A+ A A-

Antara Sekte Sukhavati atau Jingtuzong (净土宗) dengan Masyarakat Teratai Putih Atau Bai Lian She

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Photo Ilustrasi : by pfctdayelise
Gunung Lushan (庐山) Tempat Aliran Jingtu Berkembang ,

Budaya-Tionghoa.Net | ShanDao 善導 (613-681) bisa dikatakan pendiri aliran JingTu 淨 土 tapi SanDao sendiri mengatakan bahwa HuiYuan lah pendiri aliran JingTu. Dan memang HuiYuan lah yang pertama kali mendirikan BaiLian She atau Masyarakat Teratai Putih atau kadang disebut Lian Zhong �"� 宗 (sekte Teratai).

Memang sebelum HuiYuan masih ada yang disebut Dao An dan merupakan guru dari HuiYuan itu sendiri yang memperkenalkan konsep-konsep Sukhavati dan Amitabha kepada Hui Yuan.

Sebelum itu banyak sekali surga Sukhavati yang bermacam-macam dan tergantung object yang menjadi fokus atau pusat pemujaan. Misalnya ada JingTu yang dikaitkan dengan Maitreya. Tapi HuiYuan bisa dikatakan merupakan orang pertama yang menjadi pelopor objek pemujaan kepada Amitabha dan menganjurkan penyebutan nama Amitabha dan fokus kepada Amitabha.

Kondisi sosial masyarakat pada masa itu yang membuat HuiYuan membuat BaiLian She. Kondisi itu adalah kondisi dimana masyarakat sempat dalam keadaan kacau dan memerlukan suatu cara yang mudah dan simple.

Hui Yuan pula dengan BaiLian She ini membuat cell group yang membantu masyarakat yang menderita serta mengajarkan cara-carameditasi dengan membaca ulang nama Amitabha.

Dan teman saya memberitahu saya bahwa Y.A Dharmasagaro merupakan penganut aliran JingTu di Indonesia. Mungkin anda bisa bertanya lebih jauh kepada beliau mengenai aliran JingTu ini.

Tulisan lebih lengkap mengenai hal ini bisa dilihat di link :

  1. http://blog.budaya-tionghoa.net/tionghoa/sekte-sukhavati-jingtuzong-%e5%87%80%e5%9c%9f%e5%ae%97-satu-dari-tiga-belas-aliran-buddha-di-tiongkok-dan-jepang/
  2. http://web.budaya-tionghoa.net/religi-filosofi/buddha/559-sekte-sukhavati


hormat saya ,
Xuan Tong , 14661

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onSunday, 30 September 2012 15:52
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/560-antara-sekte-sukhavati-atau-jingtuzong-%E5%87%80%E5%9C%9F%E5%AE%97-dengan-masyarakat-teratai-putih-atau-bai-lian-she

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto