A+ A A-

Liu Shanmen atau Yamen

  • Written by  Ardian Cangianto
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Liu shanmen 六扇門 (biro enam daun pintu) adalah sebutan lain untuk yamen 衙門. Yamen secara umum diartikan adalah kantor pemerintahan 官府. Sebutan enam daun pintu mengacu pada pintu gerbang utama dari kantor pemerintahan (daerah) yang memiliki 6 daun pintu. Pintu-pintu tersebut adalah 3 pintu berwarna gelap kehitam-hitaman (pintu utama, pintu halaman dan pintu aula). Masing-masing terdiri dari dua buah daun pintu untuk dilewati agar bisa  masuk ke dalam ruangan utama.

Photo: Ya-men http://cms.smejs.com/siteRoot/zgycw/jzlx/gdadf/259193157.htm

Gambar Yuci Xianya (Yamen Prefektur Yuci) sumber : http://cms.smejs.com/siteRoot/zgycw/jzlx/gdadf/259193157.htm

Ciri khas bangunan ini adalah sepasang patung singa dengan gigi tajam serta hiasan-hiasan yang ada di wuwungan atap sebagai penanda status kantor itu. Terbuka lebar sebagai penanda lepasnya batasan antara aparat dengan rakyat  jelata. Sehingga dikatakan bahwa yang dari dalam keluar adalah pejabat dan yang dari luar masuk ke dalam adalah rakyat jelata. Walau tujuannya sebagai biro keamanan tapi dalam prakteknya ada pepatah yang berbunyi “衙門六扇一開 有理無錢莫進來” (enam daun pintu biro keamanan dibuka, ada dalil/kebenaran, tiada uang jangan masuk). Ini merupakan pertanda bahwa biro itu juga penuh korupsi.

Biro ini pada umumnya berada dibawah wilayah karesidenan atau prefektur yang mengurusi atau menjadi atasan mereka. Suatu penanda kekuasaan sipil yang mengontrol seluruh aktifitas wilayah yang mereka urus. Pengertian yang beredar di masyarakat pada umumnya adalah “biro keamanan”, termasuk beberapa rekan yang menulis cerita silat mengartikan sebagai biro keamanan dan ini hal yang wajar saja malah bisa menambah "isi" yang membuat seru.

Asal muasal kata yamen adalah 牙門 atau “pintu gigi”. Ini bermuasal pada pengertian umum masyarakat sejak pra-Tang bahwa tempat pejabat mengurus kegiatannya itu disebut 牙門. Hingga pada masa Song banyak rakyat jelata tidak menyadari bahwa 衙門 berasal dari 牙門. Istilah ini bisa dilacak hingga jaman musim semi dan gugur, dimana militer sering disebut pula “gigi” dan hingga pada masa dinasti utara selatan, kantor pemerintahan disebut 牙門. Jadi seperti perpanjangan tangan pemerintah pusat dan pada umumnya.

Yamen 衙門 sejak jaman Sui dan Tang hingga berabad-abad kemudian memiliki 6 direktorat yang merupakan turunan dari kementrian yang ada di pusat, yaitu : 吏房 (direktorat kepegawaian), 户房 (direktorat catatan sipil dan sensus serta perpajakan), 禮房 (mengurusi ritual dan pendidikan), 兵房 (biro pertahanan), 刑房 (direktorat hukum), 工房 (direktorat pembangunan).

Tapi dalam cerita yang beredar di rakyat jelata termasuk dalam cerita silat, biro 6 daun pintu ini adalah biro yang mengurusi keamanan dalam negri. Termasuk juga bukuai 捕快 atau polisi yang berurusan menangkap buronan maupun memanggil saksi pelapor atau saksi-saksi lain yang diperlukan dalam persidangan. Jika kita menonton film serial Judge Bao, ada 4 bukuai 捕快 yang mendampinginya, yaitu : Wang Chao 王朝、Ma Han 馬漢、Zhang Long 張龍、Zhao Hu 趙虎.

Secara umum aturan untuk para polisi ini amat ketat dan biasanya untuk menjamin pasokan jumlah polisi, anak keturunan mereka tidak diperkenankan mengikuti ujian negara sebagai pejabat, kecuali sudah mencapai keturunan ketiga. Jadi tidak aneh jika kita menonton film “Crouching Tiger Hidden Dragon”, Cai Jiu 蔡九 sebagai kepala polisi dari Shanxi 陝西 dan anaknya Cai Xianglin 蔡香妹 yang juga sebagai polisi.

Mengkaitkan dengan dunia kang-aw, ada pepatah aliran hitam dan putih (黑白兩道), yang dimaksud aliran putih adalah aparat dan aliran hitam adalah masyarakat di dunia kang-aw (tepatnya preman).

Berdasarkan tulisan Meng Xiaoru tentang “Liushanmen” dari cerita-cerita rakyat, cerita-cerita silat klasik seperti Sanxia Wuyi 三俠五義 (3 pendekar 5budiman) hingga cerita silat modern karya Jin Yong dan termasuk kasus-kasus kejahatan kuno yang terdata, salah satu contohnya adalah Sang Chong 桑 沖 yang menggunakan ilmu menyamar 易容術 untuk mencabuli para perempuan. Liu shanmen ini didirikan pada masa dinasti Tang, tahun pemerintahan Zhenguan. Tujuannya adalah untuk meredam aksi-aksi pemberontakan rakyat atau petani dan kelompok rimba hijau (sering diasosiakan dengan para bandit dan outlaw). Dan para aparat  itu dilatih secara intensif dan dijuluki “elang anjing” 鷹犬 dari pemerintah, komandonya berada dibawah direktorat hukum.

Dapat dikatakan bahwa liu shanmen ini adalah perpanjangan tangan dari pemerintah untuk menangani urusan dunia kangaw (江湖 ) untuk menegakkan wibawa pemerintah. Liu shanmen ini juga bergerak memberangus serikat rahasia yang bertujuan menggulingkan pemerintahan. Juga membangun jalinan yang baik dengan tokoh-tokoh persilatan yang “berwibawa”, “bersih” serta partai-partai persilatan yang ada. Bahkan terkadang mereka tutup sebelah mata untuk beberapa kasus yang terkait dgn kelompok-kelompok di dunia persilatan untuk menanamkan budi dan suatu saat dimintai bantuan dari mereka.

Jika kita menonton film "The Four" (四大名捕 ) dan juga film serial kocak dunia persilatan ( 武林外史), nama liu shamen itu bagaikan diulang kembali dalam layar lebar.

 

Oleh : Ardian Cangianto

 

Daftar pustaka :

Meng Xiaoru 孟小儒,”六扇門 :中國古代官匪鬥爭傳奇故事”, 2007: 中國長安出版社

Guo Junchen 郭君臣, Liu Guang 劉廣, “衙門”, 2006 : 重慶出版社

Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3695-liu-shanmen-atau-yamen

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto