A+ A A-

Xi You Ji dan Asal Muasal Sun Go Kong.

  • Written by  Huang Di
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Sebenarnya jauh sebelum Wu Cheng'en 吴承恩 (1504-1582M) mengarang Xi You Ji 西 telah ada banyak kisah Tang Sanzang atau Xuanzang (circa 596  – 664 M ) yang berbau mitologi atau dongeng. Kisah Xuanzhang itu ada di kitab Da Tang Xi Yi Ji yang dibuat oleh murid-murid Xuanzang. Isinya mengenai geografis , agama-agama dan tokoh-tokoh daerah Xi Yi yang membuka suatu wawasan baru dan pengetahuan baru. Isi kitab itu masih jauh dari kisah dewa dewi.

Kemudian murid lainnya yaitu Hui Li dan Yen Zhongzian mengarang kitab Da Tang Da Ce En Si San Zhang Fa Shi Zhuan. Disitu baru masuk unsur-unsur cerita kesaktian dan dongeng. Kitab ini yang memicu cerita-cerita kisah dewa dewi.

Dimasa dinasti Song  , terbit satu buku berjudul Da Tang Sanzang Qi Jing Se Hua. Buku ini sudah menggunakan sistem cetak massal. Buku itu terdiri tiga bagian dimana isinya menceritakan perjalanan Tang Sanzang (Xuanzang) bersama enam orang  yang mengalami gangguan dari para siluman.

Isi buku itu sendiri menceritakan bagaimana hebatnya Bodhisatva , Buddha Dharma yang tiada banding, bisa mengatasi kesialan atau kemalangan menjadi suatu bentuk keberuntungan atau nasib baik.

Buku ini menceritakan salah satu tokoh utama yang akan menjadi Sun Go Kong pada kisah Xi You Ji. Nama tokoh itu adalah Bai Yi Xiu Cai atau sarjana atau pelajar berbaju putih. Bai Yi itu diceritakan begitu hebat dan bisa mengalahkan banyak siluman. Selain itu ada juga kisah Sa Ho Sang (bhiksu SA) atau Sa Ceng (hokkian). Tapi belum ada Cu Patkai dibuku itu.

Pada masa dinasti Yuan telah ada buku yang berjudul Tangsheng Qi Jing Zhen. Buku itu sudah tidak ada lagi sekarang ini. Tapi isi buku itu sudah menceritakan Sun Gokong , Tang Sanzang (Tong Sam Cong) , Sa Ceng dan Zhu Bajie (Cu Patkay) . Hal ini bisa dicari jejaknya pada Yong Le Da Dien dan buku dari Korea mengenai pelajaran bahasa Han.

Selain itu juga ada opera-opera ,misalnya karangan Wu Changling  , Tang Sanzhang Xi Tian Qi Jing yang sekarang telah tidak ada lagi catatannya secara lengkap dan utuh. Opera-opera itu juga menceritakan kisah kelahiran Xuanzhang , menaklukkan Sun XingZhi (Sun GoKong).

Ada legenda yang mengatakan bahwa pengarang Xi You Ji itu adalah Qiu Chuji  (sesepuh Quanzhen) yang dibantah ramai-ramai oleh para pakar sejarah dan sastra klasik.

Dan memang kisah Xi Youji itu nantinya akan mempengaruhi timbulnya cerita dewa dewi. Misalnya Feng Shenbang , Bei You Ji (Zhen Wu Da Di)  , Nan You Ji (Hua Guang Da Di ), Dong You Ji (Ba Xian), kisah Zheng Ho (San Bao Tai Jian Xi Yang Ji Tong Su Yuan Yi) dll.

Kisah Xi You Ji  itu menjadi menarik dan selalu dibahas dalam banyak makalah. Yang jelas beberapa tahun lalu  ada Xi You Ji buatan ABC (TV Australia) yang  menghina. Masak Confucius  digambarkan sebagai orang yang licik , jahat, Erl Lang Shen bagaikan setan , Guan Yin yang bisa diraba-raba sama orang kulit putih, dan bukan Tong Sam Cong tapi bertujuan menyelamatkan Wu Cheng En.

Atau kreasi Jin Yuanben(Tang Sanzang)

Huang Di ,

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onTuesday, 02 October 2012 03:26
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/585-xi-you-ji-dan-asal-muasal-sun-go-kong

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto