A+ A A-

Feng Liao : Diplomat Wanita Pertama Dalam Sejarah Tiongkok

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Wusun

Wusun Dalam Peta Dunia Klasik
http://www.thomaslessman.com

Feng Liao 冯缭[1] (circa 122/110-50SM) adalah seorang diplomat wanita pertama bagi Dinasti Han . Dia adalah seorang wanita yang mengenyam pendidikan yang baik dan juga punya kemampuan diplomasi.

 

Feng Liao menemani Putri Jie You untuk pergi dari Chang’an ke Wusun[2] untuk menikah dengan raja di kawasan ini . Ditempat ini Feng Liao tinggal selama 50 tahun dan mempromosikan persahabatan antara bangsa Han dengan grup minoritas yang tinggal di dekat Tianshan.

Kawasan ini berada di bawah pengaruh Xiongnu . Dalam hal ini Feng Liao memperkenalkan Budaya Han dan berkomunikasi dengan masyarakat di daerah ini untuk memenangkan kesetiaan dan persahabatan dengan mereka.

Disini dapat terlihat bahwa Feng Liao lebih memilih diplomasi berdasarkan ko-eksistensi dan keharmonisan dibandingkan dengan kebijakan Xiongnu yang mengandalkan kekerasan.

Feng Liao sendiri menikah dengan salah satu jendral di kawasan Wusun yang bersahabat dekat dengan Wujioutu. Wu yang memiliki ibu dari garis Xiongnu ini mencoba merebut tahta dari saudara tirinya , Yuan Guimi (anak dari Putri Jie You).

Mendengar hal ini Penguasa Han khawatir kalau kawasan Wusun akan menjadi vassal dari Xiongnu. Pemerintah Dinasti Han menugaskan Feng Liao untuk membujuk Wujiaoutu agar menyerah.

Feng Liao menggunakan pengaruhnya dan juga pengaruh suaminya yang merupakan sahabat dekat Wu , serta faktor kekuatan militer yang dikirim oleh Kaisar Han Xuandi ke perbatasan – untuk meyakinkan agar Wu menarik diri dari klaimnya atas tahta Kerajaan Wusun.

Kesepakatan tercapai dimana Wu bersedia menjadi adipati dibawah kekuasaan Yuan Guimi . Keberhasilan Feng Liao itu membuat garis keturunan dari Putri Jie You terus berkuasa di Wu Sun. Dan dengan kata lain Feng Liao berhasil mengurangi ancaman dari barbarian utara terhadap Dinasti Han dan juga melindungi kepentingan Dinasti Han terhadap Jalur Sutera.

Setelah posisi Yuan Guimi aman sebagai Raja Wusun , Feng Liao kembali ke ibukota Chang’an .  Kepemimpinan Yuan Guimi kemudian dilanjutkan oleh Xinmi. Feng Liao kembali meminta ijin pada penguasa Han untuk kembali ke Wusun untuk membimbing Xinmi yang masih muda ini .  

 Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa



[1] Feng Liao (122-45SM) (Lili Xiao et al , Biographical Dictionary of Chinese Women) . Versi lain Feng Liao (110-50SM) ( Barbara Peterson , Notable Women of China )

[2] Kawasan  Wusun dalam rentang antara sebagian kawasan Kazakshtan modern dan Xinjiang modern

 

Last modified onThursday, 29 August 2013 09:58
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3679-feng-liao-diplomat-wanita-pertama-dalam-sejarah-tiongkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto