A+ A A-

Tian Gong , Yu Huang Dadi , Shang Di

  • Written by  Ardian Zhang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Tanya : Kalau kita lihat, masyarakat Tionghua menghormati langit atau dipanggil Tian Gong , adakah sejarahnya  ? Apakah Tian Gong ini sama dengan Yu Huang Da Di  ? Siapa sih mereka itu ? .. Hendri


Budaya-Tionghoa.Net |
Tian Gong dengan Yu Huang Dadi / Shangdi itu sebenarnya sama saja 天公 玉皇大帝 玉皇上帝. Siapa sebenarnya Yu Huang ? Apa Yu Huang itu Tuhan ? Jawabnya bisa ya dan tidak , itu tergantung dari sudut mana kita liatnya. Dari sudut Taoisme , Yu Huang Shang Di  itu bukan Tuhan , soalnya YuHuang adalah bawahan dari San Qing 三清. Itu sebabnya kalau kita melihat  patung YuHuang , pasti bawa sebilah papan atau Fu yang seperti kalau bawahan sedang menghadap kaisar.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Konteks tuhan personal yang cuma berdiri sendiri tidak dikenal dalam konteks kepercayaan masyarakat Tionghoa jaman dulu.

YuHuang sebenarnya mewakili unsur Yang dan penguasa Tian Jie atau dunia langit. Di Mu 地母 atau Hou Tu Huangdi Zhi 后土皇地祗, sifat Yin , penguasa DiJie atau dunia bumi , seperti sungai , gunung dan lain-lain. Dari sini kita bisa melihat kalau masyarakat  Tionghoa jaman dahulu itu yang disebut Tuhan sebenarnya sepasang, yaitu Yin/ibu dan Yang/bapak. Nah ini pandangan umum model Tuhan jaman dulu.

Asal usul YuHuang ShangDi belon dibuat walau sebutan itu sudah ada dari jaman dulu. Misalnya Tao HongJing waktu dinasti selatan sudah menyebut nama YuHuang DaoJun 玉皇�"君, GaoShang YuDi 高上 玉皇 . Sastrawan dinasti Tang , BaiJuYi  sudah menyebutnya juga.
Pada masa antara dinasti Tang dan Song , ada kitab Taoisme GaoShang YuHuang BenXing JiJing 高上 玉皇本行集经 yg menceritakan kisah kelahiran dan hidupnya YuHuang.

Mitos Yu Huang Da Di muncul sekitar zaman Dinasti Han, Yu Huang Da Di muncul tak lama setelah Lao Tze digelari Tai Shang Lao Jun dan dijadikan dewa Taoisme. Yu Huang Da Di juga ada sebuah gelar, jadi Yu Huang Da Di adalah seorang tokoh mitos yang digelari dan kemudian dijadikan dewa Taoisme.Di kemudian hari, Yu Huang Da Di juga diadopsi oleh Konfusianisme dengan gelar Hao Tian Shang Di (Kaisar Semesta).

Ardian Cangianto , 18199

Budaya-Tionghoa.Net |
Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onSunday, 30 September 2012 15:18
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/561-tian-gong--yu-huang-dadi--shang-di

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto