A+ A A-

Resep Masakan : Cah Kwe atau Youtiao

  • Written by  Rinto Jiang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Cah Kwe, asal usul penganan kecil khas Tionghoa. Penganan kecil yang sarat akan moral dan kandungan sejarah. Bahan yang digunakan adalah terigu , air , baking powder , baking soda , garam dan minyak goreng.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

BAHAN :
1/2 kg terigu
400 ml air
1 sdm. baking powder
2 sdt. baking soda
1 1/2 sdt. garam
Minyak untuk menggoreng


CARA MEMBUAT :

 

Masukkan baking powder, baking soda dan garam ke dalam baskom lalu masukkan air dan aduk rata. Masukkan terigu dan aduk rata. Biarkan 15-20 menit. Ambil adonan yang dipinggir baskom lalu dipindahkan ke tengah-tengah adonan lalu biarkan lagi 15-20 menit. Terus lakukan ini 3-4 kali sampai adonan menjadi halus dan elastis. Balik adonan dan beri sedikit minyak di permukaannya supaya adonan tetap lembab. Biarkan selama 1 jam. Angkat adonan dari baskom lalu dibungkus dengan plastik dan bentuk persegi panjang. Diamkan lagi selama 4 jam. Kalau membuat adonan lebih dari ? kg, potong adonan dan pisahkan setiap 1/2 kg lalu dibungkus plastik. Angkat adonan dari baskom lalu dibungkus dengan plastik dan bentuk persegi panjang. Diamkan lagi selama 4 jam. Kalau membuat adonan lebih dari ? kg, potong adonan dan pisahkan setiap 1/2 kg lalu dibungkus plastik. Buka bungkus plastik adonan. Dengan batang kayu bulat, tekan adonan dan bentuk persegi panjang dengan lebar 6 cm dan tebalnya 15 mm.

Setelah itu potong adonan pipih tadi selebar 0.75 cm sampai habis. Lalu letakkan satu potongan dengan satu potongan menjadi dua kemudian gunakan tusuk sate tekan bagian tengahnya yang memanjang. Dengan demikian kedua potongan tadi menempel jadi satu. Selesaikan semua potongan. Panaskan minyak di wajan untuk menggoreng dengan api sedang. Dengan dua tangan ambil kedua ujung potongan adonan tadi lalu tarik sampai kira-kira 20 cm (jangan sampai putus) lalu masukkan ke dalam penggorengan dan goreng sampai cakwe mengembang dan bolak-balik sampai cakwe menjadi kecoklatan. Angkat dan hidangan bersama bubur ayam.File:Chinese fried bread.jpg

[FOTO ILUSTRASI : Stu Spivack , "Pieces of You tiao" , This file is licensed under the Creative Commons Attribution-Share Alike 2.0 Generic license.

Budaya-Tionghoa.Net |12329

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/592-resep-masakan--cah-kwe-atau-youtiao

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto