dan wartawan di Indonesia tempo dulu.
  10. Liem Kok Bie --seorang mantan ketua PPI Jawa Tengah
  11. Lim Sun-Yu / Liem Soen Joe (1916-2008) –alias Endang Witarsa , salah satu tokoh sepakbola Indonesia dan mantan pelatih tim nasional PSSI .
  12. (Masih ada banyak tokoh lain tapi yang dijadikan contoh figur adalah yang artikelnya tersedia di web BT).

Source :

  1. People Daily , “History of A Chinese Surname : Lin”
  2. “Origin of Chinese Names” , Asiapac Book Pte Ltd . 2007
  3. Chao Sheau-Yueh , “Genealogical Research On Chinese Surnames / 尋根溯源中國人的姓氏趙賀筱岳” , 2000 , Genealogical Publishing Com
  4. Situs Budaya Tionghoa.
Last modified onMonday, 05 August 2013 19:53
Rate this item
(3 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3653-marga-lin-lim-lam

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto