A+ A A-

Karakteristik Taoisme Sekte Zhengyi 道教正一派的特色

  • Written by  Zhang Xingfa
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Karakteristik Taoisme

Sekte Zhengyi

道教正一派的特色

oleh : Master Zhang Xingfa 張興發道長

 

Sekte Zhengyi adalah salah satu sekte besar di Taoisme yang memiliki sub sekte seperti Longhu, Maoshan, Jingming, Gezhao, Lingbao, Qingwei dan lain-lain, pembentukan format Zhengyi selesai pada masa dinasti Yuan.

            Sekte Zhengyi pada awalnya berasal dari dao “Zhengyimengwei”yang dibangun oleh Zhang Daoling.Apa arti Zhengyi正一 ?Sesepuh Zhang Tianshi menerima ajaran Tao “Zhengyi Mengwei”正一盟威 dari Taishang Laojun. Tapi kenapa menggunakan kata Zhengyi ?Apa makna yang terkandung dalam Zhengyi ? Dalam Kitab “Yunji Qiqian”: “Yang utama dari Zhengyi 正一( Kebenaran yang satu ) adalahzhenyi 真一(Kesejatian yang satu )”. Dalam kitab Tao, arti kata kebenaran adalah “mengobati yang jahat dengan kebenaran”, sisi lain dari kebenaran adalah kesesatan, dengan kebenaran menaklukkan semua yang jahat. “satu”adalah “satu yang menyatukan laksa benda”, Daodejing mengatakan, “Dao melahirkan satu, satu melahirkan dua, dua melahirkan tiga, tiga melahirkan laksa benda”. “Satu”ini adalah awal“bentuk tampak”( fisik/tangible/yang tampak ) dari Dao, dan Dao adalah asal dari segalanya. Karena itu “satu” ini yang bisa mepersatukan.Karena itu Zhengyi adalah Dao yang kita jalankan adalah dao kebenaran dan dao kesejatian dan tujuannya adalah kebenaran dan kesejatian真正.

            Guru langit Lu Xiujing 陆修静pernah mewanti-wanti murid-muridnya,”Ajaran yang benar adalah yang menerima Laojun dan tiga guru.”, dengan kata lain menjalankan tindakan yang benar dan ucapan yang benar.

 

 

Apa yang disebut Zhengyi, sesungguhnya disarankan juga untuk mengcounter yang jahat, karena pada masa Zhang Daoling mendirikan agama, di pedalaman masih beredar ajaran dan ilmu sesat yang menyesatkan rakyat jelata.Kitab Tao menuliskan bahwa pada masa itu siluman dan kejahatan merajalela, masyarakat menggunakan ilmu yang salah, bukan dao yang sejati.”

Zhang Daoling mendirikan agama Dao, karena diperlukan ajaran yang benar untuk membimbing semuanya, agar semua bisa bertisarana pada kepercayaan yang benar, dengan Zhengyi ( kebenaran yang satu ), dengan inti dalamnya adalahzhenyi ( kesejatian yang satu ).Dalam kata pengantar di kitab “Dua puluh empat wilayah administrasi” dikatakan bahwa, dao Zhengyi mengwei dari Zhang Tianshi adalah “ajaran kebenaran (zhengjiao正教) pewaris Tiga Langit统承三天untuk membantu negara mengedukasi rakyat,menghukum dan membasmi yang sesat dan jahat,merapihkan kembali kepercayaan-kepercayaan rakyat yang ada di pedesaan agar menjadi benar. Pewaris Tiga langit bermakna bahwa kepercayaan Zhengyi berasal dari Sanqingdaozu ( Yuanshi tianzun, Lingbao tianzun, Daode tianzun ).Makna mengwei 盟威 artinya adalah kita membuat sumpah dengan laksa dewata, menerima dan menjaga ajaran kebenaran, tidak terjatuh pada pandangan yang sesat, tidak menduakan kesejatian yang esa. Dalam pujian untuk Zhang Daoling yang dibuat oleh kaisar Tang Daizong ( 726-779 )dikatakan,”Hati dao yang tidak mendua, itulah yang disebut Zhengyi.”Dengan kata lain, kita yang percaya pada agama Tao, bertisarana di bawah ajaran Tianshi (Zhang Daoling ), sudah seharusnya “hati dao yang tidak mendua”(道心不二 ).Umat agama Tao yang sudah tisarana, terutama yang melalui “penganugrahan registrasi”shoulu授箓, menjadi fashi法师, dashi大师 ( guru), jika semua pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan semangat Dao yang benar, mereka tidak bisa “hati dao yang tidak mendua”, dan melawan makna dalam dao itu.  Guru langit ke 43, Zhang Ningchu menekankan “kesejatian yang esa tidak mendua”真一不二, dan memiliki dua makna yang terkandung di dalamnya. Pertama, esensi ajaran dari Taishang laojun adalah “kesejatian yang esa tidak mendua”, dan itulah yang menjadi tujuan umat Tao.Yang kedua adalah, tidak boleh membiarkan hal-hal yang sesat ada dalam diri kita.Karena itulah kita sebagai umat aliran Zhengyi harus faham bahwa kata Zhengyi ini bukan sekedar nama tapi mengandung makna yang mendalam, sebuah ide dan semangat (spirit ) yang abadi dan itu adalah semangat Daozu ( Taishang laojun / Laozi ), semangat kitab Daode jing,tidak hanya semangat agama Tao saja tapi juga semua umat manusia dan harus direalisasikan;itu adalah memakmurkan negara mensejahterakan manusia, memberikan sumbangsih pada semua umat manusia, masyarakat dan negara. Pencarian kebenaran sejati, pengetahuan yang terunggul mengenai hakekat alam semesta ini bisa didapatkan melalui politik, ekonomi bahkan sastra, seni bahkan hingga teknologi yang canggih. Jadi dengan kata lain, umat Tao aliran Zhengyi tidak menjebakkan diri pada kesaktian atau hal-hal yang bersifat mistis karena kebenaran sejati itu ada dimana-mana.

 

3        proses lahirnya sekte Zhengyi :

 

            1.Sekte Longhu 龙虎宗sebagai inti dari sekte Zhengyi, sudah terbentuk dengan kepemimpinan dari keturunan Zhang Daoling sebagai pemimpin. Terbentuknya sekte Longhu ini sekitar pada akhir dinati Tang. Pada masa dinasti Song, sekte Longhu dengan sekte Maoshan dan Gezao disebut “tiga gunung talisman 三山符箓”, kerajaan Song pada masa itu memperlakukan sederajat untuk tiga aliran ini.Sebutan guru langit untuk keturunan Zhang Daoling, itu hanya sebutan dari umatnya, atau sebutan dari rakyat jelata, pihak pemerintah belum mengakui sebagai Tianshi, bahkan kaisar Song Zhenzong dan Song Huizong yang menjunjung tinggi agama Tao juga hanya menganugrahi gelar “xiansheng”先生 pada keturunan Zhang Daoling. Hingga pada masa dinasti Yuan, terjadi perubahan situasi yang amat besar. Orang Mongol yang menguasai daratan Tiongkok,tentunya melakukan kekuatan politik untuk melindungi kekuasaan dan kepemimpinannya.Tapidemi memenangkan hati rakyat dan melemahkan semangat perlawanan rakyat, mau tidak mau menggunakan cara-cara pendekatan ideology, terutama adalah agama sebagai pelengkap kekuatan politiknya. Selain menggunakan agama Buddha, agama Tao juga digunakan, pada awalnya mendukung sekte Quanzhen, tapi saat menguasai wilayah Jiangnan,maka yang disokong adalah sekte Longhu dan membatasi kegiatan Quanzhen, hal ini dilakukan karena pengaruh keturunan Zhang Daoling di wilayah itu amat kuat.Selain masalah politik, orang Mongol yang pada umumnya beragama Shaman[1]yang memiliki banyak kesamaan dengan agama Tao.Karena itu saat Yuan Shizu ( Kubilai Khan ) menguasai daerah Jiangnan,keturunan Zhang Daoling dengan sekte Longhunya mendapatkan perlakukan istimewa. Mulai tahun 1276  Kubilai Khan hingga akhir dinasti Yuan, dari Zhang Zongyan keturunan Zhang Daoling ke 36 hingga Zhang Zhengyan keturunan ke 41 dari Zhang Daoling, setiap generasinya diberi gelar Tianshi ( guru langit ), Zhenren ( manusia sejati ) atau dazhenren ( manusia sejati yang agung ).Mereka yang diberi gelar Tianshi mendapat perintah kerajaan untuk mengatur dan mengurus berbagai sekte Tao di Jiangnan.Gelar anugrah tianshi ini adalah mahkota kemenangan yang berharga dan memiliki kekuasaan yang nyata. Dengan dukungan dinasti Yuan, maka sekte Longhu menguat dan menjadi berpengaruh besar terutama pada sekte-sekte fulu lainnya dan dengan demikianlah,keturunan tianshi secara alamiah menjadi pemimpin berbagai aliran fulu di Jiangnan, dan sekte Longhu juga menjadi inti dari dari berbagai sekte fulu lainnya. Ini adalah pembentukanpersiapan yangnantinya menjadi inti kepemimpinan sekte Zhengyi.

 

2. Sejak bergenerasi tianshi ( guru langit ) mendapatkan posisi yang penting dalam Taoisme, sekte Longho juga memperoleh syarat dan kondisi yang menguntungkanperkembangannya , membuat terbentuknya fondasi organisasi. Sesungguhnya, perkembangan sekte Longhu pada masa dinasti Yuan, tidak hanya melampaui perkembanganya di dinasti apapun, juga perkembangannya melampaui berbagai sekte ful lainnya.Selain gunung pusat yaitu gunung Longhu yang menjadi lebih jaya yang tidak pernah terjadi pada masa sebelumnya, skala perkembangan cabang-cabang Longhu juga sangat menonjol.Biara-biara Tao bertebaran di Jiangsu, Zejiang, Jiangxi, Hunan, Guangdong dan berbagai daerah lainnya juga di wilayah Beijing.Perkembangan organisasinya tidak dapat ditandingi oleh sekte fulu manapun, sehingga berbagai sekte fulu lainnya berkumpul dalam lingkup sekte Longhu yang menjadi persiapan pembentukan fondasi yang membentuk satu sekte besar yaitu sekte Zhengyi.

 

3. Semua aliran fulu 符箓[2] memiliki banyak kesamaan, baik dari segi keilmuan, doktrin,perbauran pemikiran mereka sejak awal sudah ada,sehingga memudahkan untuk saling menyerap dan menerima dalam segi organisasi menjadi semakin matang.Tapi pada masa dinasti Yuan, karena generasi Tianshi yang menjadi pemimpin berbagai aliran di agama Tao, hubungan antar sekte semakin sering,  hingga perbauran itu semakin meluas dan mendalam. Misalnya Wu Quanjie dari Xuanjiao belajar pada Lin Lingzhen dari sekte Donghua, juga belajar pada Lin Qi dari Nanzong.Zhao Siqi dari sekte Maoshan belajar pada Wang Shouyan dari Xuanjiao, Zhang Daogui, Ye Yunlai dari sekte Wudang Quanzhen belajar pada Huang Sunshen dari sekte Qingwei.Xu Yi dari sekte Jingming belajar pada Lan Daoyuan dari sekte Quanzhen dan masih banyak contoh lainnya.Saling belajar dan saling berbaurnya berbagai sekte fulu, menjadi syarat siapnya pembentukan sekte Zhengyi dari segi pemikiran.Pertukaran dan peleburan dari pemikiran dan ilmu ini, maju selangkah lagi yang membimbing berbagai aliran itu kembali dan menyatu.Misalnya sekte Taiyi, sekte Xuanjiao, Donghua, Qingwei selatan yang melebur dengan sekte Zhengyi, dan Qingwei utara melebur dengan sekte Quanzhen.Ini menunjukkan bahwa pada masa pertengahan dan akhir dynasty Yuan itu peleburan berbagai sekte fulu ke dalam sekte Zhengyi secara perlahan tapi pasti bergabung menjadi satu. Sebagai tandanya, pada tahun pemerintahan dade ke 8 kaisar Yuan Chengzong ( 1304 ), menganugrahkan Zhang Yucai tianshi generasi ke 38 menjadi “Zhengyi jiaozhu” 正一教主[3] , mendekralasikan  berdirinya sekte Zhengyi.

 

Ciri khas sekte Zhengyi adalah :

 

Pertama, semua keturuan Zhang Daoling menjadi pemimpin. Sejak tianshi ke 38 Zhang Yucai menjadi “Zhengyi jiaozhu”,jabatan ini dilanjutkan oleh keturunan tianshi. Walau penganugrahan gelar sebagai tianshi ini dihapuskan pada masa dinasti Ming dan Qing, nama Zhengyi jiaozhu juga bukan anugrah dari kaisar, tapi bagi umat-umatnya adalah hal yang wajar untuk tetap menjadikan keturunan Zhang Daoling sebagai pemimpin mereka.

 

Kedua, dari segi organisasi, karena terjadinya penggabungan itu asalnya dari berbagai sekte fulu baik yang lama maupun yang baru.Termasuk sekte Longhu, Maoshan, Gezao, Taiyi, Jingming, juga sekte Shenxiao, Qingwei, Donghua, Tianxin dan berbagai sekte kecil lainnya.Organisasinya lebih kendor.Setelah menjadi sekte besar, yang asalnya sekte kecil atau karena kurangnya pewaris kemudian melebur dalam sekte besar, pewarisan di sekte-sekte kecil tetap seperti dahulu, tapi menjadikan Tianshi sebagai yang utama.Misalnya sekte Longhu, Jingming, Qingwei dan lain-lain, hingga saat ini pewarisannya tidak terputus.

 

Ketiga, Kitab yang dihormati dan dijunjung bersama adalah kitab “Zhengyi jing”正一经, dengan ilmu utama adalah talisman, menjapa mantra,qirang zaijiao[4].

 

Keempat, Daoshi ( pendeta Tao ) boleh tidak tinggal di biara, boleh menikah dan memiliki keturunan[5], mereka ini disebut “huoju daoshi” 火居道士.Lingkup biaranya dibandingkan biara Quanzhen itu lebih kecil, sila dan aturannya juga tidak ketat.



[1]Ada kesalahan persepsi yang cukup mengganggu dengan arti kata shaman.Umumnya orang mengartikan shaman adalah dukun, tapi sesungguhnya itu adalah kepercayaan atau agama yang berkembang dari wilayah Manchuria hingga Mongolia dan dianut oleh banyak suku-suku diluar suku Han, misalnya orang Manzu, orang Tuqie, Mongol.Hingga kini agama ini tetap memiliki penganutnya.

[2]Aliran Zhengyi kadang disebut aliran fulu atau talisman.

[3] Jiaozhu : pendiri sekaligus juga pemimpin yang tertinggi

[4]Ritual untuk mendoakan agar negara tentram, bencana menyingkir, berdoa memohon berkah dan rahmat, menolak semua bencana, mengusir setan menaklukkan siluman demi ketentraman umat manusia.

[5]Hidup selibat dan tinggal di biara untuk daoshi aliran Zhengyi adalah pilhan bukan kewajiban.

Rate this item
(3 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3767-karakteristik-taoisme-sekte-zhengyi

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto