A+ A A-

Marga Wu : ( Goh / Go / Ng )

  • Written by  Rinto Jiang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Alena Wu

Budaya-Tionghoa.Net | Marga Wu2 (Mandarin) = Go /Goh (Hokkian) = Ng (Canton) adalah marga yang telah sangat tua sejarahnya. Marga ini telah ada tercatat sebelum zaman Dinasti Xia di zamannya Kaisar Shun4 (abad 23 SM).

 

Dikisahkan, keturunan Kaisar Shun ada yang berkuasa di daerah Yu dan dikarenakan Yu bernada hampir sama dengan Wu, maka keturunannya itu kemudian ada yang bermarga Wu.

Ada pula marga Wu yang berasal dari keturunan Raja Dinasti Zhou bermarga Ji. Gu-gong Dan-fu adalah kakek dari pendiri Dinasti Zhou (Zhou Wen-wang) mempunyai 3 anak, Tai Bo, Zhong Yung dan Ji Li.

Karena Gu-gong Dan-fu menginginkan cucunya Ji Chang (yang nantinya bertahta dengan gelar Zhou Wen-wang) meneruskan tahtanya, maka kedua anaknya yang lain, Tai Bo dan Zhong Yung kemudian setuju dengan keputusan ayah mereka untuk menjadikan Ji Li sebagai penerusnya untuk kemudian meneruskannya kepada Ji Chang.

Kedua bersaudara tadi kemudian mencari daerah baru ke selatan (Jiang Nan) dan mendirikan negara Wu (sekarang di propinsi Jiangsu). Keturunan mereka kemudian mengambil nama negara sebagai marga merek


FIGUR

Tokoh-tokoh yang terkenal dari marga ini seperti Wu Qi, seorang ahli perang dari zaman Negara Berperang dan Wu Cheng-en yang menulis novel klasik Xi You Ji (Perjalanan ke Barat) dari zaman Dinasti Ming. Di zaman sekarang ini ada PM Singapura, Goh Chok-tong atau Wu Zuo-dong (mandarin).

Daftar sample tokoh-tokoh bermarga Wu berdasarkan urutan masa kelahiran dari yang paling awal .

  1. Wu Qi (吴起) : Seorang ahli perang dari zaman negara berperang (440-381 BC)
  2. Wu Cheng-en (吴承恩) : Penulis novel klasik Xiyouji (Perjalanan Ke Barat) dari zaman dinasti Ming. ca. 1500–1582 /  1505–1580
  3. Wu Shangui (吳三桂) terlahir pada tahun 1612 dan wafat pada bulan Oktober 1678 . Dia merupakan seorang tokoh militer yang berkolaborasi dengan Manchu sehingga orang-orang Manchu bisa berkuasa di Tiongkok dan mendirikan dinasti Qing. Wu Shangui dianggap penghianat (han jian) dan muncul dalam berbagai budaya populer contohnya dalam kisah Pangeran Menjangan
  4. Wu Xun (1838-1896) : Orang miskin yang menjadi pahlawan pendidikan.
  5. Gouw Giok Siong (Prof. Dr. Sudargo Gautama SH ) merupakan seorang pakar hukum . Dia dilahirkan di Jakarta pada tahun 1928.
  6. Wu Zuodong (吴作栋) terlahir 20 May 1941 dan merupakan seorang Perdana Mentri Singapura yang lebih dikenal dalam nama dialek Goh Chok Tong
  7. ......Tunggu update berikutnya.
  8. Wu Huili (Alena Wu) terlahir pada tahun 1981 dan merupakan seorang penyanyi Indonesia jebolan Asia Bagus tahun 2000.
  9. ............tunggu update berikutnya

 

Rinto Jiang et al

Last modified onMonday, 29 July 2013 20:00
Rate this item
(9 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/5-marga-wu-goh-go-ng

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto