A+ A A-

Museum Miho , Antara Puisi dan Arsitektur

  • Written by  Zhou Fuyuan
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Mihoko Koyama (1910-2003) , adalah salah satu wanita terkaya di Jepang dan pendiri dari sekte spiritual Shu Mei di tahun 1970. Mihoko kemudian menugaskan IM Pei untuk merancang sebuah museum untuk koleksi keluarga. Sebelumnya IM Pei terkenal dengan rancangannya Piramid Kaca di Museum Louvre dan juga Rock and Roll Hall di Cleveland , Ohio. Museum Miho ini kelak berkembang tidak sebatas koleksi keluarga tapi juga oleh berbagai koleksi internasional.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Museum Miho ini kebetulan juga bersetting disebuah lembah, dengan alam hijau yang indah. untuk menuju ke kompleks museum, Sang Arsitek sengaja memilih jalan berliku, tdk ingin pengunjung langsung melihat wujud keseluruhan museum. IM Pei sengaja mendisain sebuah lorong sbg jalan masuk, meniru jalan berliku "Tao Yuanming" ke Sumber Bunga persik. selepas keluar dari lorong tertutup. Kita juga belum bisa bertemu langsung dengan bangunan museum,  untuk menuju ke pintu masuk bangunan museum, pengunjung masih harus melintasi sebuah jembatan panjang yng sangat indah. jembatan ini membuat museum semakin "menepi", seperti pilihan hati Tao Yuanming untuk menjauhi dunia fana!

Tidak seperti umumnya bangunan museum yang besar, yang menonjolkan kekokohan massa dengan dinding tegak yang besar, banguan utama museum ini sebagian besar sengaja ditenggelamkan ke tanah, yang ditonjolkan hanyalah tebaran atap2 kecil, yang dibuat dari bahan metal plus kaca. sehingga dari jauh mirip kompleks pemukiman. Dari  kejauhan, pengunjung akan dapat melihat rangkaian atap timbul tenggelam  di tengah hijau pepohonan, persis spt suasana sumber bunga persik yg dilukiskan TaoYuanming.

桃花源记【晋·陶渊明】


晋太元中,武陵人捕鱼为业,缘溪行,忘路之远近。忽逢桃花林,夹岸数百步,中无杂树,芳草鲜美,落英缤纷;渔人甚异之。复前行,欲穷其林。林尽水源,便得一山。山有小口,仿佛若有光,便舍船,从口入。

初极狭,才通人;复行数十步,豁然开朗。土地平旷,屋舍俨然。有良田、美池、桑、竹之属,阡陌交通,鸡犬相闻。其中往来种作,男女衣着,悉如外人;黄发垂髫,并佁然自乐。见渔人,乃大惊,问所从来;具答之。便要还家,设酒、杀鸡、作食。村中闻有此人,咸来问讯。自云:先世避秦时乱,率妻子邑人来此绝境,不复出焉;遂与外人间隔。问今是何世?乃不知有汉,无论魏、晋!此人一一为具言所闻,皆叹惋。余人各复延至其家,皆出酒食,停数日,辞去。此中人语云:“不足为外人道。”

既出,得其船,便扶向路,处处志之。及郡下,诣太守,说如此。太守即遣人随其往,寻向所志,遂迷不复得路。南阳刘子骥,高尚士也,闻之,欣然规往,未果,寻病终。后遂无问津者。

[Sumber Foto : prattflora , 663highland, , "The interior and exterior view of main building of Miho museum 美秀美術館 in Japan. designed by I.M.Pei. 貝聿銘"]

Tao Yuanming adalah penyair besar dinasti Jin timur, yang terkenal dengan puisi sawah ladangnya. Berlainan dengan penyair lain yang memperlakukan alam sekedar obyek estetika, Tao Yuanming menjadikan alam sebagai pusat hidupnya.Ketika masih sangat muda dia mengundurkan diri dunia politik dan kemudian memilih  hidup penuh di alam pedesaan sebagai petani. Disamping puisi alamnya, dia terkenal dengan sebuah essay " Kisah Sumber Bunga Pesik", yang menghadirkan sebuah dunia legenda, dunia firdaus semacam Shangrila, sebuah dunia yg jauh dari keramaian dan pergolakan politik, di mana penghuninya hidup bersahaja menyatu dengan alam raya..   " Sumber Bunga Persik" ini tersembunyi di sebuah lembah, jalan masuknya susah ditemukan, seorang nelayan yang kebetulan nyasar masuk, setelah keluar berusaha untuk kembali, tapi tak pernah berhasil menemukan  jalannya.

Tao yuanming adalah penganut Dao (Taoisme) Laozi. Dalam seni, wujud seni dao adalah alami(natural tanpa polesan) dan kasar. Sangat berlainan dengan seni Chan/Zen, yang menonjolkan kemurnian bentuk/minimalis dan kehalusan. Jika dilihat dari watak arsitektur IM Pei yang suka bermain dengan pola-pola geometris . Sebenarnya style bangunan yang tampilkan tidak sepenuhnya sejalan dengan Dao-nya Tao yuanming. Namun juga belum bisa disebut Zen, karena masih kurang "minimalis".

Dalam dunia arsitektur, yang pantas disebut pakar Zen adalah arsitek jepang Tadao Ando. Sedangkan arsitektur Dao, menurut saya adalah gereja Posarang di Kediri dan sejumlah karya romo Mangun.

(Zhou FY)

Budaya-Tionghoa.Net |Mailing-List Budaya Tionghua

Catatan :

Tautan Internal :

  1. http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/55987
  2. http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/55999
Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/448-museum-miho--antara-puisi-dan-arsitektur

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto