A+ A A-

Fa Zhu Gong - Dewa Hokkian

  • Written by  Ardian Zhang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email
Fa Zhu Gong adalah dewa yang terkenal di daerah Minnan 闽南 (Fujian 福建) dan Taiwan 台湾 . Pada awalnya beliau adalah sebuah dewa lokal di daerah An Xi 安溪. Di Taiwan sendiri ada sekitar dua puluah kelenteng yang dewa utamanya adalah Fa Zhu Gong. Fa Zhu Gong disebut juga Zhang Shengjun 张圣君, Zhang Gong Fazhu 张公法主 etc.
Fa Zhugong juga merupakan dewa Taoisme dimana para Taoist (terutama aliran ZhengYi 正一) turut menghormatinya. Para Taoist percaya kalau Fa Zhu Gong memiliki kesaktian luar biasa, di Taiwan orang yang mengalami kesulitan maupun penyakit yang sulit disembuhkan sering memohon pertolongan dari Fa Zhu Gong. Selain itu juga sering memohon agar nasibnya menjadi lebih baik, memohon berkah dan perlindungan dari Beliau.

Legenda yang berkaitan dengan diriNya ada beberapa, antara lain :

Tiga Bersaudara Dimasa Dinasti Song

Ketika itu di daerah Fujian, kota Yong Chun 永春州, Danau Sembilan Naga 九龙潭, Gua Sapi 牛洞 , ada seekor ular yang sudah berumur ribuan tahun menyerap energi matahari dan bulan, sehingga menjadi siluman ular. Siluman tersebut sering mencelakai rakyat daerah sekitarnya. Zhang bersaudara maju untuk membasmi ular siluman itu.

Saudara kedua Zhang itu masuk ke dalam gua tapi ia terkena asap racun ular tersebut, dalam kondisi yang membahayakan kakak pertama dan adik ketiga bersama-sama masuk ke dalam gua dan mengeluarkan kesaktiannya menaklukkan siluman ular.

Dan dalam sekejap mata Zhang bersaudara berubah menjadi asap hijau, dan menghilang tanpa bekas. Rakyat disekitarnya beranggapan bahwa Zhang bersaudara sudah naik ke langit dan menjadi dewa.

Untuk mengenang mereka, rakyat sekitarnya membangun kelenteng di gua ular itu untuk menghormati mereka dan menyebut Mereka adalah Fa Zhu Gong.

Mengumpani Buaya

Legenda lainnya menceritakan bahwa di bawah sungai jembatan kota Fu Zhou ada sebuah kelenteng sakti yang pintunya baru terbuka sekali dalam 3000 tahun.

Jika ada orang yang bisa masuk ke dalam kelenteng tersebut dan bersembahyang, bisa mendapatkan kesaktian luar biasa. Sayangnya di sungai itu terdapat banyak buaya sehingga tidak ada seorangpun yg berani turun ke sungai.

Seorang yang bermarga Zhang menggunakan daging anjing untuk mengumpani buaya tersebut. Buaya amat senang sekali dan menggunakan ekornya menulis 如山大法院 (Pengadilan besar laksana gunung ).

Rakyat sekitar beranggapan Fa Zhu Gong sudah mendapat kesaktian dewa, ketika Beliau meninggal membangun kelenteng untuk menghormatiNya.

 

 

 
Last modified onWednesday, 07 August 2013 03:46
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/39-fa-zhu-gong-dewa-hokkian

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto