A+ A A-

Marga : Jin / Kim / Kam

  • Written by  Liu Weilin
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Dari catatan sejarah dan buku-buku seperti 姓氏靠略,广韵, 前秦录, 唐书, 吴越备史, dan 元史儒学传. Nama keluarga atau she Jin ( Kim) 金 memiliki beberapa sumber, dan ada dua sumber utama. 

 

Photo Ilustrasi : Aisin Gioro Puyi .
Setelah Dinasti Qing jatuh klan Aisin Gioro
banyak yang mengadopsi Marga Jin

Sumber Pertama adalah Klan Jin Tian raja Shaohao 少昊金天氏 dan sumber kedua berasal dari bangsa Xiongnu yakni keturunan dari pangeran 休屠 Xiutu. Kedua cabang ini mendapatkan she Jin 金berhubungan dengan emas.

SHAOHAO

Shaohao 少昊, merupakan anak dan penerus dari kaisar Kuning 黄帝 Huangdi. Shaohao menjadi raja selama 84 tahun, beribu kota di Qufu 曲阜 (Shandong).

Menurut legenda, Shaohao merupakan anak dari Huangdi dan Leizu 嫘祖, pertama kali bergelar Jin De Wang 金德王, yang telah membuat sistem tentang emas yang dikemudian hari oleh generasi berikutnya menjadi berharga ( logam mulia), sehingga Shaohao memiliki nama lain yakni Klan Jintian 金天氏.

Shaohao memiliki cabang keturunan, yang kemudian hari mengunakan Jin 金 sebagai nama keluarga (she, xing) yang hingga berlanjut sampai sekarang.

Keturunan Shaohao bermarga Jin ini ( keturunan Huangdi , Huaxia) yang pada awalnya bersumber di Qufu (Shandong) kemudian berpindah ke selatan, terus sampai ke kota Pengcheng 彭城 ( sekarang kota Xuzhou 徐州 dipropinsi jiangsu 江苏), keturunan marga Jin dari shaohao ini menjadi keluarga terpandang di kota Pengcheng (望族).

XIONGNU

Marga Jin ( Kim) yang berasal dari bangsa Xiongnu, yaitu suku nomad pada jaman Chunqiu, Qin, Han, sampai dinasti utara selatan, memiliki marga Jin pada jaman dinasti Han masa kaisar Wudi 汉武帝.

Cabang marga Jin Xiongnu ini mendapatkan marga dimulai dari anak raja Xiutu ( raja Xiongnu) yang bernama Jin Ritan, yang menyerah kepada Kaisar Wudi.

Ssetelah bertahun-tahun mengabdi kepada kaisar Han, sehingga mendapatkan kepercayaan dari kaisar Wudi, sehingga memberikan marga orang Huaxia kepada pangeran Xiongnu ini marga Jin (emas) dikarenakan pangeran Xiongnu ini pernah membuat patung yang terbuat dari emas untuk menghormati Tian.

Kemudian hari keturunan pangeran Xiongnu yang takluk kepada Han ini menjadikan marga Jin menjadi marga mereka. Cabang marga Jin dari bangsa Xiongnu ini pada awalnya berada di ibu kota Han ( Xi'an, Shaanxi).

***

Namun menurut buku studi tentang Marga atau 姓氏考略 , mengenai marga Kim atau Jin paling tidak ada empat sumber. Sumber pertama adalah suku-bangsa non-Han yang tersinifikasi menjadi marga Jin.

Sumber lain adalah marga Liu 刘 dikarenakan hal lain lantas mengubah marga Liu menjadi marga Jin (huruf tradisional 劉, terdiri dari gabungan karakter Mao 卯,金 dan 刀) mengurangi huruf lain hingga tersisa karakter Jin.

Disini diambil dari catatan dan kitab-kitab sejarah jaman dulu:

1. 符秦時時羌酋有金氏(前秦錄)yang artinya pada jaman Qin-nya suku Qiang ( dinasti utara selatan) . Saat itu kepala suku Qiang memiliki marga Jin.
2. 唐時新羅國王姓金 (唐書) pada jaman Tang, Raja kerajaan Silla ( 新羅) di semenanjung korea bermarga Jin.
3. 吳越避錢鏐嫌名,改劉為金。(吳越備史)didaerah Wuyue ( sekarang Zhejiang-Jiangsu ) demi menghindari nama Qian Liu, maka orang marga Liu (karena persamaan bunyi antara marga Liu dengan penguasa Wuyue yaitu Qian liu) menganti menjadi marga Jin.
4. Orang Mongol pada jaman dinasti Yuan menjadi marga Jin . Demikian juga orang jaman Jin (Orang Jurchen) mengambil nama kerajaan mereka menjadi marga Jin. Orang Manzu khususnya marga Aisingioro sekarang banyak yang mengubah marganya menjadi marga Jin.


Di Korea marga Jin ditulis sebagai Kim atau Gim (김) . Walaupun bangsa Korea dan Vietnam mengadopsi sistem marga Tionghoa . Tetapi bukan berarti orang Korea yang bermarga Kim pasti satu keturunan dengan orang Tionghoa bermarga Jin.

FIGUR

  1. Jin Midi 金日磾 (134SM) : Pejabat di masa Dinasti Han. Ini contoh kasus orang Xiongnu yang mengadopsi marga Jin. 
  2. Jin Youzhi 友之(1918) : Aisin Gioro Puren , saudara dari Aisin Gioro Puyi (The Last Emperor) . Ini contoh kasus klan Aisin Gioro mengadopsi marga Jin. 
  3. Jin Yanling 金燕玲(1954) : Kum Yin-Lin , Elaine Kam , selebritis Hong Kong
  4. Kim Taehee 金泰希 (1980) : selebritis Korea Selatan . Ini contoh kasus orang Korea mengadopsi marga Jin.

Ditulis oleh Liu Weilin

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

 

Rate this item
(2 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3672-marga-jin-kim-kam

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto