A+ A A-

Qi Dalam Perspektif Qi Gong

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Sebelum membahas mengenai Qi dari sudut pandang Qigong, perlulah kiranya kita menyinggung dahulu sejarah senam pernafasan yang lazim disebut Qigong ini. Meskipun Chen Xiyi terkenal dengan pelatihan Qigong-nya, namun kitab Zhuang Zi sudah memasukkan unsur-unsur gerakan Qigong dan catatan Qigong tertua yang ada itu diukir di batu giok (Xing Qi Yu Pei Ming) pada jaman permulaan Warring State (Zhan Guo) sekitar abad keempat SM.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Qigong dalam perkembangannya itu dipengaruhi oleh pemikiran Taoisme. Qi dalam tubuh manusia dibagi menjadi tiga Qi (yang dibagi menjadi tiga macam bentuk tulisan yang berbeda-beda) :

  1. Yuan Qi yang diartikan menjadi Qi murni atau Dao Qi. Terdiri dari 2 karakter yaitu wu (sunyata) dan huo (api).
  2. Qi yang mana karakternya tidak memiliki tulisan mi (beras). Yang artinya adalah Qi yang berada di udara atau Tian/langit.
  3. Qi yang karakternya memiliki tulisan mi , yang artinya Qi yang berada di bumi atau makanan.

Taoisme membicarakan merawat Qi atau Yang Qi, dimana yang dimaksud adalah merawat atau memelihara Yuan Qi.

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN YUAN QI ?

Yuan Qi adalah Qi yang didapat oleh setiap manusia ketika berada dalam rahim alam semesta. Saat kita lahir, Yuan Qi ini bisa merosot , berkurang sesuai dengan perkembangan diri kita. Jadi dengan merawat Yuan Qi berarti kita turut menjaga diri. Yuan Qi ini tidak bisa ditambah melalui sistim respirasi/pernafasan atau juga makanan. Yuan Qi atau Zhen Qi (Qi yang murni) itu sering disebut juga zheng qi , hun yuan yi qi , atau hao ran zhi qi. Yuan Qi berasal ¨wu shang da dao,〃 atau Tao Agung yang tidak berbentuk dan tidak berwujud. Yin dan Yang tercakup didalamnya. Manusia bisa lahir karena adanya Qi yang terkumpul. Yuan Qi terbagi lagi sebagai berikut: Xiantianzhi Qi dan Houtianzhi Qi. Houtianzhi Qi ini terbagi lagi menjadi Tian Qi (Qi langit) dan Di Qi (Qi bumi).

Kegunaan Houtian Qi itu adalah hanya menjaga fungsi-fungsi tubuh agar tidak cepat merosot. Yuan Qi itu adalah salah satu bagian yang membawa manusia mencapai pencerahan. Posisi ru jing (memasuki keheningan/ kekosongan) di dalam meditasi merupakan salah satu usaha merawat Yuan Qi. Menjaga diri kita dari emosi-emosi juga termasuk merawat Yuan Qi. Kondisi (walau ini tidak dapat disebut kondisi) keheningan itulah yang bisa menambah Yuan Qi. Manusia adalah mikrokosmos dan alam adalah makrokosmos. Kondisi hening atau kosong ini yang bisa disebut ¨mikro adalah makro, makro adalah mikro〃 atau ¨isi kosong , kosong isi.〃

Dengan demikian hal ini tidaklah membicarakan mengenai menyerap Qi matahari, bulan, atau apapun. Karena Yuan Qi orang tsb sudah menjadi satu dengan Yuan Qi alam semesta. Apabila sudah menjadi satu apa lagi yang hendak diserap? Lebih jauh lagi, diyakini pula bahwa di dalam tubuh manusia sendiri terkandung Qi sebagai berikut: Ying Qi (bergerak dalam darah), Wei Qi (bergerak di permukaan kulit dan otot), dan Zhong Qi (diperoleh dari hasil makanan serta respirasi atau penyerapan dari alam), dan Yuan Qi (sudah dibahas panjang lebar di atas yang merupakan sumber kehidupan manusia, apabila buyar atau hilang maka manusia akan mati).

Taoisme juga mengajarkan mengenai tiga pusaka yang dimiliki manusia, yakni Jing , Qi dan Shen. Jing bisa dikatakan adalah unsur pembentuk tubuh atau unsur asal muasal kehidupan. Jing dalam kehidupan manusia tidak henti-hentinya menghilang. Respirasi, makanan, dan minuman bisa menambah Jing dan dari situ kehidupan bisa dipertahankan. Kita semua mengetahui bahwa setiap hari ada sel-sel tubuh kita yang mati dan tercipta kembali.

Pernafasan (penyerapan oksigen), makanan, dan minuman, diperlukan agar proses regenerasi sel ini dapat terus berlangsung. Qi atau Yuan Qi , adalah penggerak kehidupan ini. Jika Qi habis , maka Jing pun tidak bisa dipertahankan lagi keberadaannya. Seperti komputer yang memerlukan listrik agar dapat bekerja.

Tujuan utama Qigong adalah untuk memelihara apa yang disebut Yuan Qi ini. Shen atau sering diartikan sebagai ¨semangat/ roh〃 dan bahkan ¨dewa.〃 ini, dapat dikatakan sebagai manifestasi dari Jing dan Qi. Lidah dapat mengecap rasa, mulut dapat berkata, dan kuping dapat mendengarsuara, ini disebabkan oleh Shen. Shen sendiri adalah gabungan dari Yuan Shen/ Xiantian Shen dan Houtian Shen. Secara sederhana Shen dapat dianalogikan dengan software (perangkat lunak) komputer.

Tiga kesatuan pembentuk tubuh atau manusia ini harus seimbang. Jing bisa diartikan tempat Shen bersemayam atau rumah Shen. Apabila Jing rusak maka Shen juga ikut rusak. Banyak orang gila didunia ini, para psikolog dan psikiater sedang mencari solusi mengatasi hal-hal tersebut, dan ternyata memang ada yang tidak beres dalam otak atau tubuhnya.


Pepatah mengatakan bahwa "melatih Jing untuk dirubah menjadi Qi, melatih Qi untuk diubah menjadi Shen , melatih Shen utk kembali pada kekosongan." Secara spesifik metode ini disebut 3 hun dan 7 po. Dimana 3 hun itulah yang disebut sebagai pilar menuju kesempurnaan atau meraih Dao dan 7 po adalah anasir bumi yang dibuang oleh mereka yang hendak meraih kesunyataan/ kesempurnaan.

(Xuan Tong ,16134 )

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onThursday, 13 September 2012 08:29
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/472-qi-dalam-perspektif-qi-gong

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto