A+ A A-

Lambang Naga Dalam Mitologi Tiongkok

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Naga dalam mitologi orang Tionghoa pada jaman purba mungkin disebabkan oleh empat proses . Diantaranya , totem ikan dan ular dimana pada masa lampau suku-suku yang nantinya menjadi bangsa Tionghoa yang sekarang ini memiliki totem- totem binatang sebagai lambang suku mereka. Ini yang menjadi cikal bakal lahirnya model naga dan burung Phoenix.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Proses lainnya terjadi pada masa dinasti Shang dan dinasti Zhou , naga dan burung phoenix mengalami perubahan. Di masa warring state , Naga dan Phoenix mulai digambarkan berada di awan dan menguasai air. Dan imaji Naga menjadi apa yang kita sekarang ini terjadi pada masa Dinasti Tang.

Walau demikian , ada orang yang beranggapan bahwa Naga dan Phoenix berasal dari buaya serta burung merak. Tapi ini sulit diterima secara umum.

Secara mitos , Naga dikatakan adalah gabungan dari sembilan binatang yang merupakan totem dari sembilan suku yang berhasil disatukan oleh Xuan Yuan atau Huang Di. Karena faktor itu juga terkadang orang Tionghoa sering disebut generasi pewaris naga.

Perbedaan mitos antara Timur dengan Barat membuat ada yang beranggapan bahwa naga itu adalah lambang iblis. Tentunya kita harus menghargai perbedaan pandangan itu tapi juga harus menghargai perbedaan pandangan bukan langsung serta merta mencap naga orang Tionghoa adalah iblis.

Kilin atau Qilin bisa disebut kuda naga yang merupakan binatang suci terutama bagi orang yang beragama Khonghucu. Karena mereka percaya binatang ini hanya tampak ketika orang-orang suci lahir ke dunia.


Khayalan atau bukan , bukanlah hak kita menilai. Yang penting adalah kita harus memahami makna dibalik simbol dan mitos itu.

Xuan Tong

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing List Budaya Tionghua

Last modified onSaturday, 29 September 2012 05:16
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/517-lambang-naga-dalam-mitologi-tiongkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto