A+ A A-

Syair Tujuh Langkah Dan Suksesor Cao Cao

  • Written by  Henyung
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Kisah ini berasal dari roman sejarah Tiga Kerajaan . Dikisahkan bahwa Cao Zhi adalah putra Cao Cao yang paling berbakat di bidang sastra dan merupakan putra kesayangan Cao Cao. Awalnya kekuasaan Cao Cao akan diwariskan kepada dia, akan tetapi karena tidak berdisiplin, suka bermabuk-mabukan, akhirnya kekuasaan diwariskan ke Cao Pi.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Saat pemakaman Cao Cao, Cao Zhi bahkan tidak hadir dikarenakan terlalu mabuk. Hal ini menyebabkan Cao Pi murka dan memanggil Cao Zhi menghadap untuk dihukum mati. Hal ini kemudian didengar oleh ibu mereka, permaisuri Bian, yang memohon Cao Pi untuk mengampuni saudaranya sendiri.

[Foto Ilustrasi : Sebuah lukisan tentang Cao Zhi dari masa dinasti Qing , Public Domain]

Cao Pi menyetujui untuk mengampuni Cao Zhi, tetapi Hua Xin 華歆 pejabat berpangkat menteri negara ý, mengusulkan agar kemampuan sastra Cao Zhi diuji sebagai syarat pengampunannya.

Ketika Cao Zhi menghadap, Cao Pi memerintahkannya untuk membuat sebuah puisi dalam tujuh langkah dengan menggunakan tema lukisan di dinding. Lukisan itu berupa dua banteng sedang berkelahi dan salah satunya hampir jatuh ke dalam sumur. Cao Zhi kemudian berhasil merangkai sebuah puisi bertemakan lukisan itu dalam tujuh langkah.

Akan tetapi Cao Pi tidak puas dan memerintahkan Cao Zhi di saat itu juga untuk membuat sebuah puisi bertemakan persaudaraan mereka tanpa menggunakan kata (dalam hal ini huruf) saudara. Dan mengalirkan puisi seperti yang di bawah. Puisi itu membuat Cao Pi terharu menangis dan memberikan pengampunan terhadap Cao Zhi, yang hanya diasingkan ke luar dari pusat kekuasaan.

Kisah ini terdapat dalam San Guo Yan Yi yang lebih bersifat romanisasi fakta sejarah, karena mengandung unsur-unsur fiksi. Di dalam San Guo Zhi yang disimpulkan lebih mengandung fakta sejarah, kisah Puisi Tujuh Langkah ini tidak tercatat. Namun puisi tujuh langkah ini (七步詩) terdapat dalam Chen Si Wang Ji 陳思王集, sebuah buku himpunan karya sastra dinasi Ming. Puisi tujuh langkah dalam buku itu (enam baris) memiliki perbedaan dengan puisi tujuh langkah yang ada dalam San Guo Yan Yi (empat baris).

Demikian yang  saya ingat, kalau ada yang salah mohon dikoreksi.

Hormat saya,
Yongde 23757

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing List Budaya Tionghua

Last modified onThursday, 20 September 2012 20:04
Rate this item
(2 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/487-syair-tujuh-langkah-dan-suksesor-cao-cao

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto