A+ A A-

Tatacara penulisan tablet arwah ( papan arwah/shenzhupai/lingwei/paiwei/shenwei)

  • Written by  Ardian Cangianto
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email
Tatacara penulisan tablet arwah ( papan arwah/shenzhupai/lingwei/paiwei/shenwei)
 
1. Penggunaan kata xian 先 dan xian 顯. Kata xian 先 digunakan jika anak punya ibu atau mertua dan sederajat bahkan kakek dan yang sederajat masih hidup maka digunakan kata 先考. Dan tidak boleh langsung menyebut nama ayah, setelah marga ditambah kata gong 公, sebelum nama ditambah kata hui 諱. Contoh almarhum marga X nama YZ maka ditulis seperti ini : 先考X 公諱 YZ 府君之 靈 (牌/神) 位. Fujun 府君 artinya adalah ayah.
Jika ayah dalam hal ini status kedudukan ayah itu tertinggi dlm generasinya jg tdk ada lagi yg lbh tinggi statusnya ( seperti kakek dsbnya) maka disini kedudukan ayah itu tertinggi dlm hirarki keluarga. Maka ditulisnya : 顯考 X 公諱 YZ . 府君之 靈 (牌/神) 位.
 
2.Anak membuat papan arwah untuk ibu juga sama aturanya seperti diatas. Jika ayah atau yang sederajat masih ada maka menggunakan kata xian 先. Contoh 先妣x母孺人閨名yz之牌位(神/靈). 孺人rurenartinya anak dimana maksudnya adalah ibu blm masuk keluarga besar suami ayah. Ini untuk penghormatan pada klan/marga ibu. Jika sudah tidak ada lagi yang sederajat dengan almarhumah atau lebih tinggi maka disebut xianbi 顯妣 bahkan didepan kata ruren ditambah kata tai 太. Contoh : 顯妣x母太孺人閨名yz之牌位.
 
3.Untuk cucu , jika ada kata xiankao 先考 maka dirubah menjadi 先考祖 sedangkan untuk 顯考 ditulis 顯考祖. Tapi hal ini bisa dilakukan jika orangtua sudah meninggal jika masih ada maka cucu sebenarnya tidak memiliki hak membuat papan arwah seperti ini.
 
4.Istri membuat papan arwah untuk suami. Jika tidak memiliki anak maka ditulis : 先夫X君之牌位(靈/神). Jika sudah memiliki anak maka ditulis : 先夫X公諱YZ君之牌位.
Jika suami ingin membuat papan arwah utk istri dan tidak memiliki anak maka ditulis : 先室A氏閨名CD之牌位. Dimana yang ditulis adalah marga istri . Jika ada anak maka ditulis 先室X母王氏閨名CD之牌位. Dimana X adalah marga suami dan kata 母 artinya sudah memberikan keturunan bagi marga X (atau ibu dari anak2 suaminya yg bermarga X ).
 
5.Kakak adik ( pria ). Adik menulis utk kakak adalah 先兄 YZ dan kakak bisa menulis 亡弟 YZ. Utk perempuan jie 姐 dan 妹 ini adalah utk mrk yang perempuan yang tdk menikah. Contoh : 先兄YZ 之牌位
 
6.Orangtua membuat utk anak bisa ditulis : 故兒X(marga )YZ(nama)之牌位 (putra) dan putri 故女XYZ之牌位
 
Catatan : biasanya ditulis pada sisi kiri adalah tahun meninggal 卒於 sedangkan pada sisi kanan ditulis 陽上 artinya yang hidup, nama dan status kemudian ditambah dengan sili 祀立 atau gongli 恭立. Ada juga yang menuliskan aula (kuil utama) marga, misalnya Qinghe tang utk marga Zhang, Xihetang utk marga lim.
Untuk sembayang leluhur bisa ditulis secara sederhana : Marga ayah dan ibu bisa disertakan dgn sejajar. Contoh : X A 氏門中列祖列宗之神位.
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3852-tatacara-penulisan-tablet-arwah-papan-arwah-shenzhupai-lingwei-paiwei-shenwei

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Tionghoa

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto