A+ A A-

Marga Cao ( Co )

  • Written by  Thng Liang Wu 汤亮羽& Liao King Hian 廖敬贤
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

CÁO [CO]

Mandarin: Cáo; Hokkian: Co;

Tiociu: Chao; Hakka: Chao; Konghu: Chou

Ejaan Hokkian lama di Indonesia: Tjo

Pusat leluhur: Qiaojun 谯郡

(Sekarang propinsi Anhui 安徽)

Nomor urut pada Tabel Utama: 11

Nomor urut pada Baijiaxing: 26

 

Cao [Co] 曹 merupakan sne yang mempunyai berbagai sumber, di antaranya:

  1. Merupakan keturunan langsung dari Kaisar Zhuan Xu [Cuan Hiok] 颛顼 zaman Wu Di [Ngou Te] 五帝 (Lima Kaisar). Seorang anak dari turunan Kaisar Zhuan Xu, Lu Zhong [Liok Ciong] 陆终, yang bernama An [An] 安, diangkat Zhou Wuwang [Ciu Bu Ong] 周武王 sebagai penguasa di Cao [Co] 曹.Setelah Cao dihancurkan oleh negara Chu [Chou] 楚, keturunannya menggunakan Cao [Co] 曹 sebagai sne.
  2. Adik Zhou Wuwang [Ciu Bu Ong] 周武王, anak Zhou Wenwang [Ciu Bun Ong] 周文王 yang bernama Shu Zhenduo [Siok Cin Tok] 叔振铎, diangkat sebagai raja muda di Cao [Co] 曹. Keturunannya menggunakan Cao sebagai sne.Sekarang Cao ada di wilayah propinsi Shandong [Snua Tang] 山东.
  3. Anak Liok Ciong yang bernama An diangkat menjadi raja muda di Zhu [Cu] 邾, bukan di Cao [Co] 曹.Setelah Zhu dihancurkan oleh negara Chu [Chou] 楚, keturunannya menggunakan sne Co. Kedengarannya memang agak aneh, sebab sumber lain menyebutkan keturunannya menggunakan sne Zhu [Cu] 朱, sebagaimana lazimnya menggunakan nama negara sebagai sne. Hal ini bisa kita tarik kesimpulan, bahwa sne Cao [Co] 曹 dan Zhu [Cu] 朱 merupakan keturunan dari orang yang sama. Dengan kata lain, sne Cao dan Zhu adalah satu keluarga.
  4. Orang-orang dari negara Cao [Co] 曹, yang terletak di Samarkand Uzbekistan sekarang, merupakan negara di bawah naungan Dinasti Tang [Tong] 唐.Penduduknya banyak yang datang dan menetap di Tiongkok kemudian menggunakan nama negaranya Cao sebagai sne.

Menurut catatan, banyak orang sne Cao pindah ke selatan pada akhir Dinasti Tang 唐.Penyebabnya sama dengan perpindahan sne yang lain, yaitu ketidakstabilan politik setelah Dinasti Tang ambruk.Lima Dinasti bergantian dalam kurun waktu hanya 53 tahun.

Orang sne Cao yang masuk ke propinsi Fujian [Hokkian] 福建 menyebar di segala tempat, tetapi konsentrasi yang besar di kota Zhangzhou [Ciang Ciu] 漳州.Dari kota inilah orang sne Cao bermigrasi ke Taiwan maupun Asia Tenggara.

Dalam sejarah, banyak orang sne Cao yang terkenal. Cao Can [Co Cham] 曹参 misalnya, adalah menteri besar Liu Bang [Lao Pang] 刘邦, pendiri Dinasti Han [Han] 汉. Ia membantu Liu Bang menaklukkan beberapa negara non-Han di Tiongkok utara. Jasanya terhadap Dinasti Han luar biasa besarnya.

Orang sne Cao lain adalah Cao Cao [Co Cho] 曹操. Orang yang mengenal sejarah Tiongkok tidak ada yang tidak mengenal nama ini. Ia seorang pejabat pada akhir Dinasti Han.Kemudian kerena kecerdikan dan intriknya, ia berhasil menanjak sampai posisi perdana menteri. Sebagai perdana menteri, praktis ia menguasai semua kekuatan di kerajaan, bahkan KaisarDinasti Han ditempatkan sebagai boneka yang tidak dapat berbuat apa-apa.Kemudian anaknya, Cao Pi [Co Phi] 曹丕, tidak tanggung-tanggung lagi menurunkan kaisar saat itu dan mengangkat dirinya menjadi kaisar. Dinasti Han [Han] 汉 diganti menjadi Dinasti Wei [Gui] 魏. Orang yang tidak puas dengan ini mendirikan negara Wu [Gou] 吴 di selatan dan negara Shu [Siok] 叔 di barat.Pecahlah Tiongkok menjadi tiga negara. Zaman ini disebut zaman Sanguo [Sam Kok] 三国 (zaman Tiga Negara, 220265). Ketiga negara ini berperang tidak ada habisnya. Akhirnya pada tahun 263, negara Shu hancur.Tahun 265, negara Wei dikudeta oleh jenderalnya dan mendirikan Dinasti Jin [Cin] 晋 (265420).Dan pada tahun 280, negara Wu ikut hancur. Tiongkok kembali bersatu di bawah Dinasti Jin.

Orang sne Cao terkenal lainnya adalah Cao Zhi [Co Sek] 曹植, seorang penyair kenamaan, anak Cao Cao [Co Cho] 曹操; Cao Song [Co Siong] 曹松, penyair zaman Tang [Tong] 唐; dan Cao Bin [Co Pin] 曹彬, jenderal kenamaan zaman Song [Song] 宋.Seorang sne Cao lain yang sangat terkenal adalah Cao Xueqin [Co Suat Khin] 曹雪芹, sastrawan zaman Qing [Ching] 清 yang mengarang buku berjudul “Honglou Meng” [Hong Lou Bong] 《红楼梦》 (Impian di Bilik Merah). Cerita ini sampai sekarang merupakan salah satu karya sastra besar dalam kebudayaan Tiongkok.

Di Indonesia ada Tjoo Tik Tjoen (Cao Dechong [Co Tek Chong] 曹德崇) yang terpilih sebagai anggota DPR pada tahun 19561964. Ia adalah seorang guru yang pernah mengajar di Sin Hwa 新华 Surabaya dan THHK (Tionghoa Hwe Koan, 中华会馆) Ampenan-Lombok. Kemudian ada Dr. Tjho Lian Sin (Cao Lianxin [Co Lian Sin] 曹联信) yang pada tahun 1960-an menjadi direktur RS Sumber Waras Jakarta, sebuah rumah sakit swasta yang didanai oleh perkumpulan Sin Ming Hui 新明会 Jakarta.Sne Cao di Tiongkok termasuk peringkat 32, di Taiwan termasuk peringkat 57.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cao Xueqin曹雪芹
Penulis buku Honglou Meng 《红楼梦》

Rate this item
(0 votes)
More in this category: « Marga Cao ( Co ) Marga CÉN [GIM] »
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3798-marga-cao-co

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto