A+ A A-

Mei Xi : Wanita Dibalik Kejatuhan Dinasti Xia

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Raja Jie : Penguasa Terakhir Dinasti Xia – Matahari Yang Tidak Pernah Jatuh

Jie of Xia

Mei Xi (1793-1760 SM) atau disebut juga sebagai Moxi adalah salah satu dari selir favorit Raja Jie 桀 atau Xia Jie yang dikenal sebagai raja yang kejam. Mei Xi dikenal sebagai salah satu figur penting dibalik jatuhnya Dinasti Xia.

 

Negri Youshi (termasuk dalam kawasan Shandong masa kini) mengirimkan Mei Xi dan berbagai perhiasan berharga untuk meredakan kemarahan Raja Jie yang berniat mengirimkan serangan hukuman pada Youshi.  Sebelum dikirim , Mei Xi diberi tugas agar bagaimana rakyat Xia memberontak terhadap Raja Jie.  

Demikianlah Mei Xi berhasil membuat Raja Jie semakin larut dalam kesenangan semata setiap hari. Mei Xi juga membujuk Raja Jie untuk merekruit secara paksa 3000 penyanyi dari kalangan rakyat. Lalu Raja Jie membuat telaga buatan berisi anggur dan dikelilingi pepohonan yang digantungkan daging yang telah diawetkan. Dari sini muncul ungkapan “kolam anggur dan pohon daging”.

Setelah bosan , Mei Xi berhasil membuat Raja Jie merobek begitu banyak kain sutra yang bernilai tinggi. Para pejabat senior mulai meragukan prilaku sang raja yang tidak masuk akal tersebut sehingga para pejabat penting memutuskan pindah ke Negara Bagian Shang.

Masih ada satu pejabat Guan Longfeng yang mencoba menasehati dengan memberikan contoh lukisan bagaimana Raja Yu (Yu Agung) berjuang dan menderita bersama rakyat untuk mengatasi banjir besar. Raja Jie marah dan malah merusak lukisan raja leluhur dan menghukum mati Guan Longfeng.

Mei Xi dinilai berhasil memboroskan sumber daya negara sehingga terbersit dipikiran Raja Jie untuk menggasak kekayaan Negara Bagian Shang. Karena kemampuan Dinasti Xia sudah menurun maka salah satu pejabat Xia yakni Zhao Liang menganjurkan untuk mengalahkan Shang dengan mudah . Caranya adalah dengan memancing Adipati Cheng Tang untuk datang dan ditangkap.

Dengan Cheng Tang sebagai sandera maka Raja Jie menerima banyak tebusan yang berlimpah . Sementara itu Cheng Tang yang sudah kembali kedaerahnya kemudian mengirimkan Yi Yin untuk membujuk Raja Jie kembali ke jalan yang benar.

Yi Yin menjalin komunikasi dengan Mei Xi sambil mengamati bagaimana pemerintahan Raja Jie. Dari pengamatan inilah Yi Yin menyimpulkan bahwa Raja Jie sudah tidak bisa berubah lagi perangai-nya dan Yi Yin menganjurkan Cheng Tang untuk memberontak saja.

Cheng Tang akhirnya memberontak dan berhasil mengalahkan Raja Jie . Dinasti Xia jatuh dan berdirilah Dinasti Shang.

Mei Xi  bersama Daji 妲己 dan Baosi sering dianggap sebagai tiga wanita yang berperan penting dalam kejatuhan dinasti. Mei Xi terlibat dalam menjatuhkan Dinasti Xia. Daji terlibat dalam menjatuhkan Dinasti Shang dan Baosi terlibat dalam menjatuhkan Dinasti Zhou Barat.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

Further Reading :

http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/229-dinasti-xia--keruntuhannya--matahari-yang-tidak-mungkin-jatuh

Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3677-mei-xi-wanita-dibalik-kejatuhan-dinasti-xia

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto