A+ A A-

Legenda Asal Usul Cuka dan Huruf Pembentuknya

  • Written by  Liven Riawaty
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Dahulu kala di Tiongkok, Propinsi Shanxi, hidup seorang pemuda bernama Du Shaokang yang pandai membuat arak. Sehari-hari, ampas hasil produksi arak yang tak lagi bermanfaat, biasa diberikannya kepada peternak sebagai pakan kuda.

Suatu ketika, Du Shaokang memasukkan semua ampas arak sisa produksinya ke dalam sebuah tempayan besar, kemudian memasukkan sedikit air ke dalam dan menutupnya rapat. Banyaknya kesibukan menjelang Tahun Baru Imlek, membuat Du Shaokang melupakan perihal tempayan ampas arak tersebut.

Duapuluh hari berlalu. Ketika tidur, Du Shaokang bermimpi didatangi sesosok dewa tua berjanggut putih. Sang dewa meminta kepadanya cairan penyedap rasa. "Maaf, aku tak memiliki cairan penyedap rasa," jawabnya.

Dewa tua menunjuk pada tempayan besar dan berucap, "Bukankah itu cairan penyedap rasa? Duapuluh hari sudah ampas arak itu direndam, besok di waktu you (酉), cairan itu sudah boleh dikonsumsi." Di masa lalu, waktu you (酉) berarti menunjuk pada jam 5 hingga 7 sore.

Karena merasa mimpinya aneh, esoknya di waktu petang, Du Shaokang pun membuka tempayan besar itu. Apa yang tercium? Aroma fermentasi yang asam menguar tak tertahankan!
"Buang saja! Jangan simpan lagi!" Demikian ujar setiap anggota keluarganya.

Sesaat, Du Shaokang mencoba mencicipi cairan kekuningan itu dengan ujung lidahnya. Ah, terasa asam dan cukup enak!

Di hari pertama Imlek, ketika Du Shaokang mengundang teman dan kerabatnya untuk menikmati pangsit di rumahnya, dia menuangkan sedikit cairan kuning ini kepada setiap tamunya.

"Rasanya sungguh nikmat!" Para tamu memuji. Cairan kuning ini sungguh adalah penyedap rasa yang enak. Akan tetapi ia belum bernama. Nama apakah yang cocok diberikan?
Seketika Du Shaokang teringat pada ucapan sosok dewa tua dalam mimpinya: dua puluh satu hari masa you (二十一日酉); maka, semua huruf dari 二十一日酉 digabung/dirangkai menjadi sebuah huruf 醋 (dibaca 'cu', artinya cuka).

Hingga hari ini, Propinsi Shanxi merupakan daerah penghasil cuka ternama di Tiongkok.

 

Diterjemahkan dari 醋的传说 oleh : Liven Riawaty
https://www.facebook.com/groups/budaya.tionghoa/permalink/10151987836082436/

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya TionghuaFacebook Group Budaya Tionghoa

 

Budaya-Tionghoa.Net |
Last modified onTuesday, 12 November 2013 10:10
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3694-legenda-asal-usul-cuka-dan-huruf-pembentuknya

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto