A+ A A-

Merawat Hidup Ala Taoisme dan Interaksinya dengan Dunia (Bagian 2 Tamat)

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

道教養生與世界互動

 

Oleh : Prof. Lv Xichen

3Raih kehampaan menjaga keheningan

Budaya-Tionghoa.Net | “Aktulisasi diri”,”mengenal diri”,”setiap org ada apresiasi” adalah kegelisahan rohani yang diatasi dengan makna dangkal dari “memeluk kesederhanaan kembali ke asli”, yang dimaksud adalah dengan menghargai dan menjaga karakter asali setiap orang, membuat distinksi, kestabilan hubungan, juga mengandung karakterisitik total tendesi/kecenderungan karakter yang pasti (ke dalam dan ke luar), ini adalah setiap orang yang berbeda.

 

Dan dari lapisan yang lebih mendalam membahas kembali kesederhanaan balik asli, harus melangkah pada karakter universal kita. Ini adalah yang prakelahiran, yang berasal dari tao, karakter asali universal. Bagaimana mencapai kembali ke kesederahaan balik asli yang lebih mendalam? Ini adalah dengan meraih kehampaan menjaga ketenangan,  menjalin afeksi ( cinta kasih ) dan lainnya sebagai satu pandangan.

Laozi, Zhuangzi , mengangkat “meraih kehampaan menjaga keheningan”, “hati berpantang”, “duduk mengabaikan”sebagai cara latihan, dengan mengakomodasi psikis mengatur dan mengontrol dengan melatih qi mengatur kesadaran, mengkoordinasi harmonis, memulihkan dan meningkatkan setiap organ dan system tubuh manusia, meningkatkan kualitas psikis dan fisik, merawat kesehatan menambah umur bisa terlaksana.

Makna dari Daodejing bab 16 adalah,  buatlah kondisi batin hingga mencapai kondisi sunyata, menjaga keheningnan ( memasuki alam dao ). Laksa benda lahir musnah, aku mengamati siklus lahir kembali.Laksa mahluk di alam, semuanya kembali ke akarnya.Kembali ke akar disebut memasuki keheningan, memasuki keheningan disebut duplikasi kehidupan, duplikasi kehidupan adalah abadi, mengetahui abadi adalah enlightment.Bencana marabahaya adalah tidak memahami aturan alam, bertindak gegabah.Ini adalah konsep realitis dalam Daodejing yang terkait dengan merawat hidup, oleh para praktisinya dipandang tinggi. Meraih kesunyataan menjaga keheningan, adalah membuat kondisi psikis yang hening dan tenang, sementara membuang semua pikiran kehendak, rangsangan organ2 indra dengan pikiran dan rasional dari dunia luar, kembali pada kedalaman hati, ini adalah pusat dari keheningan, adalah kampunghalaman semangat pikiran kita. Menghargai meraih kesunyataan menjaga keheningan sebagai sebuah jalan kehidupan, bisa membuat laksa benda lahir berkembang tiada henti, datang kembali tiada akhir, juga bisa merawat nyawa dalam tubuh kita. Dia seperti apa yang dikatakan DT Suzuki seorang master Zen dari Jepang, “ Non persepsi yang sudah melewati latihan”, bisa membuat manusia “ bisa lepas keluar dari gangguan rasionalitas persepsi”, bangkit meraih kegunaan dari perawatan psikis yang berguna, membuang semua kondisi hati yang tidak baik.

Taoisme mengembangkan pemikiran Laozi dan Zhuangzi yang menggunakan metode sunyata hening untuk merawat kehidupan, meraih kesunyataan menjaga keheningan menjadi batu fondasi penting untuk pelatihan dan metode merawat kehidpan di Taoisme.Taoisme beranggapan bawhwa, karakter khusus Taoisme adalah hening bening, orang menjadikan Tao sebagai benda yang mengubah kehidupan,  dasarnya adalah karakter asli yang bening hening, manusia harus pada kondisi meraih kesunyataan menjaga keheningan baru bisa merealisasikan penyatuannya dengan tao, mendapatkan keabadian kehidupan.  Pengarang“Anotasi pemikiran Laozi”pada saat menjelaskan “Alam jarang berujar“ dikalimmat ini mengekspresikan sebuah pemikiran “ Alam, adalah Dao, hening bening bahagia. Jarang berujar, manusia akan hening bening. Menyatu dengan alam, bisa lama jua.”Juga dapat dikatakan demikian, kondisi psikis yang hening bening alami barulah sesuai dengan karakter abadi  dari Dao, karena itu, orang yang berada di dalam Tao seharusnya menjaga baik-baik semangat pikiran, hening bening sebagai yang terutama, buatlah kondisi semangat pikiran dalam kondisi hening bening, dengan begitu bisa menjaga fisik.

Kita sering berucap, kehidupan berada di gerak, tapi ini adalah menunjuk pada gerak fisik, dia (gerak) bisa menlancarkan sirkulasi darah, menguatkan fisik. Tapi Taoisme beranggapan bahwa mencapai hening bisa melahirkan gerak, pada saat meditasi sampai yang tinggi, sampai  saat mencapai level yang dalam, bahkan bisa puncak hening dan bergerak, saripati tubuh dan energy dalam tubuh mengumpul dan bisa menghasilkan gerak microcomos macrocosmos dengan level2 yang berbeda , menggunakan cara yang tepat dan melatihnya berkesinambungan, bisa menghasilkan standar kesehatan dan nilai kehidupan yang lebih tinggi,  jenis “gerak dalam”untuk menjaga kesehatan dan merawat kehidupan ini jauh melampaui gerak luar ( gerak tubuh ). Tapi, “puncak hening kemudian gerak”jenis ini harus dengan petunjuk guru yang benar dan latihan jangka panjang, bukanlah sesuatu hal yang mudah.

Karena itu, kita disini mengutamakan dari level yang rendah yaitu mengatur kondisi psikis kemudian mengembangkan makna meraih sunyata mencapai keheningan: kondisi hati yang damai stabil bisa membuat semua struktur tubuh ada kondisi yang harmonis, manusia punya semangat kesadaran , kondisi batiniah manusia harus sering dijaga pada kondisi damai seimbang, hening tenang, baru bisa menjaga kesehatan psikis dan fisik. Di masyarakat modern ini, manusia menekankan bahwa waktu adalah uang, dalam pandangan ini, tidak sedikit orang terutama yang sudah sukses menekankan kompetisi, perjuangan, hanya tahu maju tapiu tidak tahu mundur, hanya mengejar gerak tapi tidak mengerti mendapat keheningan, hatinya gelisah tidak tentaram, kegelisahan mengharapkan dari luar, kondisi psikis yang tidak sabar tidak damai ini terhadap kesehatan psikis dan fisik memiliki bahaya yang amat besar.

Penelitian psikomatik dan psikologi masa sekarang ini semua menyatakan, jika hati selalu gelisah tidak damai berkepanjangan, risau , resah, akan mengakibatkan system saraf, terutama kerja otak besar menjadi kacau dan tidak teratur, menurunkan standar kemampuan tubuh , melemahkan kemampuan kontro diri, pada saat kondisi ini semakin parah dan tidak mendapatkan penyelesainnya, akan berkembang hingga pada kondisi depresi. Depresi ini akan berlanjut mengalahkan mekanisme pertahanan tubuh, menurunkan kemampuan tubuh melawan penyakit, bahkan bisa melahirkan sakit jiwa, lemah syarah, kanker dan macam lainnya.

Karena itu,  hidup di  masyarakat duniawi yang riuh dan sibuk, manusia harus menyisakan waktunya untuk batin, agar batin ada kesempatan refleksi melihat kedalam, meraih sunyata menjaga keheningan. Kungfu meraih sunyata menjaga keheningna agar manusia keluar lepas dari kesadaran persepsi, memasuki lapisan kesadaran, memasuki kondisi alam manusia dengan langit bumi menyatu. Pada kondisi ini, system syaraf dalam tubuh, pencernaan dan macam2 lainnya akan secara otomatis memperbaiki, mengatur, dan mengembalikan pada kondisi asalnya yang harmonis teratur, meningkatkan kemampuan mengatur diri, yang memiliki manffat bagi kesehatan fisik dan psikis.

Metode merawat hidup ala Taoisme meraih sunyata menjaga keheningan adalah suatu persembahan yang tidak lapuk untuk menjaga dan meningkatkan kualitas fisik psikis, dan terhadap masyarakt modern memberikan hasil pengobatan yng unik. Dunia barat sekarang ini aliran2 transpersonal psikologi, humanistic psikologi dan aliran2 lainnya , menyebarkan metode “deep thought”(meditasi), “mendengarkan suara dalam tubuh” dan macam cara menjaga kesehatan serta pengobatan, justru dengan hal itu memikiki hubungan interdepensi yang amat besar, dan psikolog barat dalam pengalaman klinis membuktikan bahwa cara ilmu Tao ini memiliki kaedah ilmiah dan nilai yang modern.

Sekarang ini, hati yang gelisah, mengejar jasa keuntungan menjadi penyakit modern, betapa membutuhkan meraih sunyata menjaga keheningan sebagai obat untuk mengatur dan mengobati.

Ingin menjaga kondisi batin yang hening tenang, harus memegang sikap bersahaja ( sederhana tidak berlebihan , tidak memiliki nafsu yang berlebihan ) sebagai syarat hidup, setiap hari bermabokan, hati yang hening tentram bagaimana didapat ?

4. Bersahaja sebagai pandangan model berpikir untuk kesehatan menyeluruh jiwa raga,

 Taology menggunakan”tidak egois bersahaja”sebagai prinsip penting menjaga kesehatan dan juga sebagai moralitas kehidupan sehari2 dalam makan dan tinggal. Taologi beranggapan, terjerumus pada kenikmatan suara, rasa dari organ indrawi indrawi, akan terbelenggu dan terikat, tidak hanya akan merusak tubuhnya, bahkan akan menghambat menyadari hakekat Tao. Karena itu, harus “tidak egois bersahaja “, raihlah kesederhanan, mengontrol keinginan akan benda duniawi atau keinginan pribadi. Laozi menyatakan :”lima warna membuat orang buta, lima nada membuat orang tuli, lima rasa membuat orang rusak rasa, berkuda dan berburu membuat orang hati orang  brutal”, berusaha melalui kata2 yang keras dan ekstrem mengingatkan bahaya kesehatan jiwa raga bila terjerumus pada kesenangan indrawi, bahkan juga mengangkat “Mengurus manusia merawat badan tidak ada yang lbh penting dari semangat”, sebuah “akar yang mendalam, jalan untuk panjang umur.

Taoisme secara menyeluruh mewarisklan tradisi ini, menjadikan bersahaja dan kurangi nafsu diangkat sebagai dasar yang diperlukan sebagai syarat kehidupan dan pelatihan.Gehong juga mengusulkan, tidak egois bersahaja adalah perjalanan penting dalam merawat semangat dan hati.Dan kebalikannya, mereka yang mengumbar nafsu, akan membuat roh menjadi risau, qi pelindung akan habis”. Oleh generasi selanjutnya dari aliran neidan membuat langkah lebih maju dengan menjadikan bersahaja dan kurangi nafsu sbagai cara melatih jiwa raga dan cara mendapatkan tao menjadi xian.

Pola bersahaja dan kurangi nafsu Taoisme di kehidupan nyata menjadi bukti, bahkan dengan dunia modern sekarang ini kehidupan bersahaja sebagai cara menjaga kesehatan menjadi popular. Kita bisa liat mereka yang panjang umur pada umumnya hidup bersahaja dan tidak memiliki nafsu ambisi yang meluap-luap.

5. menjaga kelembutan bisa menampung—adalah resep lembut untuk menghilangkan konflik.

Bagaimana cara menghilangkan konflik, kontradiksi dan dendam diantara manusia , juga memiliki pengaruh terhadap keshatan psikis, kedokteran sekarang membuktikan, orang yang emosional bisa memicu tekanan darah tinggi, penyakit jantung dll. Karena itu, taoisme menggunakan kelembutan lapang dada sebagai salah satu prinsip penting dalam merawat hidup.Laozi mengingatkan bahwa kelembutan adalah fenomena fungsi dari Tao. Menjadikan kelembutan tidak berperang sebagai cara dari sejak dahulu untuk bisa sepadan dengan langit. Kelembutan bisa mengalahkan yang keras.Keras bukanlah berarti yang kuat, karena itu Laozi menyimpulkan:”menjaga kelembutan itu disebut kuat”.

Pada hubungan antar manusia, menjaga kelembutan sesungguhnya dengan kelembutan bisa mengalahkan yang keras dan memiliki kegunaan untuk menghilangkan kontradiksi, dengan begitu bisa menjaga kondisi batin yang tenang harmoni, mengurangi hal2 yang tidak perlu dipertengkarkan.Kita bisa meliat, pada kenyataan hidup, ada sekelompoik orang yagn karena suka rebut bertengkar itu muka dan telinganya memerah, hawa amarah menembusi langit, bahkan bisa menimbulkan perkelahian atau bahkan sampai mencabut nyawa, semua ini tidak perlu diragukan akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Orang yang tidak lapang dada, selalu menuntut orang lain, hatinya akan dipenuhi amarah dan sifat menyalahkan orang lain, suatu hari pasti aka nada kondisi hati yang tidak tentram, tidak sabaran, pemnnbuluh darah menyempit, membuat kondisi psikis memasuki kondisi buruk, menjadi pembunuh gelap bagi kesehatan psiukis dan fisik.

Sejak dahulu orang dari tiongkok maupun non tiongkok secara umum emngakui hawa kesal, amarah dan berbagai macam emosi yang tidak seimbang itu membahayakan terhadap kesehatan jiwa raga.

Untuk menghilangkan amarah dan kesal, tidak hanya memelihara sikap menjaga kelembutan tidak bertengkar untuk mengurusi masalah, juga harus memiliki sikap lapang dada bersikap menerima.Perilaku berlapang dada ini adalah suatu syarat penting untuk menjaga keshatan jiwa raga. Manusia dalam pergaulan dimasyarakat tidak jarang disalahpahami, dirugikan, direpotkan , direndahkan adalah hal yang tidak dapat dihindari. Berlapang dada adalah pilihan yang cerdas untuk masalah-masalah itu.Lapang dada adalah suatu kualitas moral yang tinggi. Tidak hanya mengandung memaafkan dan memahami, juga menunjukkan pencapaian pelatihan seseorang, toleransi dan pikirannya, memperbaiki pola hidup yang tidak sehat, merealisasikan kehidpan yang sehat dan bahagia !

Seni merawat hidup Taoisme adalah kristal pengetahuan orang tionghoa selama ribuan tahun, menekankan diri sebagai memegang inisiatif kesehatan hidup, adalah diri yang mengatur , cara  menjaga kesehatan yang mudah sederhana dan efektif. Selama ribuan tahun, menjaga kesehatan jiwa raga dari genereasi ke generasi keturunan kaisar Yan dan kaisar Huang, hari ini , cara itu sudah menembusi ruang dan waktu, mengglobal, membangun kebahagiaan umat manusia, menawarkan resep untk berbagai jenis penyakit fisik dan psikis yang menyusahkan manusia modern, menginspirasikan orang modern untuk merefleksikan kebenaran tentang kehidupan, memperbaiki pola hidup yang tidak sehat, merealisasikan kehidupan manusia yang sehat dan bahagia !

 

CATATAN ADMIN : makalah ini dibawakan oleh prof. Lv Xichan di INTERNATIONAL TAOISM FORUM, Magelang bulan Maret 2014. 

 

Baca juga : http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3754-merawat-hidup-ala-taoisme-dan-interaksinya-dengan-dunia-bagian-pertama

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya TionghuaFacebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onTuesday, 12 August 2014 10:02
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3755-merawat-hidup-ala-taoisme-dan-interaksinya-dengan-dunia-bagian-2-tamat

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto