A+ A A-

Empat Wanita Cantik [3] - Diao Chan

  • Written by  Henyung
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Diao Chan dikisahkan lahir sekitar tahun 169 CE . Masa dimana Dinasti Han sudah menjelang berakhir dan memasuki periode Tiga Negara atau Samkok.  Dikatakan kecantikan Diao Chan dapat membuat awan-awan menutupi bulan purnama. Maksudnya kecantikan Diao Chan menutupi kecantikan bulan purnama. Diao Chan bersama  Yang Guifei , Xi Shi , Wang Zhaojun   adalah salah satu dari empat wanita tercantik di sejarah Tiongkok , Si Da Mei Ren.

 

Artikel Terkait:

{module [201]}

Diao Chan adalah pelayan Wang Yun yang telah dianggap seperti anak kandung sendiri. Wang Yun lalu memakai siasat wanita cantik dengan persetujuan Diao Chan sendiri untuk memecah belah Dong Zhuo yang saat itu berkuasa sewenang-wenang dengan Lu Bu, panglima andalan sekaligus anak angkat Dong Zhuo snediri. Secara lengkap, kisah Diao Chan diceritakan dalam San Guo Yan Yi.

[Photo Ilustrasi : Lukisan Diao Chan dari masa Dinasti Qing , Sumber : http://members.shaw.ca/jiuwan4/DiaoChan.jp]

Nama Diao Chan sendiri tidak tercatat di dalam sejarah tertulis dan sangat mungkin merupakan cerita rakyat yang dibakukan dalam novel San Guo Yan Yi hasil karya Luo Guanzhong. Dalam sejarah tertulis memang tercatat bahwa Lu Bu memiliki hubungan perselingkuhan dengan pelayan Dong Zhuo, namun tidak ada bukti bahwa nama pelayan itu Diao Chan. Bahkan sangat mungkin tidak, karena nama "Diao" tidak umum dipakai sebagai nama keluarga. Lagipula "Diao Chan" mungkin merujuk ke bulu ekor "Diao" / sable (sejenis musang yang bulunya sering dijadikan perlengkapan pakaian) dan dekorasi giok berbentuk "Chan" / cicada (jengkerik / tenggerek) yang merupakan hiasan topi pejabat era Han.

Henyung

Disarikan Dari Berbagai Sumber

 

Last modified onSaturday, 29 September 2012 17:53
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/526-empat-wanita-cantik-3-diao-chan

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto