A+ A A-

Korelasi Bahasa Jepang Dengan Bahasa Minnan

  • Written by  King Hian
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Bahasa Jepang memang termasuk rumpun Altaic, sedangkan bahasa Mandarin berserta dialeknya termasuk dalam  rumpun bahasa  Sino-Tibetan. Jadi secara struktur kedua bahasa ini berbeda cukup jauh.

 

Pertanyaan

Kenapa banyak bunyi bahasa Jepang yang mirip dengan bahasa Tiociu? .

Alasannya adalah karena bahasa Jepang menyerap kosa kata bahasa Tionghoa, yang terutama  terjadi secara besar-besaran pada masa dinasti Tang. Di duga, bahasa yang dipakai pada pada masa dinasti Tang mirip dengan bahasa Minnan  (bahasa Hokkian dan Tiociu) sekarang.

Karena itu banyak bunyi bahasa Jepang yang mirip dengan bahasa Minnan. Ada dua macam pengucapan bahasa Jepang yaitu Onyomi dan Kunyomi.

Secara sederhana , kunyomi adalah pengucapan menurut bahasa  asli Jepang, dan Onyomi adalah pengucapan menurut bahasa Tionghoa (yang mirip dengan bahasa Minnan lafal wenyan).

Kunyomi Onyomi Hokkian Tiociu Arti
Hito Jin Jin Jing Orang
Yama San San San Gunung
Aza Ji Ji Ji Huruf
Shita Ka Ha Ha Bawah
Itutsu Go Gou Ngou Lima


Kemudian, masalah banyaknya huruf Kanji yang sama dengan huruf Tionghoa. Hal ini tidak berhubungan dengan kelompok/rumpun bahasa. Pemilihan huruf adalah sistem penulisan yang bisa dilakukan untuk bahasa manapun.

Huruf Kanji bahasa Jepang bisa ditulis dengan huruf hiragana, juga bisa dengan huruf Latin. Seperti bahasa Indonesia yang bisa ditulis dengan huruf Arab dan huruf Latin. Bukan berarti bahasa Indonesia satu kelompok dengan bahasa Arab atau bahasa Latin.

salam,
King Hian

Budaya-Tionghoa.Net |Mailing List Budaya Tionghua

Last modified onMonday, 29 July 2013 14:20
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/480-korelasi-bahasa-jepang-dengan-bahasa-minnan

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto