A+ A A-

Kontributor

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email
Terimakasih sudah berkunjung di Budaya-Tionghoa.Net (selanjutnya akan disebut BT), situs yang memuat tulisan seputar Budaya dan Sejarah Tionghoa yang dikelola oleh  Mailinglist Budaya Tionghoa (selanjutnya akan disebut 'admin' atau 'moderator').

KONTRIBUTOR

Kontributor utama kami adalah moderator , admin dan member Mailinglist Budaya Tionghua dan Facebook Group Budaya Tionghoa atas dasar tujuan positif untuk membaca , menulis , berbicara , berdiskusi , berbagi dalam kekerabatan kata demi tujuan positif mengembangkan diri sendiri , berbagi informasi pada  masyarakat dan juga bagian dari perkembangan Budaya Tionghua / Tionghoa . Kontributor lainnya adalah individu di lingkup eksternal yang bersedia menyumbangkan konten untuk situs ini.

TANTANGAN BUDAYA

Segelintir masyarakat atau diantara kita sering berkeluh kesah , menyampaikan ketidakpuasan , merayakan kejayaan ataupun suramnya masa lampau yang sama-sama dekonstruktif , tetapi tidak berbuat apa-apa untuk merubah keadaan. Segelintir masyarakat atau diantara kita lebih suka menghambur-hamburkan waktu untuk debat kusir yang tidak berujung , tanpa ada usaha menambah informasi pada dirinya apalagi usaha untuk tujuan yang lebih mulia , berbagi pengetahuan kepada sesama.

MENJADI PARTISIPAN

Menjadi partisipan bisa dengan berbagai cara.

  1. Menulis , sharing informasi , menyampaikan opini , fotografi , menyadur atau mengkaji kekayaan buku yang dimilikinya dan kemudian disampaikan melalui media mailinglist , forum , website. Untuk itu anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu kepada forum mana yang lebih anda rasakan cocok. Materi yang kami nilai layak akan dengan sendirinya dimuat dalam SITUS.
  2. Membantu menyampaikan atau menyebarluaskan apa yang berada pada SITUS ke masyarakat luas dengan melakukan bookmarking pada berbagai media seperti facebook , twitter. Dengan melakukan hal ini saja anda sudah ikut berkontribusi.
  3. Memulai suatu diskusi yang baik dalam forum atau mailinglist dengan bersandar pada etika berdiskusi sebagai masyarakat yang berbudaya. Diskusi yang baik akan menghasilkan pencerahan  . Ketidaktahuan akan sesuatu akan menghasilkan pertanyaan yang baik , relevan yang kemudian akan memancing reaksi berantai berupa jawaban yang baik.
  4. Kekayaan buku, jurnal , dokumen , arsip  yang dimiliki masing-masing individu juga bisa dishare dalam bentuk nukilan , catatan kaki , ringkasan , kesimpulan yang berikutnya akan memudahkan kita semua yang hendak memperdalam suatu topik.
  5. Ikut serta dalam beberapa acara yang diselenggarakan BT di lapangan. Interaksi secara langsung akan menjalin keakraban yang melahirkan kerjasama atas nama budaya lebih baik lagi dimasa depan.

MENJADI KONTRIBUTOR

Jika punya hasrat dan minat yang sama dan merasa punya pengetahuan dalam satu topik tertentu di bidang  budaya dan sejarah Tionghoa tertentu akan lebih baik bergabung bersama-sama daripada bergerak sendiri-sendiri. Semakin banyak yang terlibat akan semakin lengkap mengingat sedemikian kompleks dan luasnya cakupan budaya dan sejarah Tionghoa yang sudah berusia ribuan tahun ini.

PEDOMAN PENULISAN

  1. BT menentang keras aksi plagiat. Karya tulis sendiri . Jangan mengakui tulisan orang lain sebagai karyamu sendiri karena hal ini bertentangan dengan semangat budaya. Jika merupakan terjemahan bahasa asing maka penulis atau sumber aslinya harus dicantumkan dan si penerjemah hanya bisa mencantumkan karyanya sebagai terjemahan. Tulisan yang diketahui plagiat akan dihapus dari web maupun facebook group.
  2. Terkadang ada penulis yang tidak aktif didunia mayaAnda bisa menyodorkan karya tulis orang lain dengan ijin dan sepengetahuan si penulisnya.
  3. Tulisan dengan referensi dianjurkan untuk menambah kredibilitas tulisan. Semakin banyak referensi semakin baik dan akan membantu pembaca yang sedang mendalami suatu topik untuk mencari referensi terkait. Tidak disarankan menggunakan rujukan wikipedia , sebaiknya gunakan rujukan buku-buku maupun surat kabar / media yang punya kredibilitas. Tidak disarankan menggunakan rujukan blog terkecuali anda yakin blog tersebut bukan blog plagiat . karena hampir sebagian besar blogger itu melakukan praktek copas sehingga asal usul tulisannya tidak jelas.
  4. Tulisan tanpa referensi juga tidak masalah selama fakta-fakta yang ditulis cukup memadai. Sebagai contoh ada senior yang memang berpengetahuan luas hasil dari pengalamannya yang panjang dan informasinya bisa dipercaya. 
  5. Tulisan cukup panjang untuk menjadi artikel dan sebaiknya disertakan juga foto ilustrasi.
  6. Foto ilustrasi harus menyertakan sumber fotonya terkecuali materi2 foto yang sudah public domain atau foto-foto umum seperti poster film , cover buku dan sebagainya.
  7. Tulisan berkisar pada topik budaya dan sejarah Tionghoa yang kategori2nya bisa anda lihat di halaman muka web.
  8. Tulisan jangan melanggar masalah SARA .
  9. BT tidak berafiliasi pada golongan manapun dan jangan mengirimkan / menulis tulisan propaganda dan promosi diri .

PENGIRIMAN TULISAN

  1. Mengirim tulisan langsung ke admin web This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan admin web akan memindahkan ke web.
  2. Memasukkan dan menyunting sendiri ke web . Untuk ini seorang member biasa harus mengirim email ke admin web untuk dinaikkan statusnya menjadi AUTHOR agar bisa menyunting langsung di web. Tulisan tidak otomatis langsung terpublish .
  3. Untuk member baru tulisannya  akan dikaji oleh team admin dan moderator. Team Admin berhak menambahkan atau mengkoreksi jika dirasa perlu. 
  4. Situs BT adalah nirlaba berdasarkan prinsip kerja sukarelawan . Jadi yakinkan dulu sebelum menulis dan mengirim tulisan apa anda menulis dengan sukarela untuk berbagi pengetahuan dengan masyarakat.

Hormat Kami

Admin & Moderator

Last modified onFriday, 01 February 2013 03:18
Rate this item
(0 votes)
More in this category: « Tentang Kami Tentang Kami »
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/530-kontributor

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto