A+ A A-

Marga Zou / Cou ( 鄒 )

  • Written by  Thng Liang Wu 汤亮羽& Liao King Hian 廖敬贤
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

ZŌU [COU]

邹 (鄒)

Mandarin: Zōu; Hokkian: Cou;

Tiociu: Cou; Hakka: Ceo, Konghu: Cau.

Ejaan Hokkian lama di Indonesia: Tjouw

Pusat leluhur: Fanyang 范阳 sekarang propinsi Hebei 河北

Nomor urut pada Tabel Utama: 270

Nomor urut pada Baijiaxing: 35

 

 

 

Sne Zou [Cou] 邹 mempunyai dua alur keturunan. Yang pertama adalah setelah Zhou Wuwang [Ciu Bu Ong] 周武王 menguasai Tiongkok dan mendirikan dinasti Zhou 周 [Ciu], ia mengangkat Cao Xie [Co Hiap] 曹挟 sebagai penguasa di Zhulou 邾娄. Daerah ini termasuk daerah wilayah negara Lu 鲁 [Low]. Nama ini kemudian hari oleh Lu Mugong [Low Bok Kong] 鲁穆公 diubah menjadi Zou [Cou] 邹. Negara Zou ini dihancurkan negara Chu [Chou] 楚 . Sebagian keturunan dari penguasa di sini menggunakan sne Zou [Cou] 邹, sebagian lagi sne Zhu [Cu] 朱. Jadi sne Zou dan sne Zhu adalah sekeluarga juga.

Yang kedua berasal dari negara Song [Song] 宋, juga di zaman Chunqiu [Chun Chiu] 春秋. Penguasa Song adalah keturunan penguasa dinasti Shang [Siang] 商 yang oleh Zhou Wuwang [Ciu Bu Ong] 周武王 diangkat menjadi penguasa di Song. Keturunan penguasa Song ini juga kemudian menggunakan sne Zou setelah berkuasa di tempat yang bernama Zou.

Kedua jalur sumber sne Zou ini sama-sama berasal dari zaman Chunqiu yaitu zaman Musim Semi dan Musim Gugur pada akhir dinasti Zhou [Ciu] 周.

 

Zou Rong 邹容
aktivis gerakan revolusi di akhir dinasti Qing

 

 

Orang sne Zou yang kenamaan zaman itu adalah Zou Ji [Cou Ki] 邹忌 dan Zou Yan [Cou Yan] 邹衍. Keduanya dari negara Qi [Ce] 齐. Zou Yan adalah utusan raja Qi yang sangat dihormati dan disegani oleh raja-raja negara lain, sedang Zou Ji adalah perdana menteri negara Qi.

Pada zaman Lima Dinasti 五代 sudah ada orang sne Zou yang pindah ke propinsi Fujian 福建 di Tiongkok Selatan.

Hampir tiap zaman muncul orang sne Zou kenamaan, di antaranya menteri setia Zou Hao [Cou Ho] 邹浩 zaman dinasti Song [Song] 宋; pendidik Zou Yuanbiao [Cou Guan Piu] 邹元彪 zaman dinasti dinasti Ming [Bing] 明; pelukis zaman Qing 清 Zou Gui [Cou Kui] 邹桂. Akhir dinasti Qing ada Zou Rong [Cou Yong] 邹容, seorang penulis dan aktivis gerakan revolusi yang menulis buku “Gemingjun” 《革命军》(Prajurit Revolusi). Di zaman modern ada Raymond Chow (Zou Wenhuai [Cou Bun Huai] 邹文怀) pendiri Golden Harvest (嘉禾娱乐有限公司) yang memproduksi film-film Box Office di Hongkong 香港.

Di Indonesia ada Zou Fangjin [Cou Hong Kim] 邹访今 seorang penulis yang menjadi editor koran Gong Sheng 《工声》 juga sebagai koresponden koran Sin Po 《新报》 edisi Mandarin dan koran Shenghuo Bao 《生活报》 di tahun 1950-1960-an, sebelum masa orde baru.

Orang sne Zou banyak bermukim di propinsi Fujian, Taiwan 台湾, maupun Guangdong 广东, karenanya di Indonesia orang sne Zou bisa termasuk orang Hokkian 福建, Hakka 客家 maupun Konghu 广府. Di Indonesia ada orang sne Zou yang menulis snenya menjadi Tjee. Sulit ditelusuri mengapa bisa terjadi perubahan bunyi demikian.

Sne Zou di Tiongkok daratan menduduki peringkat 67 dan di Taiwan peringkat 80.

Rate this item
(7 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3806-marga-zou-cou

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto