A+ A A-

Pandangan Orang Tionghoa Terhadap Kematian

  • Written by  Liu Weilin
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Jika kita merenungkan alam jagat raya yang sangat luas ini , kehidupan manusia di dunia ini dan kematiannya juga begitu.

 

Terhadap "hidup" barangkali manusia sudah banyak memikirkannya, sudah banyak pengharapannya, banyak pengalamannya, banyak kesannya.

Namun terhadap "kematian" barangkali manusia tidak ingin memikirkannya, dan manusia takut ketika "kematian" tiba-tiba berkunjung pada dirinya.

Manusia hidup mau tidak mau harus menghadapi kematian yang bagaikan black hole yang dingin, sunyi, dan gelap! Kematian bukankah drama tragis umat manusia dipenghujung kehidupan!

Sudut pandang dualisme orang Tionghua terhadap segala sesuatu hal disemesta ini juga memandang hidup dan mati merupakan hal dualisme.

Adanya kehidup maka ada kematian. Kematian bersumber dari kehidupan. segala mahluk hidup dengan adanya hidup maka mengalami kematian, tiadanya kehidupan maka tidak adanya kematian.

Sebaliknya tidak mengalami kematian apakah mungkin adanya kehidupan? Walaupun kondisi kehidupan dengan kematian itu berbeda, tapi hubungannya sangat erat.

Orang Tionghua dalam perkembangan sejarah yang sangat panjang, juga terus memikirkan dan menganalisa tentang kematian. Dari sini terbentuk pandangan atau konsep kematiaan yang begitu mendalam.

凡生之难遇,而死之易极
Kehidupan (menjadi manusia) itu sulit, tapi kematian itu sangat gampang

Wang Chong yang merupakan cendekiawan atau filsuf jaman Han mengatakan: Segala sesuatu yang memiliki daging dan nadi, tidak ada yang tidak mati, dan tidak ada yang tidak hidup. Bila langit dan bumi tidak dilahirkan, maka tidak akan ada kematian, yin dan yang tidak ada, maka kematian tidak ada..........

安于死而无愧
Mati dengan tenang dan tiada penyesalan

Dalam pandangan kalangan Ru, maka kematian dan kehidupan erat hubungannya, kematian adalah kehidupan yang baru. Kematian merupakan kehidupan yang lain.

死而不亡与死后新生

Kematian yang tidak mati (Taoism) dan kehidupan baru setelah kematian (reinkarnasi) (Buddhism)

事死如事生 Memperlakukan (mengurusi) kematian bagaikan hidup

Beberapa pandangan tentang kematian silahkan baca lebih jauh di : http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1875-beberapa-pandangan-tentang-kematian

Liu Weilin

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

Further Reading :

 

 

Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3675-pandangan-orang-tionghoa-terhadap-kematian

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto