A+ A A-

Film "Kungfu Wing Chun" - Kisah Pendekar Wanita Pendiri Aliran Wing Chun

  • Written by  Bentara
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Kemunculan film "Kungfu Wing Chun" [2010]  yang sedikit bernuansa komedi ini seperti terus menelusuri aliran ini dalam berbagai film.Dimulai dari Bruce Lee [1940-1973] yang meraih popularitas dunia. Lee menjadi legenda dalam umurnya yang singkat. Dan kemudian menyusul figur sang guru dari Bruce Lee , Yip Man [1893-1972] diangkat kedalam beberapa sekuel film semi biografi yang dibintangi oleh Donnie Yen , yaitu Ip Man [2008] , Ip Man 2 [2010].

Artikel Terkait:

{module [201]}

 Ada banyak aliran beladiri di Tiongkok. Wing Chun adalah salah satu yang paling populer . Film "Kungfu Wing Chun" ini berkisah tentang asal-usul , pengembangan dan pendiri aliran Wing Chun. Dibintangi oleh artis pendatang baru , Bai Jing sebagai Yim Wing Chun , sang pendiri aliran Wing Chun , Kara Hui berperan sebagai Ng Mui , guru dari Yim Wing Chun. Dan Yu Shaoqun berperan sebagai suami dari Yim.

Tak disangka bahwa dibalik Bruce Lee , Yip Man yang begitu perkasa itu silsilah ilmunya berasal dari seorang pendekar wanita , Yim Wing Chun , seorang pendekar wanita yang hidup di masa Kaisar Kang Xi (1662–1722).

Bai Jing , the next Michelle Yeoh [Michelle Yeoh membintangi film serupa di tahun 1994], generasi baru bintang laga yang berpasangan dengan Yu Shaoqun sebagai kekasihnya. Bintang muda ini didukung oleh beberapa veteran seperti Kara Hui , Collin Chou , Yuen Wah dll . Disutradai oleh Joe Cheung.

Kehilangan ibunya semenjak kecil , Yim Wing Chun [Bai Jing] tumbuh sebagai gadis tomboi yang suka dengan ilmu bela diri. Yim berjodoh dengan Ng Mui yang kelak menjadi gurunya. Ng Mui adalah sisa dari pelarian Shaolin yang ditindas oleh pemerintah Qing. Ng Mui adalah salah satu buronan pemerintah yang terus dicari oleh tim pemburu yang dipimpin oleh mantan kekasihnya.

Konflik bermula ketika seorang pemuda kaya, Gao Shing , mengincar Yim Wing Chun untuk dijadikan istrinya dengan cara paksa . Yim Wing Chun yang menolak kemudian menyelesaikan permasalahan ini dengan ilmu bela diri. Dan permasalahan ini terus meluas dan menyeret toko tahu ayahnya , Yim Yi . Ng-Mui seorang pelarian Shaolin bertemu dengan Yim Wing Chun kemudian mengajarinya teknik baru.

Sementara itu , Yim Wing Chun berkenalan dengan Liang Baochou (Yu Shaoqun) , seorang pemuda yang terpelajar dan halus yang terus didesak orang tuanya untuk berjodoh dengan Yim Wing Chun. Liang kemudian melakukan perjalanan ke kota Yun Gui bersama asistennya. Karakter Yim yang tomboi membuat proses awal perjodohan mereka menjadi

Karakter mereka yang bertolak belakang menghadirkan suasana yang jenaka dan membuat film ini menghibur dengan tidak sebatas adegan laga , tapi juga dialog-dialog dan adegan lucu. Termasuk juga saat sepupunya yang juga cantik mengajari bagaimana Yim Wing Chun yang tomboi agar dapat menonjolkan sisi kewanitaannya.

Menarik mengikuti film kungfu dengan sedikit nuansa komedi dan memperkenalkan kepada kita tentang asal usul aliran Wing Chun ini berdiri.

Kungfu Wingchun | 2010 |  Bai Jing [Yim Wing Chun] ,Yu Shaoqun [Liang Baochou], Kara Hui [ Ng Mui] | Joe Cheung | Mandarin | 109 Menit |

Trailer :

{youtube}3DvBjLG9K2E{/youtube}

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onTuesday, 30 October 2012 06:55
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/555-film-kungfu-wing-chun-kisah-pendekar-wanita-pendiri-aliran-wing-chun

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto