A+ A A-

Empat Wanita Cantik [4] - Yang Guifei

  • Written by  Henyung
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Yang Yuhuan atau lebih dikenal sebagai Yang Guifei dilahirkan pada 1 Juni 719 di masa dinasti Tang.   Yang Guifei (Guifei adalah gelar kehormatan selir, setingkat di bawah permaisuri) terlahir dengan nama Yang Yuhuan di provinsi Shaanxi. Yang Guifei dikatakan memiliki wajah yang akan membuat bunga-bunga malu.

Artikel Terkait:

{module [201]}

 Pada usia 16 tahun Yang Yuhuan menikah dengan putra kaisar Xuanzong (Li Longzi), pangeran Shou, Li Mei yang berusia sama. Yang Guifei , Xi Shi , Wang Zhaojun dan Diao Chan  adalah salah satu dari empat wanita tercantik di sejarah Tiongkok , Si Da Mei Ren.

Tiga tahun setelah kematian selir kesayangan kaisar Xuanzong, Wu Huifei, kasim kepala istana Gao Lishi mempertemukan kaisar Xuanzong dengan Yang Yuhuan di istana air mancur Xingwen. Terpesona olehnya, kaisar Xuanzong memaksa Yang Yuhuan bercerai dengan pangeran Shou, dan menjadi biarawati dengan nama Taizhen dan tinggal di istana Taizhen. Lima tahun kemudian pangeran Shou (Li Mei) dinikahkan dengan wanita lain dan Taizhen / Yang Yuhuan diangkat menjadi selir dengan gelar Yang Guifei.

Dengan segera Yang Guifei menjadi selir kesayangan kaisar Xuanzong. Keluarga Yang kemudian menempati berbagai posisi penting dalam pemerintahan. Kaisar Xuanzong juga memanjakan Yang Guifei dengan membentuk jaringan kurir kuda cepat untuk pengiriman buah kesukaan Yang Guifei, buah Lychee, dari Guangdong (beberapa pendapat mengatakan dari Sichuan.

Karena terpesona dengan Yang Guifei, kaisar Xuanzong mengabaikan urusan pemerintahan negara. Akibatnya, kerajaan Tang yang mencapai puncak kejayaannya di pemerintahan kaisar Xuanzong merosot ditangannya sendiri pula. Di sana-sini muncul pemberontakan, salah satu pemberontakan yang paling hebat adalah pemberontakan Anshi yang dipimpin An Lushan.

Pemberontakan ini bahkan sempat menguasai ibukota kerajaan Chang'an. Kaisar Xuanzong dan segenap jajaran pemerintahan kemudian melarikan diri ke Chengdu, Sichuan. Di tengah perjalanan, di Shaanxi, pasukan pengawal memberontak dan menuntut kematian sepupu Yang Guifei, Yang Guozhong, karena mereka menanggap keluarga Yang lah yang menyebabkan kemunduran kerajaan Tang dan menimbulkan pemberontakan.

Setelah kematian Yang Guozhong, tentara-tentara tersebut masih tidak puas dan menuntut kematian Yang Guifei juga. Akhirnya Yang Guifei gantung diri atau digantung oleh Guo Lishi untuk meredakan kemarahan pasukan pengawal. Hal ini terjadi pada 15 Juli tahun 756 M. 

Tahun berikutnya, kaisar Xuanzong bermaksud mengambil jenazah Yang Guifei untuk dimakamkan secara layak tetapi tidak berhasil menemukannya. Dalam mitos rakyat jepang, Yang Guifei berhasil diselamatkan, melarikan diri ke jepang, dan hidup mengasingkan diri di sana.

Yang Guifei dikenal memiliki berat badan yang sedikit berlebih / montok tetapi tidak kegemukan, yang pada masa itu dianggap cantik. Dia juga dikenal memiliki bau badan yang tidak sedap, karenanya dia membuat kolam-kolam pemandian dan terkenal menciptakan bedak wangi.

Henyung

Disarikan Dari Berbagai Sumber

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

PHOTO :
[1] Artist Ch'ien Hsüan, or Qian Xuan ,
Source/Photographer The Yorck Project: 10.000 Meisterwerke der Malerei. DVD-ROM, 2002. ISBN 3936122202. Distributed by DIRECTMEDIA Publishing GmbH.

[2] Photo Ilustrasi : Karya Liu Luyi , 2001 , This file is licensed under the Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported license ,

 

Last modified onSaturday, 29 September 2012 17:27
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/527-empat-wanita-cantik-4-yang-guifei

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto