A+ A A-

Menjadikan Qixi Menjadi Lebih Tionghoa

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Oldest Qixi

Budaya-Tionghoa.Net | Pasangan Gong Deyun dan Sun Yucui pun menjadi pasangan unik yang merayakan Qixi ini. Gong Deyun berusia 99 tahun menikah dengan Sun Yucui yang berusia 102 tahun di tahun 1930. Pasangan yang panjang umur ini merayakan Qixi untuk ke 83 kalinya menurut berita Xinhua.

 Tanggal 14 Februari adalah hari Valentine Barat yang dirayakan secara luas di dunia. Namun sebenarnya orang Tionghoa juga punya hari Valentine sendiri yang disebut Festival Qixi .  Mengenai penjelasan tentang hari Qixi ini bisa melihat lebih jauh pada artikel " Qi Shi - Hari "Valentine" Tionghoa" dan " Mengenal Qixi - Atau Chinese Valentine Day"  dalam tulisan lain yang bisa ditelusuri .

Dikisahkan pada zaman dulu yang juga tertulis di beberapa buku sejarah kuno Tiongkok, bahwa  pada tanggal 7 bulan 7 penanggalan Imlek, bintang Altair (Niu Lang Sing, Bintang Penggembala) yang terpisah dengan bintang Vega (Ce Nu Sing, Bintang Wanita Penenun) akan melewati Milky Way dan bertemu setahun sekali.

Menjadikan Qixi Menjadi Lebih Tionghoa

Pada tanggal Qixi ini , penjualan mawar meningkat drastis . Beberapa konser juga digelar dengan lagu populer seperti The Moon Represents My Heart" yang dipopulerkan oleh Teresa Teng  hingga "The love of the Hawthorn Tree" yang merupakan tema cinta yang diadaptasi ke layar lebar dengan judul yang sama oleh sutradara Zhang Yimou.

Qixi - Rose Market Chengdu

Rose Market , Chengdu , Courtesy : People Daily

Kencan buta antara pria dan wanita pun kerap berlangsung sepanjang perayaan Qixi . Beberapa pasangan juga menikah serentak menjelang Qixi.

Walau demikian muncul persepsi bahwa Qixi seharusnya tidak melulu masalah konsumerisme belaka , tetapi sebagai revisit terhadap tradisi.

Festival Qixi sebaiknya berbeda dengan Valentine Day di Barat dengan bingkisan yang lebih bercitarasa Tionghoa. Sebuah artikel Xinhua memberitakan usaha beberapa pasangan muda yang memiliki tekad seperti itu.

Seperti misalkan meningkatnya popularitas Qixi yang diindikasikan oleh surat cinta dalam bentuk gulungan bambu yang menarik perhatian besar dari konsumen di situs jualan online terbesar di Tiongkok seperti Taobao.com.

"Chinese Valentine's Day should be distinguished from the western one. I want to find my girlfriend a gift with a Chinese flavor."...Liu Xiaolong - Xinhua 

Dengan surat cinta dalam gulungan bambu untuk menampilkan kaligrasi sebelum kertas ditemukan dinilai memuaskan para pasangan muda untuk mempersonalisasi bingkisan dengan cita rasa tradisional. 

Seorang penerima bingkisan gulungan bambu itu berkomentar dalam taobao.com bahwa dirinya menyukai bingkisan itu dan menilai sebagai bingkisan yang sesuai dengan Qixi , tidak terlupakan dan lebih baik dari karangan bunga mawar.

"We did this not for fun but to preserve our traditional culture in the modern society," ...Zhang Yifei , China Daily

Puluhan gadis lain berkumpul disebuah taman untuk memamerkan Hanfu buatan tangan mereka sendiri yang merupakan kostum klasik .

Qixi Hanfu

Zhang Yifei seperti yang dikutip dari China Daily mengakui bahwa mereka tidak hanya ingin bersenang-senang tetapi untuk mempertahankan budaya tradisional di dalam masyarakat modern.

Zhonghua Wenhua

Source : Xinhua , China Daily , People Daily , Budaya-Tionghoa.Net

 

 

 

 

 

 

 

 

Last modified onTuesday, 13 August 2013 20:59
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3666-menjadikan-qixi-menjadi-lebih-tionghoa

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto