A+ A A-

Apakah Leluhur Minahasa Berasal Dari Dinasti Han ?

  • Written by  Andreas Mihardja
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Ada pendapat bahwa leluhur orang Minahasa (Sulawesi Utara yang lebih dikenal dengan Orang Manado) berasal dari Tiongkok dari masa Dinasti Han. Saya kira ini pikiran tidak masuk akal.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Dipermulaan 1900 ada suatu penyelidikan sosiologi oleh ahli2 dari negara Belanda yang beberapa buku dan laporan mereka diterbitkan di Belanda.

Mereka menyelidiki suku-suku yang berada di wilayah  Indonesia , Malaysia dan Filipina. Kemudian dalam laporan ilmiah mereka pun sudah meramalkan kesulitan antara kaum Muslim dan Kristen di Philipina pada permulaan abad ke 20.

Suku Dayak, suku Menado adalah termasuk suku Melayu. Mayoritas dari genetik mereka adalah Melayu yang dapat ditemukan diseluruh Asia Tenggara. Tergantung dengan pembauran mereka - memang bisa ada influx dari suku Melayu di Kalimantan atau dari Filipina Selatan tetapi adanya suku Han yang menduduki daerah ini adalah far fetch dan tidak masuk akal.

Memang darah suku Han dapat diketemukan diseluruh Asia Tengara tetapi ini hanya sedikit. Menurut ilmu pengetahuan population genetik darah ini dapat kita ketemukan diseluruh Asia tetapi ini tidak berarti mereka adalah suku Han.

Menurut perhubungan ekonomi daerah Minahasa tidak merupakan suatu daerah yang mempunyai banyak kekayaan alam atau kekayaan pertanian. Dengan perkataan lain bukan daerah yang menarik untuk  perdagangan international.

Saya kira dari berbagai peninggalan dan bukti di hubungan perdagangan saja sulit diketemukan. Jadi menurut penyelidikan yang dilakukan hasil pertanyaan akan nihil. Ingin tanya darimana asalnya info mengenai influx suku Han didaerah Minahasa ini?

Apakah yang bertanya atau yang memberikan pemikiran ini sudah mendatangi daerah Minahasa ini dan membaur dengan suku-suku disana? Saya kira jikalau sudah membaur didaerah ini pertanyaan tersebut tidak bakal dibicarakan.

Fenotip suku Minahasa lebih sesuai dgn suku-suku Pasifik dari pada dengan suku-suku didaerah Indochina [daerah influx darah genetik suku Han]

Suku Menado lebih membaur dengan suku-suku yang berasal dari Indonesia Timur daripada dengan  Asia Tenggara. Kemungkinan ada pembauran dengan suku-suku di Filipina saja sudah tipis.

Samudera Pasifik tidak mudah dilewati tanpa kesulitan. Yang sanggup mengatasi samudera Pacifik hanya sedikit suku-suku yang mempunyai pengetahuan navigasi di samudera Pacifik.

Ini hanya dimiliki suku-suku Austronesia suku perantau lautan. Suku bahasanya adalah sama, genetik sama dan phenotype sama. --- silahkan bandingkan sendiri. Silahkan bandingkan suku-suku di Micronesia, Melanesia dan dengan suku Sulawesi ini.

Andreas Mihardja

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua 24998

Last modified onTuesday, 18 September 2012 12:10
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/483-apakah-leluhur-minahasa-berasal-dari-dinasti-han-

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto